Cara Mengobati Sakit Perut Pada Anak Dengan Mudah

cara-mengobati-sakit-perut-pada-anak
source : Tribun

Cara mengobati sakit perut pada anak. Kebanyakan kita temukan bahwa anak-anak cenderung terserang penyakit sakit perut. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka masih lemah, namun karena aktivitas yang sangat aktif membuat anak sering mengeluh sakit perut.

Sakit perut yang dialami anak-anak sebetulnya bisa saja diakibatkan beberapa faktor. Namun anda tetap harus waspada terutama ketika anak-anak jajan bebas di sekolah tanpa sepengetahuan anda.

Definisi Sakit Perut

Sakit perut berasal dari dua kata yaitu sakit dan perut. Dalam kamus bahasa Indonesia sakit berarti perasaan tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu.

Sedangkan perut dalam kamus bahasa Indonesia memiliki arti bagian tubuh di bawah rongga dada. Bagian-bagian perut di sini termasuk lambung, pankreas, usus dua belas jari, usus besar, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sakit perut adalah suatu kondisi tidak nyaman yang terasa di bagian antara dada dan panggul.

Penderita sakit perut akan merasakan sensasi menusuk, kram, hingga pegal di daerah perut. Dan bisa dipastikan bahwa kebanyakan orang pernah mengalami sakit di area perut tersebut.

Namun meski begitu, Anda tidak boleh menghiraukan penyakit yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan ada berbagai macam sakit perut yang memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda. Dan untuk mengetahuinya, Anda harus mengenali gejala yang dirasakan.

Baca Juga >> Cara Menghilangkan Keringat Buntet di Wajah Anda

Penyebab Sakit Perut Pada Anak

Anak-anak adalah sasaran empuk dari penyakit sakit perut. Penyebab anak sering sakit perut, selain karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih lemah juga karena lingkungan dan asupan gizi yang kurang.

Seorang ibu yang bijak tentu akan menjaga anaknya agar tetap sehat dan tidak mudah sakit.

cara-mengatasi-sakit-perut-pada-anak
source : healthinfo .co

Tanda-tanda sakit Perut Pada Anak yang Harus Diperhatikan

Gejala umum seorang mengalami sakit perut ialah rasa tidak nyaman yang ada di daerah perut. Namun gejala tersebut perlu perhatian lebih bila menunjukkan beberapa tanda-tanda lainnya.

Apabila anak mengeluh sakit perut dengan tanda-tanda lain seperti di bawah ini, maka Anda harus lebih waspada. Berikut beberapa tanda sakit perut pada anak yang memerlukan perhatian lebih.

1. Rasa sakit yang bertambah parah

Rasa sakit perut yang tak kunjung sembuh dalam waktu 24 jam atau dan bahkan semakin parah setiap waktunya, perlu perhatian berlebih. Karena sakit perut yang biasa, biasanya cepat sembuh hanya dengan olesan dari cairan, minum air, atau tiduran.

2. Sakit perut disertai demam tinggi

Demam adalah keadaan saat suhu tubuh mencapai lebih dari 370 Celcius. Seseorang akan mengalami demam bila dalam tubuh mereka sedang terjadi kerusakan atau gangguan, misalnya karena penyakit atau peradangan.

Demam ini adalah pertanda bahwa sel antibodi manusia sedang melawan kuman-kuman tersebut. Dan apabila seorang anak mengalami sakit perut disertai demam yang tinggi, maka rasa sakit perut tersebut pertanda bahwa sedang ada gangguan yang serius dalam tubuh mereka.

3. Muntah

Sakit perut yang disertai muntah biasanya diakibatkan karena keracunan makanan atau minuman. Dan untuk melindungi tubuh, tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya melalui muntah tersebut.

4. Rasa sakit disertai kencing

Saat seseorang mengalami sakit perut yang disertai kencing, maka terdapat gangguan pada saluran kencing mereka. Baik itu di daerah saluran kencing maupun tepat di saluran kencingnya yang mengakibatkan seseorang mengeluarkan air kencing yang tidak normal.

5. Rasa sakit disertai buang air besar dengan darah dan nanah

Buang air besar adalah aktivitas alami seseorang untuk mengeluarkan ampas dalam tubuh mereka. Namun apabila buang air besar tersebut disertai dengan darah atau nanah, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Karena hal ini pertanda bahwa ia sedang mengalami masalah yang cukup serius.

Baca Juga >> Mengenal Tentang Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

Macam-macam Sakit perut dan Cara Mengatasinya

Seorang ibu yang melihat anak sering sakit perut, tentu membuat perasaan hati yang tidak nyaman, karena buah hati mereka juga sedang merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, berikut saya ringkas Cara menyembuhkan sakit perut pad anak yang mudah dilakukan:

1. Sakit perut karena diare

Cara mengatasi sakit perut pada anak karena diare ialah dengan mengonsumsi air yang banyak serta menghindari makanan yang membuat feses menjadi lembek.

Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke dalam perut yang membuat aktivitas perut menjadi terganggu.

2. Kram perut karena masuk angin

Gejala sakit perut yang terjadi karena masuk angin ialah sering bersendawa, perut kembung, hingga kram pada bagian perut. Ada beberapa makanan yang menyebabkan masuk angin, antara lain kol, brokoli, bombai, dan minuman bersoda.

Cara untuk mengatasinya ialah dengan meminum obat yang dijual di apotek dan tidak memerlukan resp dokter.

3. Sakit perut karena radang usus buntu

Salah satu penyebab anak sakit perut ialah karena radang usus buntu. Gejala usus buntu ialah rasa sakit di daerah perut sebelah kanan.

Untuk menyembuhkannya ialah dengan melakukan operasi. Dan cara inilah cara satu-satunya yang bisa dilakukan. Penderita harus melakukan pengangkatan usus buntu tersebut lewat jalan pembedahan.

4. Sakit perut karena batu ginjal

Batu ginjal adalah batu yang sangat kecil yang terbuat dari zat dan mineral berlebih di dalam urin. Batu ginjal yang semakin parah dapat menghambat sistem saluran kemih.

Bila hal tersbeut terjadi, maka peredaran darah juga akan terganggu. Ginjal tidak bisa menyaring darah dengan sempurna. Cara mengobati anak sakit perut karena batu ginjal ialah dengan melakukan operasi.

Cara Mencegah Sakit Perut Pada Anak

Untuk menghindari anak mengeluh sakit perut, anak harus melakukan beberapa hal untuk mencegah penyakit itu menyerang, yaitu:

1. Minum air secukupnya

Air merupakan kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap hari. Fungsi air sendiri ialah untuk membantu proses dalam tubuh manusia agar berjalan dengan baik, baik itu proses pencernaan, pernapasan, maupun peredaran darah.

Oleh sebab itu, untuk menghindari penyakit sakit perut, disarankan untuk mengonsumsi air secukupnya, minimal 1,5 hingga 2 liter perharinya.

2. Konsumsi makanan berserat tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi sangat dianjurkan untuk bahan makanan manusia. Hal ini dikarenakan serat adalah zat yang dapat memperlambat sistem pencernaan.

Dengan mengonsumsi serat yang tinggi, sistem pencernaan tidak akan terforsir untuk melakukan proses pencernaan secepatnya. Akibatnya nutrisi dalam makanan dapat terserap secara maksimal serta organ tubuh tetap terjaga kesehatannya.

3. Kurangi konsumsi makanan berlemak

Sebenarnya mengonsumsi makanan berlemak itu diperbolehkan. Akan tetapi bila lemak yang ia konsumsi menjadi berlebih, maka hal itu akan menjadi mala petaka bagi tubuh kita.

Lemak yang berlebih tersbeut akan membuat kita mengalami berbagai penyakit, salah satunya ialah sakit perut.

Baca juga:

4. Konsumsi yogurt

Salah satu cara mengatasi anak sakit perut yang disukai oleh anak-anak ialah dengan mengonsumsi yogurt. Kebanyakan anak kecil menyukai makanan yogurt tersebut, karena rasanya yang manis dan penuh sensasi. Yogurt ini sangat baik untuk perut kita.