Cara Mengobati Mata Merah Dan Pencegahannya

Cara-Mengobati-Mata-Merah-Dan-Pencegahannya
Source : WikiHow

Cara mengobati mata merah – hampir setiap manusia mengalami sakit mata merah sehingga banyak diantara mereka yang mencari tau cara mengobati mata merah yang benar. Sebenarnya mata merah dapat disebabkan karena satu dan berbagi hal dari yang keadaanya tidak membahayakan hingga pada fase yang membahayakan.

Jika anda hanya mengalami radang pada konjugtiva atau konjungtivis, maka hal tersebut belum begitu membahayakan. Namun jika sudah terjadi reaksi alergi hingga meyebabkan infeksi pada kornea atau glaukoma akut, maka hal tersebut sudah membahayakan mata anda.

Jika anda mengalami mata radang, biasanya akan disertai dengan beberapa gejala lain seperti perih, gatal dan berair. Sebenarnya setiap gejala yang timbul juga dapat dijadikan untuk membedakan penyebab sakit mata merah itu sendiri.

jika anda sudah mengetahui penyebab terjadinya mata merah tersebut, anda juga mudah untuk mengobati sakit mata dengan mekanisme dan cara yang benar.

Cara Mengobati Sakit Mata Merah Yang Benar

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk cara mengobati sakit mata merah adalah dengan mengkompres. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan air hangat atau air dingin.

Penggunaan ini dapat dibedakan berdasarkan gejala yang dialami pada mata merah anda. bila mata merah anda disebabkan karena alergi, maka bisa dilakukan pengkompresan dengan menggakan air dingin. Namun jika mata merah anda disebabkakn karena  infeksi, sebaiknya anda menggunakan air hangat saja.

Untuk cara kedua, anda bisa menggunakan air mata buatan. Metode ini sangat cocok bagi anda yang menderita sakit mata akibat mata kering.

cara-mencegah-mata-merah
Source : WikiHow

Sindrom mata kering ini biasanya disebabkan karena tidak cukupnya kelenjar air mata untuk menghasilkan cairan sehingga keadaan mata terlalu kering. Untuk mendiagnosis kenapa mata merah, sebaiknya anda bisa berkonsultasi dengan dokter mata.

Untuk cara menghilangkan  mata merah selanjutnya, anda bisa menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan alergi pada mata.

Biasanya hal yang bisa menjadikan alergi pada mata adalah debu, bahan kimia dan peralatan make up. Untuk mengetahui hal tersebut anda bisa memahami pola ketika anda sering mengalami mata merah.

Baca Juga >> Tentang Penyakit Menular dan Cara Pencegahanya

Cara  Mencegah Gejala Terjadiya Mata Merah

Beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi mata merah memang tidaklah sulit. Namun bukankah akan lebih baik mencegah daripada mengobati?.

Oleh karenanya anda bisa melakukan beberapa hal  berikut untuk mencegah terjadinya mata merah akibat iritasi ataupun infeksi.

  • Yang pertama adalah usahakan tidak menggosok mata anda. Beberapa zat dan kotoran yang ada pada tangan anda bisa saja mengakibatkan radang dan mengiritasi mata anda. Apalagi hal tersebut dapat membahayakan kornea jika anda menggosoknya terlalu keras.
  • Selanjutnya jika anda menggunakan lensa kotak, maka pastikan lensa tersebut selalu dalam keadaan bersih. Jika anda tidak rajin melakukan pembersihan pada lensa anda, maka hal tersebut dapat menjadi media untuk pertumbuhan kuman. Selain itu hal ini juga dapat menjadi penyebab sakit mata sebelah.
  • Hindari pemakaian obat tetes mata dengan durasi terlalu sering. Penggunaan obat tetes mata terlalu sering dapat mengakibatkan mata menjadi lebih merah.
  • Jangan juga membeli obat tetes mata yang mengandung antibotik dan kortikosteroid tanpa resep dokter. Jika anda menggunakan obat tersebut dalam waktu lama, dapat mengenai glaukoma hingga menibulkan kebutaan.

Baca Juga >> Apa Itu Hipotensi ? Dan Cara Pencegahannya

Mata merah memang dapat terjadi dengan bermacam-macam sebab. Oleh karenanya cara mengobati mata merah juga berbeda-beda tergantung dengan gejala yang anda hadapi.

Yang pasti jika mata merah anda sudah melebihi batas normal, segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang mencari tahu cara mengobati mata merah dengan benar.