Apa Itu Hipotensi ? Dan Cara Pencegahannya

apa-itu-hipotensi
source : tribun

Apa itu hipotensi? Pertanyaan tersebut masih banyak dipertanyakan oleh masyarakat luas. Ketika darah mengalir melalui arteri, darah tersebut akan memberikan tekanan pada dinding arteri. Tekanan tersebut yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau biasa  juga disebut dengan tekanan darah.

Ketika terjadi hambatan ataupun terbatasnya jumlah darah yang mengalir kebagian organ vital seperti otak, ginjal, dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Jika sudah seperti itu, biasanya penderita akan merasakan pusing dan kepala terasa berat.

Selain itu, tubuh juga menjadi cenderung tidak stabil dan goyah. Bahkan tidak jarang akan mengakibatkan kehilangan kesadaran. Seseorang dikatakan mengalami penyakit hipotensi  jika tekanan darah ketika tekanan darah ditubuhnya adalah 90/60.

Nah jika tekanan darah seseorang mencapai 140/90 maka seseorang tersebut mengalami hipertensi atau darah tinggi.

Ciri-ciri Hipotensi

Sebenarnya tidak semua penderita hipotensi akan mengalami gejala-gejala ini, bergantung dengan kekebalan tubuh seseorang. Kondisi penderita hipotensi juga tidak semuanya membutuhkan perawatan khusus.

Namun, jika tekanan darah sudah terlampau rendah, kemungkinan akan menimbulkan beberapa gejala tersebut. Penderita akan megalami jantung berdebar atau tidak teratur, pusing, lemas, dan juga mual. Penderita biasanya juga akan keseimbangan atau goyah dengan pandangan buram, pucat, serta badan terasa dingin.

Jika anda sudah merasakan beberapa gejala tersebut anda bisa berbaring dan mengkonsumsi air putih serta menghentikan kegiatan yang sedang anda lakukan. Jika anda sudah terlampau sering mengalami kejadian tersebut, anda bisa menemui dokter untuk berkonsultasi agar tidak terjadi sesuatu yang membahayakan.

Baca juga >> Tentang Penyakit Bipolar dan Cara Penangananya

Penyebab Penyakit Hipotensi

Sebenarnya tekanan darah seseorang memang dapat berubah setiap saat sesuai dengan kegiatang yag sednag kita lakukan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah seperti faktor usia, pengobatan dan juga kondisi cuaca.

Cuaca yang panas biasanya akan membuat tekanan darah lebih menurun. Sebaliknya orang yang sednag bersantai dan rajin berolah raga cenderung lebih memiliki tekanan darah yang normal.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi tekanan darah pada seseorang. Ketika seseorang baru saja mengkonsumsi makanan untuk hipotensi, tekanan darah akan menurun karena banyaknya darah yang mengalir menuju saluran pencernaan guna mencerna dan juga  menyerap makanan.

Cara Mendiagnosa Penyakit Hipotensi

cara-mencegah-hipotensi

Rajin melakukan pengecekan tekanan darah merupakan salah satu cara yang tepat dan mudah utnuk mengetahui penyakit hipotensi. Untuk melakukanya anda bisa mengosongkan kandung kemih dengan buang air kecil.

Setelah itu, istirahatkan tubuh anda selama 5 menit dan melakukan rileksasi dengan berbagai cara anda. cara ini juga menjadi kelebihan jika anda mengetahui apa itu hipotensi guna penanganan dini.

Namun selain cara tersebut anda juga bisa melakukan tes lain untuk melakukan diagnosa. Hal tersebut dapat dilihat dari penyakit tertentu yang sedang dialami oleh seseorang. Dengan mengetahui arti hipotensi dan berbagai hal mendiagnosanya, anda bisa menentukan langkah tepat yang harus dilakukan.

Cara Perawatan Hipotensi

Untuk megurangi atau cara mencegah hipotensi,  ada beberapa hal yang bisa anda lakukan yaitu dengan memperbanyak air putih. Bagi anda yang gemar dengan minuman berkafein anda bisa menguranginya pada malam hari.

Terkait dengan pola makan, usahakan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Selain itu penderita hipotensi juga dianjurkan untuk menghindari berdiri dalam jangka waktu yang lama.

Jika anda mengkonsumsi obat pribadi yang menyebabkan hipotensi, konsultasikan kepada dokter agar mengubah dosis tersebut dengan memberikan alternatif lain.

Untuk pengobatan hipotensi harus anda lakukan berdasarkan penyabab dasarnya.  Obat ini biasanya akan diberikan guna menambah jumlah darah atau mempersempit arteri yang menyebabkan tekanan darah lebih meningkat.

Baca juga >> Tentang Penyakit Menular dan Cara Pencegahanya

Na beberapa hal tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan apa itu hipotensi yang selama ini bnayak dipertayakan. Dengan informasi tersebut anda bisa mencegah terjadinya hipotensi dengan menjaga pola hidup sehat.