Pengertian dan Arti Demensia Beserta Cara Pengobatannya

Pengertian-dan-Arti-Demensia
image: tribun

Seringkali, kita tidak memahami apa pengertian dan arti demensia padahal kita sangat sering mendengar kata tersebut dalam dunia kesehatan. Apa itu penyakit demensia? Sebenarna, penyakit demensia adalah sebutan lain dari kata pikun atau kepikunan dalam masyarakat Indonesia yang biasanya menyerang para lansia.

Kata pikun ini biasanya menimpa seseorang yang usianya lebih dari 60 tahun. Demensia pada lansia akan membuat penderita mengalami masalah pada memorinya atau dengan kata lain pikun.

Gejala demensia atau proses penurunan dalam hal kemampuan mental terjadi biasanya dengan cara perlahan. Kemudian menggangu ingatan, penilaian, pemikiran dan juga kemampuan memusatkan perhatian pada suatu hal.

Dan dalam tahap yang paling jauh, penderita demensia akan gagal atai tidak mampi lagi melakukan pekerjaan-pekerjaan merawat diri. Penderitademensia akan lupa terkait peristiwa-peritiwa yang pernah terjadi. Atau bahkan kesulitan untuk menyebutkan berbagai nama-nama benda.

Penyebab dimensia yang paling banyak terjadi yakni penyakit Alzheimer. Selain itu, penyakit dimensia juga disebabkan oleh adanya tumor otak. Serta adanya infeksi yang menjadikan fungsi otak menurun seperti AIDS (HIV).

Atau karena terlalu banyak konsumsi alkohol dalam jangka lama. Adanya perubahan kadar gula pada tubuh, penyakit parkinson, dan berbagai penyebab lainnya. Seperti stroke yang berulang karena memiliki hubungan erat dengan syaraf, terutama pensyarafan otak.

Di Indonesia, penyakit demensia hampir-hampir satu juta orang. Dimana sebagian dari penderita demensia Alzheimer yang memiliki gejala dini berupa pelupa atau bahkan kesulitan visuospasial.

Namun penderita tersebut biasanya dibawarumah sakit karena adanya gejala lain misalnya depresi, hipertensi, kolesterol, diabetes, atau bahkan stroke.

Dan ternyata setelah dilakukan pemeriksaan, barulah disadari adanya proses demensia. Jadi di sini, sudah paham kan, pengertian dan apa arti dimensia?

Baca Juga >> Cara Mengobati Pengapuran Tulang Secara Efektif

Perbedaan Dimensia dan Alzheimer

Seringkali banyak yang yang tidka bisa memahami perbedaan dimensia dan alzheimer. Penyakit dimensia bisa diartikan sebagai sekumpulan gejala yang kemudian mengganggu fungsi kognitif otak dalam hal berkomunikasi dan melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Kesulitan untuk berpikir yang dialami penderita dimensia. Atau dengan kata lain adanya lebih dari satu gangguan kognitif yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Sementara Alzheimer meruakan suatu penyakit yang menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gejala demensia.

Jika dipresentasikan, dari 60-70 persen merupakan penderita Alzheimer dari 100 persen kasus demensia yang terjadi. Jika berbagai penyakit lainnya atau adanya gangguan fungsi tubuh terjadi akibat adanya infeksi atau penggunaan obat yang menyebabkan adanya dimensia.

Alzheimer disebabkan oleh kerusakan atau kematian sel otak. Dan sayangnya, penyakit Alzheimer hingga saat ini belum diketemukan obat dan cara yang ampuh untuk mengobatinya.

Dan penyakit Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang sifatnya bertahap dan berlangsung dalam jangka yang lama. Selain para lansia, penyakit ini menyerang dari berbagai umur termasuk usia remaja.

Pengobatan Dimensia

Pengobatan dimensia selama ini dilakukan dengan berbagai cara meski tidak semua kasus dimensia mampu dipulihkan. Dan pengobatan yang dilakukan pun bertujuan untuk meredakan gejalan yang dialami serta menghindari komplikasi.

Beberapa cara yang biasanya dilakukan yakni dengan terapi yang sifatnya psikologis. Operasi pada penderita dimensia yang disebabkan oleh adanya tumor otak atau cedera otak, dan cara lainnya untuk menyembuhkan dimensia yakni dengan memberikan obat-obatan.

Pengertian dan arti dimensia, demensia alzheimer, penyebab demensia, gejala demensia, perbedaan demensia dan alzheimer, serta bagaimana melakukan pengobatan demensia sudah terjelaskan di paragraf di atas dengan runtut dan jelas.

Baca Juga >> Gejala dan tanda-tanda Katarak yang Perlu Anda Ketahui

Semoga artikel ini mampu membantu pembaca dalam memahami penakit dimensia baik yang disebabkan oleh Alzheimer ataupun yang disebabkan oleh penakit yang lainnya.