Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah Anda

cara-menghilangkan-keringat-buntet-di-wajah
source : WikiHow

Cara menghilangkan keringat buntet di wajah dengan kata lain mengatasi biang keringat dapat dilakukan dengan beberapa cara. Namun sebelum membahas beberapa cara tersebut, mari kita membahas mengenai apa itu keringat buntet atau biang keringat pada orang dewasa.

Biang keringat atau yang memiliki nama ilmiah miliaria adalah ruam-ruam kecil berwarna merah serta menonjol yang sangat terasa gatal. Sensasi yang ditimbulkan berupa rasa gatal yang tidak nyaman. Ruam atau biang keringat tak hanya terjadi pada bayi saja, namun orang dewasa juga.

Biang keringat atau keringat buntet menyerag orang dewasa ketika suhu udara sedang sangat panas. Biang keringat juga bisa terjadi apabila ruangan atau lingkungan memiliki suhu yang lembab.

Hal itu dapat membuat produksi keringat menjadi berlebih, namun akibat satu dan lain hal keringat menjadi tersumbat dan tidak bisa keluar. Hal itulah yang kemudian dinamakan biang keringat.

Biang keringat tidak langsung muncul begitu saja pada seseorang. Biang keringat biasanya muncul beberapa hari setelah seseorang terkena suhu yang panas.

Kondisi keringat buntet dapat terjadi pada seluruh tubuh, namun yang paling sering terkena biang keringat adalah bagian leher, dada, punggung, wajah serta bagian paha. Cara mengatasi keringat buntet sendiri cukup mudah

Jenis dan Gejala Biang Keringat

Lokasi munculnya ruam pada orang dewasa dan bayi umumnya sangat berbeda. Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif dan lembut.

Beragam masalah pada kulit pada bayi juga bisa datang, hal tersebut membuat orang tua kahawatir dan bingung dengan langkah yang harus dilakukan.

Salah satu masalah yang ada pada kulit bayi adalah biang keringat yang ditandai dengan warna merah pada kulit. Ruam merah tersebut disertai dengan bintik-bintik kecil dan memiliki pola berkelompok.

Bintik tersebut biasanya ditemukan pada lipatan kulit bayi seperti leher, ketiak, pangkal paha atau daerah sekitar popok, tangan dan lain sebagainya, maka itu adalah biang keringat yang harus diwaspadai. Kalau cara mengatasi keringat buntet pada bayi tinggal menjaga lagi kebersihan lingkungan.

Terdapat beberapa jenis biang keringat menurut tingkat keparahannya masing-masing. Gejala dan tanda juga sangat berbeda antara orang dewasa dan mengatasi keringat buntet pada bayi tergantung dari jenis biang keringat yang menyerang. Berikut ini adalah jenis-jenis biang keringat yang harus Anda ketahui.

1. Milaria kristalina

Biang keringat jenis ini adalah biang keringat yang paling ringan dan hanya mempengaruhi saluran keringat dari bagian lapisan paling atas pada sebuah kulit.

Kondisi biang keringat jenis ini ditandai dengan bintil-bintil kecil berisi cairan jernih yang mudah dipecahkan. Umumnya jenis ini lebih seringmenyerang bayi ketimbang orang dewasa. Rasa yang dibawa dari biang keringat jenis ini tidak gatal dan tidak terasa sakit.

2. Miliaria rubra

Biang keringat jenis ini terjadi pada lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan dengan biang keringat yang pertama tadi. Penderita biang keringat jenis ini biasanya tinggal di daerah yang bersuhu panas dan lembap.

Gejala paling kelihatan dari jenis ini adalah adanya sensasi gatal dan bintil merah pada kulit. Kulit akan mengalami yang namanya peradangan dan akan terasa sakit apabila keringat tidak bisa keluar dari tubuh.

3. Miliaria pustulosa

Biang keringat jenis ini adalah jenis yang lebih berat dan merupakan perkembangan dari jenis miliaria rubra. Bintil merah tak lagi berisi air namun sudah berisi nanah dan mengalami peradangan.

4. Miliaria profunda

Jenis biang keringat ini adalah yang paling parah dan paling jarang pula terjadi. Hanya ada sedikit kasus bila dibandingkan dengan kasus biang keringat lainnya.

Miliria profunda menyerang dermis atau lapisan kulit yang lebih dalam dibandingkan jenis yang lainnya. Biang keringat jenis ini memiliki sifat kronis dan bersifat kambuhan.

Umumnya jenis ini lebih sering menyerang orang dewasa dibandingkan pada bayi. Tanda paling umum dan mudah diidentifikasi dari biang keringat jenis ini adalah adaya bintil merah yang lebih besar dan lebih keras dari biasanya.

Sebenarnya biang keringat jenis lanjut seperti ini juga dapat sembuh dengan sendirinya. Penderita biang keringat hanya harus menjaga agar kulit tetap sejuk dan menghindari panas untuk beberapa saat.

Namun jangan ragu untuk mengunjungi dokter bila ruam tidak kunjung sembuh dan menghilang. Malah justru bertahan lebih lama disetai dengan gejala infeksi seperti demam dan menggigil. Rasa sait yang tidak nyaman, keluar nanah dan pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan dan ketiak.

Baca Juga >> Cara Meghilangkan Ayang Anyangan Dengan Mudah

Faktor dan Penyebab Biang Keringat

Penyebab biang keringat secara garis besar adalah terperangkapnya keringat di bawah kulit sehingga keringat tidak bisa keluar dan justru malah membuat kelenjar keringat dalam tubuh menjadi terhambat.

cara-mengobati-keringat-buntet
source : WikiHow

Sebagai akibatnya adalah tubuh terutama bagian kulit mengalami peradangan yang mengakibatkan timbulnya ruam. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat melatarbelakangi penyebab keringat buntet.

1. Iklim tropis

Cuaca yang sangat lembap dan panas akibat dari perubahan cuaca lingkungan dapat menyebabkan terjadinya biang keringat.

2. Kepanasan

Kondisi ketika tubuh orang dewasa mengalami kepanasan adalah keringat akan sangat banyak sekali bercucuran. Hal itu bukan masalah, yang menjadi masalah adalah ketika keringat tersebut terperangkap dan tidak bisa keluar akibat pori-pori yang tersumbat.

Memakai pakaian yang terlalu tebal dan tidur dengan selimut yang terlalu tebal juga dapat mengakibatkan keringat buntet atau biang keringat.

3. Aktivitas fisik tertentu

Kegiatan yang melibatkan fisik seperti olahraga dan memindahkan barang-barang adalah salah satu potensi yang memunculkan banyak keringat. Hal itu kadang tidak disadari oleh seseorang dan membuat biang keringat muncul.

4. Kelenjar keringat yag belum berkembang

Tak selamanya biang keringat adalah akibat dari faktor luar kulit. Namun faktor dalam seperti kelenjar keringat yang sebenarnya belum berkembang adalah salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami biang keringat.

Baca Juga >> Apa Itu Penyakit Epilepsi

Diagnosis dan Pengobatan Biang Keringat

Ada beberapa cara mengobati keringat buntet dan cara menyembuhkan keringat buntet yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya biang keringat ini.

Cara berikut ini juga merupakan cara menghilangkan keringat buntet pada bayi beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

#1 Menghindari panas yang berlebihan di luar ruangan dan juga di dalam ruangan. Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa suhu yang panas dapat memicu teradinya banyak keringat pada orang dewasa. Seringlah berteduh atau mencari tempat dingin untuk menghindari panas tersebut. Minum juga banyak air untuk menghindari risiko dehidrasi.

#2 Menjaga kulit tetap dingin. Sering-sering mandi di tengah cuaca yang sedang panas dapat menjad salah satu solusi untuk menghindari biang keringat. Pakai juga lotion untuk aktivitas luar ruangan agar kulit tidak terlalu panas dan terbakar.

#3 Memakai pakaian yang longgar dan tidak ketat agar kulit memiliki ruang untuk bernafas.

#4 Mengonsumsi tablet multivitami kulit

#5 Menggunakan krim hidrokotioson

#6 Menggunakan lotion calamine

Baca Juga:

Itulah tadi sedikit informasi mengenai keringat buntet di wajah dan seluruh tubuh pada orang dewasa yang lebih sering terkena penyakit tesebut. Namun beberapa metode juga dapat digunakan sebagai cara mengobati keringat buntet pada bayi.