Tips Baru! Cara Mengatasi BAB Keras Saat Hamil

cara-mengatasi-bab-keras-secara-alami
source : wehavekids.com

Cara mengatasi BAB keras saat hamil. Seorang ibu hamil memiliki beberapa keluhan yang tidak pernah mereka rasakan sebelum ia mengandung dan keluhan tersebut baru dirasakan setelah mengalami kehamilan. Salah satunya ialah buang air besar yang sulit dilakukan atau biasa disebut dengan sembelit.

Apa Itu Sembelit?

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi saat seseorang tidak bisa melakukan buang air besar secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu. Aktivitas buang air besar setiap orang berbeda-beda, ada yang buang air besar setiap hari tapi ada juga yang uang air besar dua hari sekali.

Namun, bila sudah tercatat sangat jarang untuk melakukan buang air besar, maka ia bisa dipastikan sedang terkena sembelit. Walaupun sembelit ini termasuk penyakit yang umum dan mudah disembuhkan.

Namun ada baiknya kita tidak menyepelekan hal tersebut. Apabila sembelit yang dirasakan terus menerus, maka akan berakibat pada penyakit kronis.

Gejala Sembelit

Untuk menghindari penyakit sembelit tersebut, ada beberapa gejala yang harus Anda perhatikan, supaya Anda bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kondisi tubuh Anda. Gejala tersebut, antara lain ialah:

cara memperlancar bab yang keras
source wikihow.com

#1 Perut buncit à Kebanyakan orang yang suka makan dan bermalas-malasan, perut mereka akan menjadi lebih besar atau buncit. Akan tetapi, perut buncit ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang konstipasi.

#2 Sakit perut à Seseorang yang susah mengeluarkan feses mereka akan mengalami rasa sakit di daerah perut mereka. Hal ini dikarenakan feses yang seharusnya sudah lama dibuang, masih tersimpan di dalam usus.

#3 Buang air besar keras à Feses yang normal berbentuk tidak mengeras, namun juga tidak terlalu encer. Apabila feses Anda terlihat dan terasa mengeras lebih dari biasanya, maka Anda sedang mengalami sembelit.

#4 Saat melakukan buang air besar, butuh mengejan dengan keras à Karena kerasnya feses yang ada di dalam usus, maka kita butuh dorongan yang lebih kuat untuk mengeluarkannya, seperti mengejan.

#5 Merasa masih ada kotoran yang tertinggal meskipun sudah buang air besar à Orang sembelit meskipun mereka sudah mengeluarkan feses, akan tetapi feses mereka masih tertinggal di dalam walaupun hanya sedikit. Dan biasany mereka akan mengeluarkannya dengan bantuan jari mereka.

Baca Juga >> Jari Tangan Sering Kebas? Berikut Adalah Cara Mengatasinya

Penyebab Sembelit Pada Ibu Hamil

Ada beberapa alasan kenapa ibu hamil susah BAB, diantaranya karena hormon yang mengalami perubahan akibat adanya janin di dalam perut. Berikut penjelasan lebih detail penyebab susah BAB pada ibu hamil:

1. Rahim membesar saat hamil

Ketika seorang perempuan mengandung, maka rahim mereka akan terus membesar, karena janin yang berada dalam rahim juga akan terus berkembang.

Karena ketika ketika rahim bertambah besar, otomatis usus dua belas jari, usus besar, dan rektum akan tertekan.

Hal inilah yang menyebabkan usus serta rektum mengalami gangguan saat proses pencernaan, seperti sulit BAB saat hamil.

2. Ibu hamil menjadi lebih jarang untuk berolah raga

Kehamilan seorang ibu rumah tangga cenderung membuat mereka jarang untuk beraktivitas. Salah satu penyebabnya ialah karena kehati-hatian mereka dalam menjaga kandungannya. Sehingga ibu hamil dilarang untuk melakukan ini dan itu.

Akibatnya, mereka akan menjadi malas untuk bergerak, misalnya berolah raga. Dengan kebiasan malas tersebut, badan menjadi kurang sehat dan dapat mengakibatkan ibu hamil susah BAB.

3. Hormon progesteron meningkat

Hormon progesteron atau hormon seks adalah hormon yang berperan penting terhadap siklus menstruasi serta menjaga kehamilan trimester pertama.

Apabila seorang wanita tengah mengalami kehamilan, maka hormon ini akan meningkat jumlahnya. Namun, dengan meningkatnya hormon tersebut dapat mengakibatkan stres dan rasa tidak nyaman selama kehamilan.

Dan hal inilah yang menjadi salah satu penyebab gangguan buang air besar.

4. Kurangnya konsumsi serat

Konsumsi serat secara teratur dapat melambatkan proses pencernaan. Sehingga nutrisi yang diserap tidak cepat dilakukan, sehingga feses tidak cepat mengeras.

Akibatnya ketika sudah waktunya feses dibuang, feses masih tidak terlalu keras dan mudah untuk dikeluarkan.

5. Suplemen zat besi yang tidak diserap dengan baik

Dengan jumlah keadaan zat besi yang tidak bisa diserap dengan baik, akan mengakibatkan pergerakan usus menjadi lebih lambat.

Hal ini dikarenakan zat besi akan mengganggu keseimbangan normal mikroba dalam saluran pencernaan.

Apabila feses tersebut lama di dalam usus, maka akan lebih banyak air yang akan diserap. Akibatnya, feses menjadi kering dan keras untuk dikeluarkan.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Mengatasi susah BAB pada ibu hamil tentu harus dilakukan dengan segera. Hal ini dikarenakan kondisi sembelit sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi bagi seorang ibu hamil yang perlu perhatian khusus.

penyebab sembelit pada ibu hamil

Berikut cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil, antara lain:

1. Air

Mengonsumsi air adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Dan kebutuhan tersebut berbeda-beda tergantung usia, berat badan, penyakit, hingga iklim.

Untuk remaja dan dewasa, kebutuhan air ialah minimal 1,5 hingga 2 liter per hari atau sekitar 8-10 gelas sehari.

Sedangkan bagi ibu hamil, kebutuhan air menjadi lebih tinggi atau meningkat untuk mendukung sirkulasi janin. Produksi cairan amnion serta volume darah yang meningkat.

Apabila ibu hamil kurang asupan air, maka akan mengakibatkan berbagai gangguan tubuh selama kehamilan, seperti konstipasi.

2. Serat

Salah satu cara melancarkan BAB saat hamil ialah dengan mengonsumsi serat secara teratur. Serat adalah salah satu jenis mineral yang tidak mudah dicerna oleh tubuh dan memerlukan beberapa waktu untuk menyerapnya.

Serat memiliki nutrisi yang dapat menurunkan penyakit kardiovaskuler, kanker, serta obesitas. Dengan mengonsumsi serat yang banyak akan membantu proses buang air besar Anda,.

Terutama ibu hamil yang memiliki risiko penyakit sembelit lebih tinggi. Serat banyak terkandung dalam buanh dan sayuran.

Buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil antara lain buah pisang, mangga, alpukat, pepaya, semangka, dan melon.

3. Olah raga

Olah raga adalah aktivitas untuk menggerakkan tubuh, baik itu bagian dalam amupun luar. Dengan berolah raga, tubuh bagian dalam seperti jantung, otak, lambung, tulang, paru-paru, dan lain-lain akan terlatih untuk bergerak lebih cepat.

Dan untuk tubuh bagian luar seperti kulit akan lebih fresh dan mendapatkan asupan sinar matahari lebih banyak. Sehingga fungsi tubuh menjadi lebih aktif dan lebih kuat.

Bagi seorang ibu hamil, olah raga tentu sangat diperlukan, melihat janin yang berada dalam rahim akan membuat perubahan kondisi pada tubuh ibu hamil. Apabila mereka jarang berolah raga, akan ada beberapa gangguan tubuh yang terjadi, terutama bagi mereka yang hamil muda susah BAB.

Itulah penjelasan mengenai sembelit dan cara mengatasi susah BAB saat hamil. Semoga dengan penjelasan tersebut, Anda bisa lebih mengerti dan tidak menghiraukan kondisi yang satu ini.

Meskipun penyakit ini terlihat lebih mudah dan memang umum terjadi pada seorang ibu hamil, namun keadaan sepeeti ini sangat membuat tidak nyaman.

Baca Juga >> Cara Menghilangkan Kolesterol Secara Alami

Apalagi ibu hamil yang sudah memasuki trimester ketiga, ia cenderung merasa tidak nyaman, baik itu karena beban yang bertambah banyak atau bahkan karena perubahan hormon.