Cara Mengatasi Konstipasi Pada Ibu Hamil

Cara-Mengatasi-Konstipasi-Pada-Ibu-Hamil
image: wikihow

Konstipasi sering atau lebih umum dikenal dengan istilah sembelit. Penyakit ini dikategorikan ke dalam penyakit gangguan pencernaan. Cara mengatasi konstipasi cukup mudah sebab konstipasi bukanlah penyakit yang berbahaya.

Namun efek dari konstipasi cukup buruk, tubuh akan merasa sangat tidak nyaman dengan adanya kotoran yang masih mengendap. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tetapi paling banyak terjadi pada ibu hamil.

Penyebab Konstipasi Pada Ibu Hamil

Definisi konstipasi adalah sulitnya proses pengeluaran fases. Seseorang yang terkena diagnosa konstipasi jika lebih dari 3 hari tidak BAB.

Gejala konstioasi disertai dengan rasa sakit pada bagian perut dan terkadang terjadi pendarahan. Gejala lainnya yang paling sering terjadi adalah perut terasa mual. Hal ini sering terjadi pada ibu hamil.

Ibu hamil memiliki resiko konstipasi lebih besar dari yang lain. Faktor penyebabnya pun juga bermacam – macam. Di bawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan penyakit konstipasi :

  1. Adanya peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan gerak paristaltik otot usus bekerja melambat. Sehingga konstaksi serta daya dorong usus melemah dan mengakibatkan menumpuknya sisa makanan karena waktu untuk pengekuarannya lebih lama dua kali lipat.
  2. Saat perut membesar, secara tidak langsung akan menekan pembuluh darah panggul dan vena inferior. Hal ini mengakibatkan kinerja usus besar dan halus menurun. Penekanan rahim juga menjadi penyebab jalan fases tidak lancar.
  3. Mengkonsumsi zat besi saat hamil sangat dianjurkan. Namun hal ini penyebab terjadinya konstipasi.
  4. Sembelit atau konstipasi disebabkan oleh kekurangan serat. Ini bukan hanya terjadi pada ibu hamil saja, tetapi pada semua orang.
  5. Stress memang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan. Stress juga menjadi faktor penyebab terjadinya konstipasi pada ibu hamil yang mudah mengalami stress.
  6. Dengan banyaknya aktifitas, tubuh sering mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tinja mengeras sehingga sulit dikeluarkan.

Baca Juga >> Macam-Macam Penyakit Kifosis Dan Pengobatannya

Cara Mengatasi Penyakit Konstipasi

Penyakit konstipasi dapat dicegah dan diatasi dengan cara berikut ini :

1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Serat bermanfaat untuk melancarkan proses pencarnaan. Oleh karena itu mengapa makanan berserat dapat mencegah konstipasi khususnya pada ibu hamil. Makan yang mengandung banyak serat adalah buah – buahan, gandun utuh dan sayur – sayuran serta makanan yang banyak mengandung vitamin C.

2. Memperbanyak minum air putih

Cara mengatasi konstipasi dengan mengkonsum air putih yang lebih. Air putih dapat membuat fases lebih lunak, sehingga mudah untuk dikeluarkan. Selain itu air putih juga dapat membantu memudahkan keluarnya fases.

3. Memperbanyak olahraga atau bergerak

Dengan olahraga akan membantu tekanan usus lebih cepat. Hal ini dapat membantu proses pengekuaran fases. Serta hindari duduk atau tiduran yang sangat lama, sebab hanya akan membuat penimbunan fases. Perbanyak aktifitas berdiri untuk mempermudah keluarnya fases.

4. Mengurangi konsumsi zat besi

Hal ini cukup sulit dilakukan oleh ibu hamil. Oleh karena itu sebaiknya konsultasi dengan dokter besarnya zat besi yang diperlukan. Serta cara yang tepat supaya kandungan zat besi dan kandungan zat lain di dalam tubuh bisa seimbang.

Baca Juga >> Cara Mengobati Lipoma Dengan Bahan Dapur

Kondisi ibu hamil tidak bisa dibandingkan dengan lainnya. Oleh sebab itu ibu hamil harus mendapatkan perhatian yang khusus terutama dalam hal mengkonsumsi makanan. Sebab ibu hamil memiliki selera makan yang cukup aneh.

Ini dapat memicu terjadinya konstipasi. Salah satu cara mengatasi konstipasi pada ibu hamil dengan mengontrol diri dengan pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat akan membuat janin juga menjadi lebih sehat dan memperlancar proses persalinan.