Cara Mengobati Penyakit Asam Urat Secara Alami

cara-mengobati-penyakit-asam-urat
source htv com

Cara mengobati penyakit asasm urat memang bisa dilakukan secara alami. Jika Anda menderita encok secara tiba-tiba dan tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan serangan itu, maka berhati-hatilah.

Ada kemungkinan Anda menderita asam urat. Tapi tidak perlu khawatir, sebab berikut ada 5 cara mengobati penyakit asam urat secara alami.

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah sejenis artritis yang menyebabkan peradangan sendi secara tiba-tiba, biasanya dalam satu sendi. Asam urat yang parah kadang dapat mempengaruhi banyak fungsi sendi sekaligus. Ini dikenal sebagai polyarticular gout.

Pemicu serangan akut asam urat meliputi operasi, dehidrasi, minuman manis dengan gula atau sirup jagung berfruktosa tinggi, bir, minuman keras, daging merah, dan makanan laut. Asam urat disebabkan oleh pengendapan kristal asam urat dalam sendi.

Ciri sakit asam urat  adalah :

  1. Kemerahan pada sendi
  2. Sendi bengkak
  3. Nyeri sendi
  4. Kehangatan sendi

Apa Penyebab Asam Urat?

Asam urat disebabkan oleh terlalu banyak aliran darah dan akumulasi kristal asam urat di jaringan tubuh. Suspensi kristal asam urat pada sendi inilah yang menyebabkan radang sendi. Bagian tubuh Anda juga terasa sakit, kemerahan, panas, dan membengkak.

cara alami mengobati asam urat

Adapun penyebab sakit asam urat menjadi darah tinggi (hyperuricemia) adalah karena genetika, obesitas, efek samping obat tertentu seperti diuretik (pil air), dan karena mengalami penurunan fungsi ginjal kronis.

Gejala Sakit Asam Urat

Asam urat, juga dikenal sebagai artritis gout, di mana penyakit ini dimulai dengan rasa terbakar, gatal, atau kesemutan selama satu atau dua jam. Ciri-ciri gejala asam urat dimulai dengan sendi yang mungkin terasa sedikit kaku atau sedikit sakit. Jika Anda mengalami serangan berulang, maka Anda harus waspada sedini mungkin.

Terkadang, orang dengan penyakit asam urat tidak memiliki tanda awal bahwa nyeri akan segera dimulai. Mereka mungkin akan tersadar dan baru terbangun di tengah malam dengan sendi yang sangat menyakitkan.

Tanda gejala asam urat yang paling terasa adalah seperti bagian tubuh yang kemerahan, bengkak, dan sakit parah dalam satu sendi. Tanda-tanda penyakit asam urat yang paling umum untuk terkena penyakitnya adalah adalah pangkal jempol kaki. Tapi bisa terjadi pada persendian lain seperti siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan instep.

Metode yang paling handal untuk mendiagnosis apakah seseorang mengalami asam urat atau tidak adalah ketika ia memiliki cairan. Cairan ini dikeluarkan dari sendi yang meradang dan diperiksa di bawah mikroskop untuk mencari kristal asam urat.

Baca Juga >> Kadar Bilirubin Normal Pada Bayi Yang Perlu Anda Ketahu

Cara menyembuhkan penyakit asam urat kronis adalah dengan diobati menggunakan obat yang menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Waktu tidak diobati, asam urat dapat menyebabkan kerusakan sendi yang sangat fatal bahkan berakibat pada masalah ginjal.

Dokter Anda mungkin meresepkan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti

  1. Celecoxib
  2. Indomethacin
  3. Meloxicam
  4. Sulindac

Adapula beberapa dokter yang memberikan resep NSAID over-the-counter seperti naproxen atau ibuprofen dalam dosis resep. Dua jenis obat-obatan tersebut dipercaya bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang.

Cara Mengobati Asam Urat

Apabila dengan obat-obatan di atas masih kurang bekerja dengan baik, maka Anda mungkin perlu menindaklanjuti untuk memastikan rencana pengobatan Anda bekerja jika efek asam urat masih begitu terasa. Hubungi kembali dokter Anda jika merasa:

  1. Infeksi sendi. Gejala satu ini memiliki beberapa gejala yang sama dengan serangan asam urat di awal, namun infeksi ini terasa lebih menyakitkan dari yang sebelumnya.
  2. Demam tinggi dan menggigil. Gejala serangan asam urat mungkin termasuk demam ringan, namun suhu yang lebih tinggi bisa menjadi pertanda adanya infeksi.
  3. Gejala Anda tidak membaik setelah 48 jam atau tidak berakhir setelah sekitar seminggu.

Jika Anda tidak mulai merasa agak lebih baik setelah beberapa hari, hubungi dokter Anda. Dia mungkin menyarankan perlakuan yang berbeda. Sebagian besar serangan asam urat akan hilang sendiri dalam 7 sampai 10 hari bahkan tanpa pengobatan.

Gunakan kompres yang  dingin jika rasa sakit Anda tidak terlalu buruk, cobalah bungkus es batu atau kompres pada sendi untuk menurunkan peradangan dan menenangkan rasa sakit. Kompreslah anggot tubuh yang terasa sakit terasa selama 20 sampai 30 menit beberapa kali sehari.

Anda juga bisa melakukan istirahat sejenak. Merupakan ide yang bagus untuk mengistirahatkannya sampai rasa sakit mereda. Jika bisa, angkat sendi di bantal atau benda lunak lainnya. Setelah itu minumlah air dengan cukup.

Bila tubuh Anda tidak memiliki cukup air, kadar asam urat Anda akan meningkat lebih tinggi lagi, jangan sampai Anda dehidrasi sebab itu akan membuat tingkat normal menurun.

Perhatikan apa yang Anda makan dan minum. Jangan mengkonsumsi makanan yang tinggi zat seperti beberapa makanan laut, daging organ seperti hati, dan makanan berlemak.

Makanan tersebut bisa meningkatkan asam urat dalam darah Anda lebih banyak lagi. Jadi hindari minuman manis dan alkohol – terutama bir.

Baca Juga >> Kenali Cara Mudah Mengobati Wasir Secara Efektif

Cara Alami Mengobati Asam Urat

ramuan herbal untuk asam urat
source : pinterst

#1 Cuka Apel

Ramuan herbal untuk asam urat yang pertama adalah dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel organik ke segelas air dan minumlah  setiap hari.

Cuka sari apel dikenal sebagai pembersih alami dan detoksifikasi bagi tubuh manusia. Cuka mengandung asam malat yang membantu dalam memecah dan mengeluarkan asam urat dari tubuh. Apel juga mengandung asam malat dan Anda harus makan minimal satu hari.

#2 Jus Lime

Anda harus coba untuk minum air kapur setidaknya dua kali sehari untuk membersihkan kelebihan asam urat. Kapur mengandung asam sitrat yang membantu dalam melarutkan asam urat. Anda juga harus mengonsumsi makanan kaya vitamin C seperti lemon, jambu biji dan jeruk.

#3 Makan buah dan sayuran kaya antioksidan

Makanlah lebih banyak lagi buah beri antioksidan yang kaya seperti ceri, blueberry dan stroberi. Buah berwarna gelap mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin membantu mengurangi peradangan dan kekakuan. Makanan alkali seperti tomat dan paprika juga membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh Anda.

#4 Benih seledri

Biji seledri kaya akan asam lemak Omega-6 dan minyak diuretik lainnya. Sebagai diurektik yang hebat, ada baiknya membersihkan sistem cairan berlebih dengan menstimulasi ginjal untuk membersihkan asam urat.

Benih seledir juga bisa menurunkan peradangan di tubuh. Anda bisa minum setengah sendok teh biji seledri kering sekali sehari tapi ingatlah untuk memiliki banyak air dengan itu.

#5 Makanan dengan serat tinggi

Tambahkanlah lebih banyak makanan berserat tinggi ke makanan Anda untuk mengendalikan kadar asam urat dalam darah. Serat makanan menyerap kelebihan asam urat dalam darah Anda dan membantu menghilangkannya dari tubuh Anda. Oat, pisang dan biji-bijian seperti jowar dan bajra adalah sumber serat larut yang baik.

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai 5 cara mengobati penyakit asam urat secara alami. Semoga bermanfaat.