Cara Mengobati Sariawan di Gusi Paling Efektif

Cara-Mengobati-Sariawan-di-Gusi
source : Liputan6

Cara mengobati sariawan di gusi, keyword ini sering dicari oleh orang-orang yang merasa cukup tersiksa dengan sakit sariawan. Sakit sariawan dalam istilah medis disebut dengan stomatitis aftosa atau bisa disebut dengan Cancer sore.

Sejenis luka yang berada di dalam mulut yang dapat menimbulkan sakit serta ketidaknyamanan terutama saat menyantap makanan.

Luka dari sariawan ini bisa berbentuk bulat yang tidak beraturan, sedangkan untuk warnanya bisa berwarna putih atau kuning dengan tepian yang berwarna merah akibat peradangan.

Sariawan yang berada di dalam mulut dapat berada di beberapa tempat seperti di bagian dalam pipi di bibir, ada juga yang berada di bagian gusi dan lidah. Sariawan yang tumbuh di dalam mulut bisa lebih dari satu.

Nah di artikel ini, penulis akan membahasn cara mengatasi sariawan di gusi. Sariawan di gusi bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu, dan terutama pada saat makan.

Sakit sariawan di gusi tidak seperti sariawan di bibir, mulut atau pun bagian dalam pipi, sariawan berbeda karena menimbulkan sariawan gusi bengkak. Sariawan ini biasanya akan membaik dalam satu sampai dua minggu.

Mengatasi Sariawan di Gusi

Ada banyak cara mengatasi sariawan pada gusi. Salah satu caranya adalah mengkonsumsi buah buahan, minum obat atau yogurt, dan berkumur. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan:

1. Minum yogurt.

Yogurt sangat berguna bagi tubuh kita, selain menyehatkan juga dapat menyeimbangkan bakteri didalam mulut dan tubuh. Yogurt juga bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan.

2. Air kelapa

Buah yang tumbuh di daerah tropis dan sub tropis ini memiliki manfaat yang melimpah seperti menenangkan pada sistem pencernaan.

Selain itu sifat pendinginnya yang ampuh dikenal dengan air kelapa ini. Karena dengan meminum air kelapa baik untuk menyembuhkan panas dalam dimana panas dalam adalah salah satu penyebab sariawan.

3. Berkumur dengan air garam

Air garam mampu menutup luka sariawan dengan cepat, caranya adalah campur dengan air hangat lalu berkumur, agar cepat sembuh lakukan tiga kali dalam sehari.

4. Berkumur dengan ramuan tradisional

Beruntung jika Negara Indonesia tercinta ini memiliki banyak sekali rempah-rempah dan ramuan tradisional. Beberapa ramuan tradisional seperti lidah buaya, ekstrak biji, anggur, peroksida hidrogen, jus plum, minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengobati sariawan gusi caranya adlah menambahakan air hangat, lalu berkumur dan sebelumnya bahan tersebut dicampur dengan garam.

Baca Juga >> Mengenal Tentang Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Sariawan di Gusi

Apa sih penyebab sariawan di gusi? Di artikel ini, penulis memberikan beberapa kemungkinan penyebab sariawan di gusi.

Sariawan di gusi disebabkan sejumlah kondisi yang serupa dengan sariwan di bagian mulut yang lain. Beberapa penyebab dari sariawan gusi adalah sebagai berikut:

cara-menyembuhkan-sariawan-di-gusi
Source : Pontianak Post

1. Kekurangan nutrisi.

Kekurangan nutrisi menimbulkan panas dalam yang menyebabkan sariawan. Nutrisi seperti zat besi, asam folat dan vitamin B12 dan C menyebabkan masalah sariawan.

2. Cedera mulut.

Kejadian ini umumnya disebabkan oleh bagian mulut yang tergigit atau pada saat menyikat gigi terlalu keras hingga melukai gusi, yang kemudian dapat terjadi infeksi.

3. Menderita penyakit tertentu.

Penyakit seperti herpes, radang pada saluran pencernaan atau gangguan pada system imun, diduga dapat menyebabkan munculnya sariawan.

4. Sensitif terhadap makanan atau minuman tertentu.

Beberapa makanan atau minuman dapat menjadi penyebabab munculnya sariawan. Misalnya, kopi, coklat, stroberi, kacang, keju dan juga makanan pedas.

Untuk menyembuhkan sariawan gusi ada berbagai cara, seperti menggunakan obat untuk menyembuhkan sariawan di gusi ataupun menggunakan cara menyembuhkan sariawan di gusi secara alami.

Untuk menyembuhkan sariawan di gusi atau di bagian mulut yang manapun dapat menggunakan berbagai macam obat yang tersedia di apotik.

Obat tersebut banyak memiliki bentuk tablet bahkan cair. Dan cara menggunakan obat tersebut juga beragam menurut di bagian mana sariawan itu berada.

Baca Juga >> Cara Alami Mengobati Asam Urat

Obat Untuk Menyembuhkan Sariawan di Gusi.

Untuk sariawan dan gusi bengkak. Jika anda sudah membeli obat yang berbentuk cair maka cara menggunakan obat cair tersebut untuk mengobati sariawan di gusi adalah:

Sebanyak 10-15 tetes obat sariawan cair diteteskan kedalam air 200 ml atau 1 gelas dan dianjurkan air matang saja karena lebih steril dari kuman.

Lalu air yang telah dicampur tadi digunakan untuk berkumur sampai 1 setengah menit dan ditahan di mulut lalu barulah boleh dimuntahkan.

Apabila gigi dan gusi anda terasa kaku, tidak perlu khawatir karena itu merupakan efek dari berkumur tersebut. Dan kemudian berkumurlah kembali dengan air biasa untuk menetralisir efek tersebut.

Jika memiliki keluhan sariawan di bagian gusi terutama bagian belakang. Cara mengobati sariawan di gusi belakang adalah:

Siapkan obat tetes sariawan dan cotton bud. Lalu tetesi cotton bud dengan obat cair tersebut. Oleskan cotton bud tersebut di daerah gusi bagian belakang yang terkena sariawan. Lakukan cara ini secara rutin untuk menyembuhkan sariawan di gusi belakang.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Gusi Secara Alami.

Selain bahan alami seperti di atas. Penulis juga memberikan beberapa bahan alami untuk Cara menyembuhkan sariawan di gusi secara alami. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan cara mengatasi sariawan dengan alami. Untuk mengobati penyakit ini dengan menggunakan kunyit adalah.

Siapkan kunyit secukupnya setelah itu bersihkan dan haluskan. Kemudian pada bagian daerah yang terkena sariawan dibaluri dengan kunyit yang sudah dihaluskan. Lakukan cara ini secara rutin sampai sariawan sembuh dan gusi kembali pulih.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan untuk mengatasi sariawan dengan alami. Cara pemakaiannya supaya penyakit ini bisa diobati dengan minyak kelapa adalah. Siapkan minyak kelapa secukupnya dan juga madu yang murni.

Lalu campurkanlah minyak kelapa dan madu murni tersebut. Kemudian balurkan campuran bahan tersebut ke daerah bagian gusi yang terkena sariawan. Lakukan dengan rutin dan teratur sampai sariawan hilang dan gusi sehat kembali.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan alami bumbu dapur yang mudah kita dapatkan. Untuk  cara  mengatasi sariawan dengan alami menggunakan bawang putih adalah sebagai berikut.

Siapkan bawang putih lalu kupas bawang tersebut selanjunya dipotong. Setelah itu dioleskan pada gusi yang ada sariawannya. Lakukan secara rutin agar lebih cepat pulih.

4. Papaya

Pepaya adalah buah yang sering di jumpai di pasar tradisional maupun modern. Buah papaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati sariawan.

Cara pemakaian untuk megatasi sariawan adalah sebagai berikut. Siapkann buah pepaya kemudian haluskan sampai seperti masker wajah. Lalu oleskan pada gusi yang terkena sariawan. Secara rutin dan teratur untuk cepat pulih dan sembuh dari sariawan.

Jika kalian ingin mengetahui cara menghilangkan sariawan di gusi dengan cepat. Maka kalian harus menerapkan tips-tis di atas dan lakukanlah prosedur pengobatan di atas secara rutin agar sariawan bisa hilang lebih cepat.

Baca Juga:

Sekian dari artikel tentang cara mengobati sariawan di gusi ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.