Cara Mengatasi Masuk Angin Duduk Secara Efektif

cara-mengatasi-masuk-angin-duduk
source : waroengsehat .com

Cara mengatasi masuk angin duduk. Bagi Anda, teman, keluarga, atau kenalan Anda yang mengalami masuk angin duduk, bacalah artikel ini sampai selesai. Ada penjelasan mengenai angin duduk serta cara mengatasi angin duduk di perut.

Bagi anda yang sudah pernah mendengar istilah ini sebaiknya tidak salah dalam menafsirkan istilah ini. Berikut ini penjelasan angin duduk dan cara mengatasinya.

Pengertian Masuk Angin Duduk

Angin duduk atau angina merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasakan nyeri dibagian dada yang diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah pada otot-otot jantung.

Aktivitas pasokan darah dalam tubuh dapat terjadi karena adanya penyempitan atau pengerasan pada pembuluh darah. Oleh sebab itu, darah yang mengalir ke jantung tidak lancar dan mengalami gangguan.

Tanda-tanda Angin Duduk

Serangan angin duduk tersebut dapat terjadi secara tiba-tiba dan dapat berlangsung hingga 10 menit. Apabila penyakit tersebut tidak dapat diatasi sesegera mungkin, maka dapat menimbulkan efek yang lebih serius hingga pada tahap kematian.

Untuk mengetahui apakah seseorang sedang terkena penyakit angin duduk atau tidak, maka Anda harus mengenal dan memahami gejala masuk angin duduk. Berikut gejala angin duduk pada wanita maupun laki-laki secara umum:

1. Sesak napas

Salah satu tanda utama seseorang terkena penyakit angin duduk ialah ia merasakan sesak napas. Kondisi tersebut diakibatkan karena pasokan darah yang sedikit membuat oksigen tidak dibawa dengan maksimal.

Akibatnya seseorang akan merasakan napas yang tersendat-sendat. Padahal fungsi dari oksigen sendiri ialah untuk proses pernapasan.

2. Pusing

Keadaan pusing atau nyeri kepala juga merupakan tanda dari masuk angin duduk. Karena ketika darah yang mengalir menjadi terganggu, maka pasokan darah ke otak juga dapat terganggu, akibatnya kepala menjadi pusing.

3. Perut menjadi mual

Ketika tubuh terganggu, baik itu karena virus atau bakteri maupun karena pasokan darah yang juga terganggu, maka juga akan berdampak pada sistem pencernaan.

Akibat dari masuk angin duduk juga akan mempengaruhi sistem pencernaan sebagai respon dari rusaknya bagian tubuh manusia.

4. Gelisah

Dan ketika seseorang merasakan sesak napas, pusing, hingga mual, maka ia juga akan merasakan ketidak nyamanan dalam tubuh mereka. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi gelisah.

5. Tubuh merasa lelah

Dengan terganggunya bagian tubuh seseorang, maka sistem metabolismenya juga akan terganggu. Tubuh tidak mendapatkan asupan makanan yang ia butuhkan secukupnya. Akibatnya seseorang akan mengalami kelelahan yang berlebihan.

6. Mengeluarkan keringat secara berlebihan

Mengeluarkan keringatyang berlebihan juga tanda daripenyakit masuk angin duduk. Hal ini dikarenakan perasaan tidak nyaman dari tubuh yang membuat cairan tubuh akan cepat keluar.

Baca Juga >> Cara Alami Mengobati Asam Urat

Penyebab Masuk Angin Duduk

Jantung merupakan organ yang sangat penting untuk kehidupan manusia. Jantung maupun organ lainnya membutuhkan asupan darah yang kaya akan oksigen.

gejala-masuk-angin-duduk
source : depokpos .com

Pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung melalui dua pembuluh besar yang disebut dengan pembuluh koroner. Nah! Angin duduk atau angina tersbeut dapat terjadi bila pembuluh darah koroner mengalami penyempitan.

Dan ketika alirah darah ke jantung mengalami gangguan, maka otot-otot jantung tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Sedangkan fungsi dari jantung ialah untuk memompa darah agar darah dapat terus mengalir ke daerah-daerah organ lainnya, seperti lambung, hati, paru-paru, otak, dan lain sebagainya.

Apabila jantung mengalami gangguan asupan darah, maka hal tersbeut juga akan berpengaruh pada kinerja organ-organ manusia lainnya. Oleh sebab itu, tanda bahaya angin duduk berhubungan dengan gangguan pada organ-organ tubuh yang lain.

Macam-macam Angin Duduk

Ada beberapa macam angin duduk yang ditinjau dari hal-hal yang dapat memicu penyempitan pembuluh koroner, yaitu:

1. Angin duduk Stabil

Pemicu penyakit angin duduk stabil ialah karena aktivitas fisik seperti olahraga yang berlebihan. Olahraga yang dilakukan memerlukan asupan darah yang lebih banyak.

Hal ini dikarenakan jantung akan bekerja lebih keras dari biasanya ketika seseorang melakukan aktivitas olahraga. Dan apabila seseorang yang melakukan olahraga tersebut tengah mengalami penyumbatan atau penyempitan, maka serangan masuk angin duduk akan terjadi.

2. Angin duduk tidak stabil

Kondisi angin duduk tidak stabil dipicu oleh timbunan lemak atau pembekuan darah yang dapat menghalangi aliran darah ke jantung.

Untuk jenis angin duduk yang satu ini berbeda dengan angin duduk stabil. Bila penderita angin duduk stabil dapat menghilangkan nyeri di dada dengan meminum obat-obatan atau beristirahat, maka angin duduk tidak stabil tidak bisa.

Hal ini dikarenakan untuk menghilangkan sumbatan akibat lemak pada pembuluh darah membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan bila dibiarkan, penyakit ini akan berkembang menjadi serangan jantung.

3. Angin duduk varian

Angin duduk varian atau disebut juga angin duduk prinzmetal disebabkan oleh penyempitan sementara akibat spasme. Penyakit ini dapat terjadi kapan saja dan bersifat sementara.

Dan untuk mengobati angin duduk jenis ini bisa dengan sekali minum obat yang telah diresepkan.

Baca Juga >> Mengenal Tentang Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Menyembuhkan Angin Duduk

Cara menghilangkan angin duduk dapat ditempuh dengan dua metode. Angin duduk gejala ringan atau menengah bisa disembuhkan dengan menjalani pola hidup sehat dan meninggalkan kebiasan buruk yang bisa memicu serangan angin duduk. Beberapa hal yang dimaksud antara lain:

  • Menghentikan kebiasan merokok dan kebiasaan meminum alkohol.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang serta makanan berserat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian.
  • Batasi konsumsi makanan junk food, meskipun itu adalah makanan kesukaan Anda.
  • Jangan lupa untuk berolah raga setiap hari, namun mintalah saran dokter mengenai aktivitas olahraga yang cocok untuk Anda.
  • Serta hindari segala hal yang dapat menyebabkan stres, karena hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan rohani maupun jasmani Anda.

Sedangkan cara mengeluarkan angin duduk gejala berat dapat ditempuh dengan proses pengobatan. Maka untuk hal ini, Anda disarankan untuk memeriksakan diri Anda kepada dokter. Ada beberapa jenis obat yang diberikan kepada penderita angin duduk atau angina, antara lain:

Obat-obatan yang dapat mencegah pembekuan darah

Pekerjaan dari obat ini bisa dibilang berat, karena memisahkan kepingan-kepingan darah membutuhkan bantuan obat agar tidak terjadi penggumpalan. Sehingga darah dapat mengalir dengan lancar dan maksimal walaupun di pembuluh darah yang sempit.

Obat-obat nitrat

Obat-obatan ini berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah yang kaku. Dan perlu diketahui bahwa obat nitrat juga sebagi metode pencegahan untuk jangka panjang.

Disamping itu ini juga dapat digunakan sebelum anda beraktivitas berat seperti olah raga yang dapat menimbulkan penyakit nagin duduk.

Obat penghambat saluran kalsium

Dikenal sebagai musuh kalsium, dimana obat ini mampu melemaskan sel-sel otot yang terdapat pada dinding pembuluh darah.

Obat penghambat beta

Obat ini bekerja dengan cara menangkal efek hormon adrenalin yang dapat mempercepat kinerja jantung. Dengan begitu tekanan darah berkurang sehingga beban jantung menjadi menurun.

Ranolazine

Dapat memperlancar aliran darah serta melemaskan otot-otot jantung agar tidak tegang saat melakukan aktivitasnya.

Statin

Berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dan dapat mencegah kerusakan pembuluh darah.

Aspirin

Untuk mengurangi gumpalan darah agar darah dapat mengalir melalui pembuluh yang sempit sekalipun.

Baca Juga:

  1. Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah Anda
  2. Cara Meghilangkan Ayang Anyangan Dengan Mudah

Itulah cara mengatasi angin duduk dengan cepat dan penjelasan mengenai gejala-gejala dan penyebabnya. Walaupun tidak semua nyeri dada adalah tanda-tanda gangguan pada jantung, Anda tetap harus waspada. Periksakan segera untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya sebelum kemungkinan terburuk menghampiri Anda.