Cara Mengobati Kram Perut Dengan Tepat

Cara-Mengobati-Kram-Perut

Cara mengobati kram perut penting untuk diketahui semua orang, terlebih bagi wanita. Hal itu disebabkan factor yang menyebabkan kram perut yang beragam sehingga penanganannya pun berbeda-beda.

Nah, bagi para wanita, mereka akan merasakan kram di perut saat menstruasi. Rasanya pun sangat luar biasa sakitnya. Perut terasa nyeri, melilit, bahkan seperti diremas.

Lantas kenapa perut kram? Pertanyaaan tersebut tentu akan menjadi hal pertama yang anda fikirkan ketika anda merasakan sendiri betapa sakitnya saat kram perut terjadi.

Tentu penderitaan tersebut ditengarai oleh beberapa factor. Apa saja penyebabnya? Apa saja gejalanya? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Gejala kram perut ditandai dengan rasa nyeri bergelombang yang muncul secara tiba-tiba dan tidak menentu. Seringkali datang dan pergi begitu saja.

Gejala lain yang mungkin timbul ialah demam, muntah darah, serta kesulitan dalam bernafas. Jika ditekan perut empuk dan terasa penuh karena makanan tidak bisa turun selama hampir 2 hari.

Perut terasa sakit selama berjam-jam, bahkan ketika buang air kecil dan feses yang disertai darah.

Satu hal yang harus anda waspadai ialah ketika perut kram sebelah kiri. Kram tersebut bisa jadi pertanda bahwa anda menderita penyakit tertentu.

Seperti halnya gangguan ginjal, obstruksi usus akibat kurangnya nutrisi dan cairan yang melalui saluran pencernaan, dan penyakit  lainnya.

Anda sering kram perut? Jangan dianggap remeh. Apabila  dibiarkan, kram perut dapat berkembang dan menjadi semakin kronis jika tidak segera ditangani. Pastinya akibat perut kram ini akan mengganggu aktivitas anda bukan?

Perut terasa kram bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor, mulai dari yang ringan hingga hal yang serius. Diantaranya ialah ketegangan otot perut akibat intensitas olahraga yang sering, penumpukan gas berlebih di dalam perut, serta dehidrasi.

Peregangan ligament atau jaringan ikat yang menghubungkan tulang akibat perkembangan rahim menjadi salah satu penyebab kram pada ibu hamil.

Masalah lambung seperti halnya gastroparesis (kelainan otot lambung), gastroenteritis (flu lambung akibat virus), dan gastritis menjadi penyebab serius yang perlu diperhatikan. Selain itu juga radang usus.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sakit Perut Pada Anak Dengan Mudah

Pahami Cara Mengobati Kram Perut Dengan Tepat

sering-kram-perut

Cara mengobati kram perut tidak boleh sembarangan. Harus dilihat terlebih dahulu perut kram kenapa penyebabnya. Nah, berikut beberapa langkah mengatasi kram perut.

  1. Beristirahat, Jika kram perut masih tergolong ringan hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan beristirahat dan memperbanyak minum air putih. Kemudian kompres perut yang sakit menggunakan air hangat. Lakukan dengan disertai pijatan.  Jika memang diperlukan minumlah obat.
  2. Jangan melakukan olahraga berat dan berlebihan.
  3. Minumlah wedang jahe atau anda bisa mencoba untuk mengonsumsi teh chamomile. Teh ini direkomendasikan karena dapatmenurunkan konsentrasi gas di perut, membuat perut lebih tenang dan rileks.
  4. Mengonsumsi minuman berion, jika kram perut dipicu dehidrasi
  5. Minumlah antasida dan obat maag jika kram perut dipicu gangguan pencernaa, seperti asam lambung.
  6. Segera minum ibuprofen atau acetaminophen untuk meredakan rasa nyeri.
  7. Perhatikan setiap asupan makanan. Jangan makan sayuran yang memicu gas berlebih, seperti: kubis, pisang ambon, dan lainnya

Itulah beberapa penyebab sekaligus beberapa cara mengobati kram perut yang dapat anda lakukan di rumah. Segera obati sebelum lebih parah dan membutuhkan jalan operasi.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sariawan di Gusi Paling Efektif

Jika tidak kunjung sembuh setelah berhari-hari, periksalah segera ke dokter agar memperoleh penanganan yang cepat dan tepat. Tentu mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati bukan? Tentunya, untuk itu jagalah pola makan dan hindari stress yang berlebih.  Semoga bermanfaat!