Cara Mengatasi Penyakit Tipes Secara Alami

Cara-Mengatasi-Penyakit-Tipes
source : panduanbpjs.com

Cara mengatasi penyakit tipes yang merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Keadaan lingkungan tempat tinggal dan juga pola makan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Kedua faktor tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan, jika tubuh sudah terserang bakteri salmonella typhi, maka akan sangat mungkin terserang tipes.

Penyakit tipes ini tidak boleh disepelekan karena hal ini bisa menyebabkan kematian. Penyakit tipes tergolong penyakit yang bisa saja terjadi tidak hanya sekali dan bisa kambuh lagi.

Walaupun seseorang sudah dinyatakan sembuh, tapi di kemudian hari jika kondisi tubuh melemah, maka bisa dipastikan penyakit tipes akan dengan mudah menyerang seseorang.

Apa Itu Penyakit Tipes

Penyakit tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhi yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Penyakit tipes juga disebut demam tifoid dalam dunia medis.

Bakteri salmonella typhi bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hal inilah yang menyebabkan tipes mudah menyerang siapapun. Tipes bisa dilihat dengan beberapa gejala.

Tanda sakit tipes terjadi melalui beberapa tahap selama beberapa waktu. Pada umumnya, gejala tipes yang ditimbulkan oleh bakteri ini baru muncul pada minggu ke tiga.

Ada beberapa gejala yang menunjukkan tanda penyakit tipes. Tahap pertama yaitu munculnya sakit kepala, sakit perut seperti sembelit, diare, sakit tengggorokan, demam, dan juga merasa kelelahan.

Pada umumnya, anak-anak akan mengalami diare, sedangkan pada orang dewasa akan mengalami sembelit. Jika gejala sembelit dan diare ini tidak segera diobati maka akan terjadi tahap gejala selanjutnya.

Tahap ke dua yang akan terjadi yaitu demam tinggi, diare, penurunan berat bbadan, konstipasi dan juga distensi parah. Dan jika penderita telah memasuki minggu ke dua mengalami gejala ini. Selanjutnya penderita akan mengalami ruam dan muncul bintik-bintik merah ada bagian perut dan dada.

Pada tahap ke tiga, penderita mungkin mengalami gejala yang lebih parah lagi dan komplikasi yang lebih serius. Dan pada tahap ke empat, penderita akan mengalami penurunan suhu tubuh hingga kembali normal. Namun, gejala tipes akan kambuh lagi dalam dua minggu selanjutnya.

Baca Juga >> Pengertian dan Cara Penularan Campak

Cara Menyembuhkan Sakit Tipes

Secara medis, penobatan sakit tipes selalu menggunakan antibiotik karena antibiotik merupakan obat yang paling efektif dalam melaan bakteri. Penggunaan antibiotic juga dirasa ampuh dalam mencegah kambuhnya sakit tipes.

cara-mengobati-tipes-secara-alami
source : seruni.id

Pemberian antibiotik juga dalam kadar yang aman bagi penderita sakit tipes. Walau sebagian orang menunjukkan alergi terhadap beberapa antibiotic, dokter akan memastikan antibiotic yang diberikan adalah antibiotic yang sesuai.

Ada beberapa jenis antibiotic yang biasanya digunakan oleh dokter dalam menyembuhkan sakit tipes.

  • Amoxicillin atau biasanya dikemas dengan nama Trimox, Amoxil, Biomox ini merupakan salah satu antibiotic yang paling popular. Amoxicillin bekerja dengan cara menghancurkan dinding bakteri yang akan menghambat pertumbuhannya. Antibiotic ini akan bekerja sangat cepat dan antibiotic ini akan membantu penurunan suhu dan juga mencegah kambuhnya penyakit tipes. Dokter akan memberikan dosis yang sesuai dan biasanya penggunaannya tidak lebih dari 2 minggu.
  • Chloramphenicol atau Chloromycetin juga merupakan antibiotik yang akan bekerja untuk membunuh bakteri Salmonella thypi yang menyebabkan penyakit tipes. Antibiotic ini sering diberikan pada tahap awal gejala tipes yang akan bekerja pada hari ke 2 atau ke 5 setelah pengobatan. Dalam penggunaan obat ini, penderita akan mengalami efek samping seperti diare, sakit perut, dan juga mual. Jika terjadi penurunan suhu tubuh maka sebaiknya penderita mendapat perawatan dari dokter.
  • Ciprofloxacin (Cipro) merupakan antibiotic yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab tipes. Obat antibiotic ini digunakan dalam kurun waktu tiga hari hingga gejala tipes menghilang. Dengan mengkonsumsi antibiotic Ciprofloxacin ini maka penderita dapat sembuh dari sakit tipes dalam kurun waktu 3 hingga 4 hari. Jadi jika para penderita menggunakan antibiotic ini, maka tidakperlu khawatir dengan pertanyaan tipes sembuh berapa lama, karena nyatanya antibiotic ini bisa mempercepat penyembuhan sakit tipes.

Baca Juga >> Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Tipes Di Rumah

Selain pengobatan secara medis menggunakan antibiotic, sakit tipes juga bisa diobati secara alami di rumah. Yang pertama yang harus dilakukan oleh seorang penderita sakit tipes ialah meminum air yang banyak.

Demam yang menjadi salah satu gejala tipes pasti menyebabkan dehidrasi. Seorang penderita tipes akan kekurangan cairan akibat demam, mual dan juga muntah sehingga ia harus banyak minum air. Cairan dalam tubuh akan menghambat dan membunuh bakteri penyebab tipes.

Jika seorang penderita tipes tidak bisa minum air mineral, maka asupan cairan bisa diberikan melalui infus. Selain bisa membantu menambah cairan dalam tubuh, pemberian antibiotic juga bisa melalui infuse sehingga bisa mengobati gejala tipes.

Selanjutnya, seorang yang terkena tipes juga harus istirahat yang cukup. Istirahat bisa membantu masa penyembuhan penyakit tipes menjadi lebih cepat.

Pengurangan gerakan juga bisa membantu penyembuhan penyakit ini dan seorang penderita tidak dibolehkan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya. Obat yang diberikan juga akan lebih efektif jika penderita bisa menjaga kekebalan tubuhnya.

Mengkonsumsi makanan yang lembut dan lunak akan sangat disarankan bagi penderita tipes. Biasanya penderita disarankan untuk mengkonsumsi bubur nasi putih atau nasi merah yang dicampur dengan sayuran yang dihaluskan.

Hal ini akan melindungi usus yangs sensitive ketika sedang terserang tipes. Jika banyak orang mengatakan penderita tipes boleh makan mie ini merupakan hal yang keliru.

Mie biasanya kurang disarankan karena akan melukai usus. Makanan yang pedas juga harus dihindari karena bisa melukai dan memperparah kondisi usus.

Konsumsi Buah

Penderita tipes juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Buah yang boleh dimakan penderita tipes ialah buah pisang. Selain cukup lembut untuk dimakan, buah pisang juga bisa membantu penyembuhan sakit tipes dengan cepat.

Namun, jika ingin mengkonsumsi buah yang lainnya juga diperbolehkan. Buah-buahan tersebut bisa dikonsumsi dalam bentuk jus karena akan lebih mudah dicerna.

Selain penyembuhan dengan nutrisi yang dikonsumsi, penderita juga harus menjaga kebersihan lingkungan. Karena penyebab sakit tipes ialah bakteri. Maka dengan menjaga kebersihan diri dan lingungan. Jika banyak yang bertanya apakah penderita tipes boleh mandi, jawabannya adalah boleh.

Setelah sembuh dari sakit tipes, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, mengkonsumsi vitamin, dan juga menjaga kebersihan lingkungan.

Vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes salah satunya ialah madu. Selain membantu menjaga kekebalan tubuh, madu juga memiliki kandungan yang bisa membantu pemulihan dari sakit tipes.

Itulah sedikit pembahasan tentang penyakit tipes dan pengobatannya yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Hal yang penting yang perlu dilakukan sebagai cara mencegah penyakit tipes ialah untukmenjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, menjaga kebersihan badan, dan juga menjaga pola makan.

Baca juga:

Pola makan memang sangat berpengaruh dalam kesehatan seseorang. Jadi, agar terhindar dari berbagai macam penyakit adalah dengan menjaga pola makan.