Arti Dan Bahaya Penyakit Obesitas Yang Wajib Anda Ketahui

Arti-Dan-Bahaya-Penyakit-Obesitas
image: www.halebiz.com

Arti dan bahaya penyakit obesitas yang harus kamu ketahui sekarang ini merupakan hal yang paling peting. Disebabkan ada banyak faktor yang harus kamu ketahui sejak dini. Penyakit obesitas tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, namun anak-anak juga mengalami penyakit tersebut.

Tingkat penyakit obesitas terhadap anak-anak sekarang ini jumlahnya juga sangat banyak. Maka kenalilah penyakit yang satu ini sejak dini mungkin.

Arti obesitas adalah penumpukan lemak di dalam tubuh yang berlebihan sehingga di dalam badan manusia terjadi kegemukan yang berlebihan. Obesitas merupakan penyakit yang sangat membahayakan bagi pertumbuhan manusia.

Apabila tubuh manusia tumbuh dengan mengalami banyak peningkatan berat badan yang berlebih, kemungkinan itu adalah penyakit obesitas yang membahayakan kesehatan.

Selain kamu mengetahui apa itu arti obesitas, bahaya obesitas juga berpengaruh bagi kesehatan tubuh manusia. Hal ini dikarenakan tubuh yang kelebihan berat badan tidak seimbang dengan aktivitas yang dijalankan.

Sehingga badan yang berat mempengaruhi keseimbangan kebutuhan energy yang berwujud lemak. Obesitas merupakan kumpulan lemak yang menumpuk di dalam tubuh, penumpukan lemak tersebut dikarenakan tidak seimbangnya konsumsi kalori di dalam tubuh.

Obesitas terdiri dari tiga golongan, yaitu obesitas ringan dengan kelebihan berat badan 20 sampai 40 persen dari berat badan sesungguhnya.

Kedua obesitas sedang dengan kelebihan berat badan mencapai 41 sampai 100 persen dari berat badan sesungguhnya. Ketiga yaitu obesitas berat yang mencapai berat badan lebih dari 100 persen dari berat badan sesungguhnya.

Mengerikan sekali bukan? Jika sudah mengetahui arti dan bahaya penyakit obesitas. Nah apabila kamu yang merasa berat badan naik secara tidak normal maka segeralah kamu periksakan ke dokter. Sebaiknya periksalah sebelum kamu menjumpai resiko-resiko obesitas di diri kamu.

Baca Juga >> Tanda dan Cara Mengobati Malaria Secara Alami

10 Ciri-ciri Orang Obesitas

Banyak ciri-ciri obesitas, maka berhati-hatilah apabila badan kamu merasa gemuk atau mengalami obesitas yang tidak normal. Berikut ini Gejala obesitas atau ciri-ciri orang terkena obesitas:

  1. Berat badan meningkat drastis dan tidak jelas. Banyak sekali orang yang mengeluhkan mereka gemuk dan cepat sekali bertambah berat badannya.
  2. Muncul tanda selulit di area lipatan tubuh yang gemuk. Munculnya selulit biasanya terdapat pada bagian lipatan tubuh seperti: paha, perut, lengan.
  3. Mengalami sakit lutut yang terjadi karena terjadinya tekanan berat badan.
  4. Varises
  5. Kolesterol
  6. Mengalami sulit bernapas
  7. Mengalami sakit atau nyeri jantung
  8. Haid tidak teratur
  9. Mudah lelah
  10. Diabetes

Pencegahan dan Penanganan Mengatasi Obesitas

Banyak cara mengatasi obesitas, orang obesitas biasanya sangat suka makan makanan yang mengandung lemak dan santan terutama makan gorengan. Namun tahukah kamu? orang obesitas tidak boleh mengkonsumsi makanan yang berlemak. Hal ini dikarenakan makanan berlemak mengandung kolesterol yang tinggi. Maka sebaknya harus menjaga pola makan makanan yang baik dan benar agar tetap sehat.

Berikut ini tips-tips sehat dan alami dalam mengatasi obesitas atau kegemukan;

  1. Olahraga secara rutin dan teratur, dengan cara meluangkan waktu selam 15 menit.
  2. Konsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari.
  3. Minum air putih setiap hari, usahakan 8 gelas perhari.
  4. Makan makanan yang sehat dan teratur.
  5. Usahakan mengkonsumsi nasi merah atau beras merah.

Baca Juga >> Mari Mengenal Gejala dan Bahaya Penyakit Miom

Dampak obesitas yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu lakukanlah olah raga dan makan makanan sehat setiap hari supaya badan terasa sehat dan tidak mengalami obesitas. Inilah beberapa arti dan bahaya penyakit obesitas semoga bermanfaat untuk kamu yang ingin memiliki badan yang sehat.