Berikut Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

makanan-penambah-hb-ibu-hamil
Source : mumsnet .com

Pada ibu hamil membutuhkan hb agar tubuhnya tetap terjaga, kadar yang dibutuhkan ibu hamil untuk hb adalah 30 mg dari makanan dengan adanya kandungan zat besi disetiap harinya.  Makanan untuk penambah hb ibu hamil juga haruslah makanan yang mengandung folat, kadar yang dibutuhkan sekitar 400 mg setiap harinya untuk mengantipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti cacat janin ataupun kematian.

Namun ada juga beberapa wanita hamil yang lebih mengkonsumsi suplemen asam folat saja tidak dibarengi dengan zat besi.

Makanan untuk menambah hb dan juga menaikkan hb adalah daging tanpa lemak, dengan mengkonsumsi makanan ini pada ibu hamil dapat menjadi salah satu cara untuk menambah hb.

Kemudian tiram, jeroan ayam, daging ayam, kepiting, sawi, asparagus, bayam, udang, paprika hijau, kacang-kacangan, kubis, nasi putih dan makanan lainnya.

Makanan-makanan tersebut adalah makanan yang mengandung zat besi dan juga asam folat. Sehingga dapat secara alami menambah hb dan untuk dapat sekaligus menaikkan hb dan memerangi anemia beserta dengan gejalanya.

Makanan untuk menambah hb pada ibu hamil juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah yang dapat menambah serta menaikkan hb. Buah-buahan tersebut adalah melon, strawberry, pisang, pepaya, anggur, semangka, tomat dan juga buah-buahan lainnya.

Apakah Makan-Makanan Tersebut Bisa Menambah Hb Ibu Hamil Secara Efektif?

Tentunya diperlukan juga asupan lain yang dapat menambah hb pada ibu hamil yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin . Vitamin C ini diyakini memiliki kandungan yang dapat mempermudah penyerapan zat besi bagi tubuh. Namun ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan pada ibu hamil :

  1. Jangan mengkinsumsi atau menghindari mengkonsumsi sayur-sayuran yang mentah, sebaiknya terlebih dulu dikukus maupun direbus ke dalam air panas
  2. Tidak memasak sayuran dalam jangka waktu yang lama, karena hal tersebut dapat menghilangkan zat besi
  3. Perbanyaklah minum air putih, paling tidak minimal 2 liter perharinya.
  4. Tidak mengkonsumsi minuman yang berkafein
  5. Mencuci buah-buahan dengan air yang mengalir terlebih dulu agar kuman-kuman yang menempel hilang

Baca Juga >> Bahaya FAM Jika Tidak Dioperasi

Cara lain yang dapat menambah hb rendah secara alami

buah-yang-dapat-menaikan-hb
source : zawaj .com
  1. Beristirahatlah dalam waktu yang cukup
  2. Lakukanlah olahraga secara rutin, cukup lakukan olah raga ringan saja, yang tidak banyak menguras tenaga
  3. Tidak mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan antasida atau fosfat
  4. Konsumsi makanan-makanan yang mengandung hb untuk ibu hamil

Biasanya kekurangan zat besi pada ibu hamil disebabkan oleh anemia. Pada ibu hamil sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi folat. Sebab jika kekurangan vitamin maka ibu hamil akan menyebabkan kekurangan sel darah merah yang diperlukan untuk adanya pengiriman oksigen yang akan disalurkan ke seluruh tubuh.

Jika dibiarkan saja maka akan menyebabkan si kecil dalam kandungan mengalami cacat saat kelahiran. Makanan penamabah hb pada ibu hamil sangat perlu diperhatikan dengan betul-betul untuk mengurangi resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga >> Berikut Penambah Darah Ibu Hamil Yang Mudah Didapat

Jangan lupa terus konsumsi folat untuk ibu hamil seperti memperbanyak sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan asparagus. Selain itu konsumsi juga telur dan buah blewah yang bisa menambah hb ibu hamil.

Selain itu, mengkonsumsi Vitamin C juga sebagai salahh satu cara untuk membantu penyerapan zat besi. Vitamin ini banyak terdapat dalam kandungan buah-buahan, seperti pada jeruk, kiwi dan juga strawberry.