Berapa Jumlah Eritrosit Normal?

Berapa-Jumlah-Eritrosit-Normal
source : satujam .com

Pentingnya keberadaan eritrosit dalam sel darah merah kita, maka, ketahuilah jumlah eritrosit normal menjadi suatu hal yang sebaiknya diperhatikan. Tahukah Anda? Eristrosit merupakan salah satu unsur utama yang ada di dalam sel darah kita.

Jika Anda melakukn pemeriksaan darah secara lengkap atau dalam istilah lain melakukan CBC, complete blood count. Maka beberapa komponen darah yang akan diperiksa meliputi eritrosit, lekosit, hematokrit, hemaglobin, dan juga trombosit.

Jadi, arti eritrosit sebenarnya adalah nama ilmiah sel darah merah atau dalam bahasa inggris dinamakan RBC dengan kepanjangan red blood cell. Bentuk eritrosit menyerupai bentuk bikonkaf, yaitu seperti cakram yang memiliki garis tengah dengan ukuran 7,5 uM dan tidak memiliki inti.

Kandungan sitoplasma yang ada di eritrosit menyebabkan warna merah dan kekuning-kuningan. Sebagaimana adanya pigmen warna merah yang merupakan hemoglobin.

Baca Juga >> Apa Itu Hipotensi ? Dan Cara Pencegahannya

 Jumlah Eritrosit Normal

Eritrosit memiliki masa hidup selama 4 bulan atau 120 hari yang kemudian akan dirombak di dalam limpa dan hati. Dalam setiap harinya, ada sekitar 200.000 jumlah eritrosit yang akan dibentuk dan dirombak.

Dan tahukah Anda? Jumlah ini tak lebih dari 1 % dari jumlah keseluruhan eritrosit yang ada. Bagi pria dewasa, jumlah eritrosit normal mencapai angka  4,3 juta sampai 5,7 juta sel.

Sedangkan bagi wanita dewasa, jumlah eritrosit normal sebanyak 3,9 juta sampai 5 juta sel. Angka tersebut merupakan jumlah yang direkomendasikan dari salah satu laboratorium.

Kelebihan-dan-kekurangan-jumlah-eritrosit
source : pelajaran co id

Bisa jadi, Anda akan menemukan angka yang sedikit berbeda dari laboratorium yang lain. Jumlah pencacahan eritrosit ini menjadi salah satu bagiam dalam standar pemeriksaan darah lengkap atau yang dikenal dengan CBC.

Jumlah angka eritrosit, hemoglobin, dan juga hematokrot dapat digunakan dalam melakukn diagnosa penderita anemia, dehidrasi ataupun penyakit yang lain.

Maka, jumlah eritrosit yang naik ataupun turun akan diikuti oleh jumlah angka hemoglobin dan juga angka hematokrit. Namun, dalam melakukan interpretasikan jumlah angka eritrosit dan hematrokit, harus teliti dan hati-hati.

Hal ini dikarenakan pengukuran yang dilakukan bersifat relatif terhadap volume plasma. Jumlah eritrosit dalam urine umumnya sekitar 0-2 sel jika dalam kondisi normal.

Namun Anda perlu hati-hati dan waspada. Jika jumlah eritrosit tinggi dalam urine, hal ini bisa menjadi indikator adanya  pendarahan yang ada di ginjal dan saluran kemih, trauma, tumor, infeksi, serta batu ginjal.

Kelebihan dan kekurangan jumlah eritrosit

Baik kelebihan eritrosit maupun kekurangan eritrosit bukanlah hal yang bagus bagi tubuh kita. Maka, pastikan kita memiliki jumlah eritrosit normal.

Stress, dehidrasi, merokok, serta tinggal di daerah dataran tinggi dapan menjadi enyebab meningkatnya jumlah kekurangan eritrosit.

Sedangkan penyebab menurunnya jumlah kekurangan eritrosit bisa terjadi karena anemia, gagal ginjal kronis, pendarahan dan gagal produksi sumsum.

Jika Anda mengalami gejala seperti lemah, nafas pendek, pusing, mengantuk, kulit pucat dan detak jantung mengingkat, maka bisa jadi jumlah kekurangan eritrosit Anda menurun.

Namun jika Anda mengalami nyeri sendi, kulit gatal, gangguan tidur dan tangan dan atau telapak kakai Anda terasa lebih lunak, Anda mungkin memiliki jumlah eritrosit di atas normal.

Cara menurunkan eritrosit tinggi dapat dilakukan dengan memperbanyak minum, mengurangi konsumsi daging merah, rajin melakukn olahraga dan menghindari rokok.

Baca Juga >> Cara Mengobati Mata Merah Dan Pencegahannya

Intinya yaitu kita harus memastikan bahwa kita memiliki jumlah eritrosit normal. Pola hidup sehat menjadi faktor utama dalam menjaga keseimbangan jumlah eritrosit kita. maka pastikan, kita hanya mngkonsumsi makanan yang sehat dan diiringi dengan olahraga yang rutin.