Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Cara-Alami-Mengobati-Gusi-Bengkak
source : WikiHow

Apakah Anda sedang mengalami gusi bengkak? Jika demikian, Anda menderita apa yang disebut ‘pembengkakan gusi’ dalam terminologi medis. Tidak perlu khawatir, jika Anda mengalami hal demikian, berikut adalah cara alami mengobati gusi bengkak.

Anda mungkin sering mengalami banyak ketidaknyamanan dan rasa sakit di gusi yang membuat hidup sehari-hari sulit bagi Anda. Makan makanan atau bahkan minum air sedikit dingin membuat getaran ke tulang belakang Anda karena pembengkakan pada gusi Anda.

Jika Anda ingin gusi segera sembuh namun tidak ingin pergi ke dokter gigi, maka Anda bisa mengobati masalah gusi membengkak Anda dengan cara di bawah ini. Namun, sebelum mengetahui cara menghilangkan bengkak di gusi, cari tahu terlebih dahulu penyebab pembengkakan pada gusi.

Daftar Isi

Penyebab Gusi Bengkak pada Gigi Berlubang

Pembengkakan gusi adalah masalah yang umum terjadi. Oleh karena itu, bila ada pembengkakan, gusi yang menonjol dan tampak merah sensitif dan bahkan menyakitkan harus segera diobati.

Ada lagi sebab gusi bengkak yang membuat gigi lebih mudah berdarah adalah saat menyikat atau membersihkan gigi tidak hati-hati. Pembengkakan gusi bisa terjadi disebabkan oleh sejumlah masalah seperti :

  1. Radang Gusi
  2. Infeksi
  3. Kekurangan Nutrisi

Penyebab umum lainnya termasuk gigi palsu yang kurang pas atau peralatan gigi lainnya. Merokok berlebihan atau penggunaan produk tembakau lainnya. Kepekaan terhadap pasta gigi, obat kumur, cedera atau teknik menyikat atau flossing yang salah.

Anda dapat atasi gusi bengkak dengan menjaga kebersihan  dan melakukan pengobatan dengan tepat. Namun, jika Anda memiliki gusi dan gejala bengkak yang bertahan selama lebih dari dua minggu, temui dokter gigi Anda. Berikut adalah cara menyembuhkan bengkak dengan cepat.

Baca Juga >> Pengertian dan Cara Penularan Campak

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

cara-alami-menyembuhkan-gusi-bengak
source : WikiHow

1. Dikompres

Kompreslah dengan handuk hangat dan dingin, mengkompres adalah cara menyembuhkan gusi yang bengkak dengan cepat. Kompres dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Anda hanya perlu mengkompres pada wajah Anda, bukan langsung pada gusi yang membengkak.

Cara meredakan gusi bengkak dengan dikompres adalah :

  • Peras handuk dengan cairan hangat atau dingin.
  • Pegang kain di wajah Anda selama 5 menit.
  • Selanjutnya, bungkus sekantong kacang polong beku dengan handuk tipis dan tahan menghadap wajah sampai area menjadi agak mati rasa.
  • Ulangi selama 2 atau 3 kali lagi.

2. Air Garam

Cara mengobati gusi bengkak karena tumbuh gigi geraham yang kedua adalah  dengan merendam kain bersih bersama air garam. Pengobatan gusi bengkak dengan garam adalah obat lain yang efektif untuk gusi bengkak.

Garam menghambat pertumbuhan bakteri di  dan mencegah infeksi yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Cara atasi gusi bengkak dengan garam adalah :

  • Sikatlah gigi Anda dengan sikat gigi yang lembut
  • Gosoklah perlahan pada yaitu garam selama beberapa detik.
  • Bilaslah dengan air hangat.

Lakukan ini satu kali sehari. Setelah gusi Anda kembali sehat, lakukan ini 3 kali seminggu untuk mencegah kambuh kembali.

Pilihan lainnya menyembuhkan gusi membengkak adalah menambahkan ½ sdt ke dalam air hangat serta itu bilas dengan air hangat lagi. Lakukan ini dua kali sehari sampai pembengkakan mereda.

3. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah antibiotik untuk gusi bengkak yang bisa membantu mengurangi peradangan dan nyeri gusi. Bahkan bisa membantu membunuh kuman dan melawan masalah.

Untuk kesehatan , gunakan food grade, larutan hidrogen peroksida 3 persen saja. Cara obati gusi bengkak dengan Hidrogen peroksida adalah :

  • Campur bagian yang sama dengan larutan hidrogen peroksida 3 persen dari
  • Kumur dengan larutan di sekitar gusi dan gigi selama 30 detik.
  • Bilas dengan air hangat.

Bisa juga cara menghilangkan gusi bengkak dengan :

  • Campur 1 sendok teh baking soda dengan cukup hidrogen peroksida untuk membuat pasta.
  • Gosokkan pasta ini ke gusi Anda, tunggu 1 menit lalu bilas dengan air.

Gunakan salah satu metode perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu. Setelah menyikat gigi dengan sikat gigi lembut, gosok perlahan gusi Anda dengan menggunakan garam untuk beberapa menit.

Bilaslah air hangat kuku dan lakukan satu kali sehari. Setelah gusi Anda kembali sehat, Anda bisa melakukan rutin 3 kali.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sariawan di Gusi Paling Efektif

4. Kunyit

Cara merawat gusi bengkak yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan obat alami yang baik untuk gusi yang bengkak.

Kunyit mengandung curcumin, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan pembengkakan pada gusi Anda.

Jadi kunyit bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu makanan saja, kunyit juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia. Salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak.

Selain itu kunyit juga bisa mencegah penyebaran aktivitas bakteri yang menyebabkan beberapa masalah pada mulut. Jadi selain bisa mengobati gusi bengkak, kunyit ini juga cocok untuk perawatan mulut Anda agar tetap sehat.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan kunyit adalah dengan sebagai berikut :

  • Campurlah ¼ sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta ini pada gusi. Pastikan ketike mengoles gusi jari Anda sudah benar-benar
  • Biarkan selama 5 menit, lalu pijat perlahan selama 1 menit.
  • Bilaslah dengan air hangat.
  • Ulangi lagi sebanyak dua kali selama 1 sampai 2 minggu.

5. Kantong Teh Hitam

Jika gusi Anda sudah sangat parah hingga bernanah, maka Anda bisa menggunakan kantong teh hitam (blacktea). Cara mengobati gusi bengkak bernanah yang efektif adalah menggunakan kantong teh hitam.

Sebab teh hitam ini memiliki kandungan berupa tanin yang bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Selain itu, sifat antioksidannya juga bisa untuk merawat kesehatan mulut dengan  baik.

Cara mengobati gusi bengkak dengan tej kantong hitam adalah :

  • Kocok kantong teh dalam air mendidih selama 2 sampai 3 menit.
  • Angkat dan biarkan dingin sampai suhu benar-benar dingin.
  • Tempelkan kantong teh di daerah gusi yang terkena bengkak selama 10 sampai 15 menit.
  • Bilas Anda dengan larutan air garam yang hangat.
  • Ulangi sekali sehari selama beberapa hari.

6. Aloe Vera

Obat lain yang efektif untuk mengobati gusi yang membengkak dan berdarah adalah lidah buaya. Ramuan ini memiliki sifat anti-inflamasi sekaligus antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak.

Selain itu tanaman ini juga dapat menenangkan gusi yang meradang. Cara menyembuhkan gusi bengkak dengan aloe vera adalah :

  • Potong daun lidah buaya untuk mendapatkan gel.
  • Dengan jari bersih Anda, gosok gel ke gusi.
  • Pijat perlahan selama 1 sampai 2 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Ulangi beberapa kali sehari sampai ada perbaikan pada gusi Anda.

Baca Juga:

Demikian adalah ulasan mengenai cara alami mengobati gusi bengkak. Semoga mermanfaat.