Cara Mengobati Bells Palsy Agar Sembuh Total

Cara-Mengobati-Bells-Palsy-Agar-Sembuh-Total
image via : Mayo Clinic

Cara mengobati bells palsy tidak semudah mengobati penyakit biasa. Apa itu bells palsy? Bells palsy adalah sebuah penyakit saraf yang menyerang salah satu sisi wajah. Sifatnya melumpuhkan atau melemahkan otot wajah, namun sifatnya sementara.

Akibat dari penyakit ini, salah satu sisi wajah akan terlihat melorot. Penyebab penyakit ini pun sampai saat ini belum diketahui, namun lebih umum menyerang pada ibu hamil, penderita HIV dan diabetes.

Saraf yang terkena penyakit bells palsy ini akan berdampak pada indra perasa serta cara tubuh dalam mengeluarkan air mata dan juga ludah.

Bells palsy ini datang secara tiba-tiba dan tidak dapat dihindari, namun umumnya kondisi tersebut akan membaik dalam hitungan minggu atau bulan. Meskipun bisa membaik dan bell palsy bisa sembuh total, namun pola hidup tetap harus dijaga agar tubuh sehat.

Gejala Bell’s Palsy

Pada kebanyakan kasus memang, kelumpuhan syaraf pada satu wajah tersebut bisa membaik dengan sendirinya dan pulih secara penuh. Dengan kata lain bell’s palsy bisa sembuh sendiri tanpa penanganan khusus.

Namun hal itu tidak bisa dianggap sepele sebab bisa merupakan rangkaian dari penyakit lainnya. Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. Untuk gejala bells palsy ini bagi setiap orang tentu berbeda-beda.

Apa-itu-bells-palsy
Source : pt Health

Kelumpuhan pada otot wajah bisa dikategorikan sebagai kelumpuhan sebagian atau kelumpuhan total. Kelumpuhan total berarti wajah tidak bisa digerakkan sama sekali. Mulut dan mata juga akan ikut terpengaruh akibat dari penyakit bells palsy ini.

Keduanya akan susah untuk membuka dan menutup karenanya. Bell palsy ini hanya menyerang wajah saja, otak ataupun tubuh yang lainnya tidak akan terpengaruh.

Apabila kelumpuhan wajah disertai dengan kelumpuhan bagian tubuh yang lain, Anda harus benar-benar mengunjungi dokter untuk memastikan.

Sebab kemungkinan stroke bisa saja terjadi akibat dari bells palsy ini. Cara mengobati bells palsy yaitu penderita harus selalu berpola hidup sehat sangat efektif untuk pencegehannya.

Baca Juga >> Rekomendasi Minuman dan Makanan dengan Protein Tinggi

Penyebab Terjadinya Bells Palsy

Bell’s palsy adalah kelainan yang terjadi saat saraf yang mengontrol otot menjadi tertekan atau mengalami iritasi. Penyebabnya sendiri seperti tadi yang sudah dijelaskan, sampai saat ini belum diketahui apa.

Namun ada dugaan bahwa kelainan ini disebabkan oleh infeksi virus, virus tersebut antara lain adalah herpes simpleks, varicella zoster, sifilis, lyme, cytomegalovirus maupun virus epstein barr.

Namun lagi-lagi, virus tersebut hanyalah praduga saja dan belum terbukti kebenarannya. Beberapa tes mungkin akan dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini, antara lain CT Scan, MRI maupun elektromiografi.

Pengobatan Bell’s Palsy

Bells palsy ini mengakibatkan wajah menjadi bengkak, untuk mengurangi pembengkakan itu maka akan diberikan kelompok obat berupa prednisolone atau prednison. Untuk mengatasi mata yang tidak bisa menutup, maka mata harus ditutup paksa menggunakan isolasi.

Serta diberikan tetes mata agar mata tidak iritasi dan merah. Fisioterapi bell’s palsy akan dilakukan bila memang perlu dan wajah tidak kunjung membaik. Namun umumnya penyakit ini akan membaik pada 2 atau 3 minggu setelah serangan. Sebanyak 70% pasien bells palsy mengalami kesembuhan dalam jangka waktu tersebut.

Baca Juga >> Daftar Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Cara mengobati bells palsy yang paling tepat adalah dengan memeriksakan diri pada dokter syaraf. Ada pula yang harus menunggu hingga 9 bulan lamanya sampai bells palsy sembuh total. Lama atau tidaknya proses penyembuhan tergantung pada syaraf yang mengalami kelumpuhan. Jangan lekas panik dan memunculkan asumsi yang macam-macam terhadap penyakit ini, kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.