Cara Memngatasi Mencret Pada Anak

Cara-Memngatasi-Mencret-Pada-Anak
Source : sehatmagz com

Cara mengatasi mencret pada anak dapat dilakukan dengan mencari penyebabnya terlebih dulu, apa yang ia makan atau ada sebab lain sehingga mengakibatkan mencret, kemudian suatu waktu anak tersebut tidak lagi mengkonsumsi makanan yang dapat mengakibatkan mencret lagi, atau menjaga kesehatan untuk terhindar dari mencret.

Pada naka yang memiliki dayan tahan tubub lemah biasnaya mudah mengalami berbagai macam penyakit. Salah satunya dalah masalah diari atau mencret. Lalu jika sudah terjadi hal tersebut apa langkah yang dapat dilakukan untuk menangani masalah mencret pada anak?

Penyebab Terjadinya Mencret

Penyebab mencret pada anak pada umumnya karena terjadinya infeksi usus. Hal ini terjadi akibat dari mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang kotor yang sudah terkontaminasi.

Mikroorganisme yang sering menyebabkan infeksi usu adalah karena terdapat bakteri, parasit, dan juga adanya virus seperti borovirus dan rotavirus.

 Adapun penyebab lain adalah efek samping dari obat-obatan tertentu. Faktor psikologis misalnya gelisah juga menjadi salah satu penyebab yang dapat mengakibatkan mencret pada anak. Dan juga mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan kopi yang berlebihan.

Cara Mengobati Mencret Pada Anak

cara-mencegah-anak-mencret
Source : hallosehat com

Ternyata mencret juga menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebar. Oleh karena itu, maslaah mencret harus segera diatasi hingga penyebabnya. Cara mengobati mencret yang dapat lakukan adalah :

  1. Biasakan mencuci tangan sebelum memakan sesuatu
  2. Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan atau diyakini banyak kuman/kotor
  3. Tidak meminum air pada keran
  4. Memisahkan makanan yang masih mentah dengan makanan yang sudah matang
  5. Jika hendak makan, utamakan memasak atau memakan, makanan yang masih segar
  6. Menyimpan makanan di kulkas sehingga tidak mengalami pembusukan, atau tidak menaruh makanan di bawah paparan sinar matahari

Baca Juga >> Berikut Penambah Darah Ibu Hamil Yang Mudah Didapat

Cara Mencegah Mencret

Selain itu, untuk menghindari penyebaran mencret yang dapat ditularkan pada orang lain, sebaknya lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Kenakan handuk yang berbeda dengan orang lain atau keluarga lain, tidak dalam satu handuk.
  2. Bersihkan toilet dengan disinfektan tiap setelah buang air besar
  3. Tetap berada dalam rumah setidaknya 48 jam setelah periode mencret berakhir
  4. Mencuci tangan setelah menggunakan toilet maupun sebelum makan dan sebelum menyiapkan makanan.

Hal lain yang juiga perlu dilakukan adalah ketika si kecil mengalami panas disertai mencret pada anak. Demam sendiri berarti menandakan bahwa si kecil mengalami kenaikan suhu tubuh.

Dapat dikatakan mengalami demam atau panas jika suhu tubuh diatas normal yaitu 37 derajat celciun. Gejala demam sendiri merupakan sebuah penyakit yang biasanya dikarenakan adanya penyakit lainnya.

Penyakit lainnya yang terjadi akibat jajan sembarangan yang dapat memungkinkan masukanya infeksi ke dalam tubuh si kecil yang akhirnya menyebabkan demam tinggi disertai dnegan mencret.

Kondisi mencret akibat akibat pencernaan si kecil bereaksi terhadap zat asing. Mencret dapat dijumpai ketika si kecil BAB nya dalam bentuk cair. Adapun cara untuk mengatasi mencret pada anak dapat dilakukan dengan :

  1. Menjaga makanan yang dikonsumsi si kecil sudahkan bersih dan steril.
  2. Berikan kehangatan pada si kecil, misalnya berikan selimut yang tebal agar anak mengeluarkan keringat
  3. Mencegah si kecil agar tidak mengalami dehidrasi.
  4. Setiap si kecil akan Buang Air Besar (BAB), amak berikan si kecil air putih atau oralit untuk mengatasi mencret yang dialami si kecil
  5. Menghindari si kecil untuk jajan sembarangan yang dapat mengakibatkan anak memperparah demamnya dan mencret
  6. Untuk mengatasi demam berikan si kecil makanan pereda pansa dan juga makanan penurun panas yang kayak nutrisi vitamin dan mineral yang baik untuk daya tahan tubuh.

Baca Juga >> Berikut Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

Cara-cara ditas dapat dilakukan cara mengatasi mencret pada anak. Semoga bermanfaat.