Apakah Penyakit Hipertiroid Bisa Sembuh Total?

Penyakit-Hipertiroid
image: medium.com/

Apakah penyakit hipertiroid bisa sembuh total?? Sebagian besar orang mengenal penyakit hipertiroid sebagai penyakit gondokan. Penyakit ini disebabkan oleh meningkatnya produksi kelenjar tiroid dalam tubuh.

Produksi kelenjar tiroid biasanya berbentuk hormon tiroid yang berfungsi sebagai pengendali metabolisme tubuh. Kelebihan hormon tiroid ( hipertiroid ) dalam tubuh akan menyebabkan metabolisme tubuh terganggu.

Banyak yang bertanya apakah penyakit hipertiroid bisa sembuh total? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Semua tergantung bagaimana anda menanggulangi penyakit ini.

Jika penyebab timbulnya hipertiroid ini dapat diketahui dan disembuhkan sejak dini maka bisa jadi penyakit ini dapat sembuh total.

Namun jika anda tidak mengetahui penyebab utama timbulnya penyakit hipertiroid pada tubuh anda maka kemungkinan kecil anda dapat sembuh total. Fokusnya adalah bagaimana menanggulangi penyakit ini dengan mengetahui penyebab utama hipertiroid timbul di tubuh anda.

Penyebab hipertiroid ini bisa berasal dari penyakit graves atau penyakit autoimun, kelebihan zat yodium dan adanya tumor dari kelenjar tiroid. Selain itu paparan radiasi yang berlebih dan penggunaan obat tertentu dapat juga menyebabkan penyakit hipertiroid. Penyebab penyakit hipertiroid ini jika tidak bisa ditangani di awal maka akan memunculkan hipertiroid yang lebih kompleks.

Baca Juga >> Waspada Dan Kenalilah Penularan Hepatitis C Yang Bisa Terjadi

Gejala Penyakit Hipertiroid

Penyakit hipertiroid biasanya terjadi pada kaum hawa. Gejala hipertiroid pada wanita biasanya berupa mentruasi yang tidak teratur serta gangguan kesuburan. Gejala lain dari hipertiroid biasanya berupa:

  1. Keringat berlebih pada tubuh
  2. Jatung berdebar cepat
  3. Gemetar pada tangan
  4. Diare
  5. Terjadi pembengkakan pada leher ( gondok )
  6. Berat badan turun secara drastis

Selain itu ciri hipertiroid adalah insomnia, rambut rontok, cepat lelah, kulit gatal, tekanan darah meningkat. Jika anda mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya maka anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter.

Bahaya penyakit hipertiroid bisa menyebabkan stroke hingga gagal jantung. Penanganan hipertiroid ini harus dilakukan secara terus menerus sampai dinyatakan sembuh total.

Pengobatan Penyakit Hipertiroid

Untuk menyembuhkan penyakit hipertiroid ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan mulai dari pengobatan rutin hingga terapi. Untuk pengobatan hipertiroid sendiri biasanya dokter akan memberikan obat yang berfungsi untuk menghancurkan sel teroid yang berlebih.

Namun sayangnya obat jenis ini memiliki efek samping. Selain obat-obatan yang harus dikonsumsi terus menerus, terkadang dokter juga menyarankan untuk dilakukan tindakan operasi pengangkatan kelenjar tiroid berlebih itu. Biasanya benjolan kelenjar tiroid berada di sekitar leher yang tentunya akan menganggu pasien dalam beraktivitas.

Selain dengan pengobata, operasi, atau terapi hipertiroid. Terapi yang dimaksud adalah radioterapi, radioaktif iodine dimasukkan kedalam tubuh guna mengurangi jumlah kadar hormon tiroid di dalam tubuh. Pemakaian radioterapi ini tidak diperbolehkan untuk wanita hamil dan menyusui.

Pasien yang melakukan terapi radioiodine selama satu minggu pertama dilarang untuk melakukan kontak fisik dengan wanita hamil dan anak-anak guna menghindari terjadinya paparan radiasi. Selain itu wanita yang melakukan terapi ini dilarang untuk hamil selama enam bulan dari terapi ini dilakukan.

Setelah menjalani berbagai macam proses penyembuhan mulai dari operasi, obat-obatan hingga terapi pasien ada baiknya dalam kehidupan sehari-hari pasien mulai melakukan diet ketat. Kurangi makanan yang beryodium tinggi dan beri asupan makanan yang mengandung vitamin D.

Tanda hipertiroid sudah sembuh biasanya jika gejala hipertiroid sudah berkurang bahkan hilang kemungkinan besar anda sudah sembuh dari penyakit hipertiroid. Namun untuk memastikannya ada perlu rutin kontrol ke dokter mengingat jika penyebab penyakit hipertiroid anda adalah karena faktor keturunan.

Baca Juga >> Waspada! Inilah Ciri Ciri Hepatitis A Yang Wajib Diketahui

Biasakan konsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur guna menjaga kondisi tubuh tetap prima. Selain itu yang tidak kalah penting adalah atur pikiran anda untuk terus berpikir positif dan bahagia.