Cara Mengobati Pengapuran Tulang Secara Efektif

Cara-Mengobati-Pengapuran-Tulang
foto: medisukus.com

Cara mengobati pengapuran tulang dapat ditempuh melalui beberapa pengobatan, yakni dengan obat tradisional maupun medis atau obat kimia. Dalam dunia kedokteran, pengapuran tulang dikenal dengan istilah osteoarthritis.

Penyakit ini disebabkan oleh terkikisnya persendian yang bisa mempengaruhi setiap sendi. Dimana persendian itu sendiri terdiri dari tulang rawan yang mudah mengalami pengapuran, seperti pada lutut, pinggul, leher, serta punggung bawah.

Deteksi Sedari Dini Gejala Pengapuran Tulang!

Anda merasakan nyeri dan kaku pada sendi? Itu merupakan awal gejala pengapuran tulang.  Selain itu ada pula ciri-ciri pengapuran tulang lainnya yang mungkin akan anda rasakan, seperti halnya:

  1. Sendi terasa sakit saat bergerak
  2. Sendi terlihat lebih menonjol dan besar dari biasanya
  3. Hilangnya fleksibilitas tulang sehingga sulit untuk bergerak
  4. Adanya pembengkakan di sekitar sendi akibat adanya peradangan yang disebabkan oleh menipisnya bantalan sendi
  5. Mudah merasa lelah, akibat otot melemah dan massa otot menurun
  6. Terjadi insomnia atau kesulitan tidur akibat tubuh merasa sakit terlebih ketika merebahkan diri
  7. Jika pengapuran tulang sudah parah, akan menyebabkan penderita kesulitan dalam berjalan, bahkan pincang

Baca Juga >> Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Muntaber Pada Bayi

Penyebab Pengapuran Tulang

Osteoarthritis ini seringkali menyerang orang yang lanjut usia serta orang dengan berat badan berlebih. Namun juga tidak menutup kemungkinan bagi anak muda dan orang yang kurus sekalipun untuk mengalami penyakit ini.

Pengapuran tulang dapat disebabkan oleh beberapa factor, diantaranya ialah orang lanjut usia, berat badan berlebih alias gemuk, serta aktivitas berlebihan.

Selain itu bisa juga akibat infeksi tulang ataupun kerusakan tulang sendi karena kecelakaan. Beberapa penyebab tersebut penting untuk diwaspadai, agar anda juga dapat mencegahnya.

Cara Mengatasi Pengapuran Tulang

Jika anda telah melakukan pemeriksaan fisik ke dokter dan dinyatakan benar menderita pengapuran tulang. Tenang saja, ada beberapa cara mengobati pengapuran tulang yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Merendam atau mengompres bagian yang sakit dengan air panas ataupun air dingin. Air panas berguna untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin berfungsi untuk meredakan nyeri.
  2. Memperbanyak mengonsumsi buah-buahan. Buah untuk pengapuran tulang yang bermanfaat bagi tubuh ialah buah pisang, apel, tomat, papaya, anggur merah, jeruk, dan masih banyak lagi.
  3. Melakukan olahraga secara teratur untuk menguatkan otot
  4. Mengonsumsi suplemen untuk menumbuhkan tulang rawan sekaligus obat anti peradangan untuk mengatasi radang pada tulang
  5. Menurunkan berat badan dengan berdiet sehat
  6. Melakukan terapi fisik atas rekomendasi dari dokter
  7. Perbanyak konsumsi madu yang telah dikenal akan khasiatnya
  8. Minumlah air jahe
  9. Gunakanlah kulit manggis, anda dapat membelinya dalam bentuk kapsul
  10. Minum air rebusan daun kentut atau bisa juga daun sirsak maupun daun seledri
  11. Gunakanlah temulawak, kemudian rebus dan ambil airnya
  12. Runtinlah untuk mengonsumsi susu kedelai

Itulah beberapa penjelasan terkait cara mengobati pengapuran tulang. Jika anda mengalami beberapa gejala ataupun ciri-ciri diatas, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

Hal itu tentu bertujuan untuk mengetahui secara pasti apakah anda terkena pengapuran atau tidak. Selain itu upaya pengobatan pengapuran tulang dapat dilakukan sedini mungkin guna mencegah agar tidak semakin memburuk.

Baca Juga >> Apa itu Penyakit Parkinson? Berikut Penjelasanya

Ubahlah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dengan pola makan dan olahraga teratur. Anda tidak perlu menerapkan olahraga berat, cukup dengan olahraga ringan saja. Setidaknya rajinlah untuk melakukan aktivitas fisik setiap harinya. Dengan begitu tulang dan sendi anda tidak akan kaku lagi. Sehingga pengapuran tulang pun akan semakin membaik dengan cepat.