Cara Mengobati Tenggorokan Sakit Secara Alami

Cara-Mengobati-Tenggorokan-Sakit-Secara-Alami
source : id.wikihow

Cara mengobati tengorokan sakit – hampir setiap manusia pasti pernah merasakan radang tenggorokan atau sakit tenggorokan. Dalam istilah kesehatan, sakit tenggorokan sering disebut dengan faringitis.

Biasanya penyakit tersebut disebabkan karena adanya infeksi bakteri dari virus seperti ketika kita megalami gejala pilek. Secara alamiah, kekebalam tubuh terhadap terjadinya sakit tenggorokan akan terbentuk ketika seseorang memasuki usia dewasa.

Dengan begitu, biasanya sakit ini memang banyak diderita oleh usia anak-anak dan remaja karena belum adanya kekebalan tubuh.

Daftar Isi

Gejala Sakit Tenggorokan Yang Sering Terjadi

Meskipun hanya sakit tenggorokan, tetapi hal tersebut sangat mengganggu ketika kita sedang makan. Selain karena rasa sakir ketika digunakan untuk menelan makanan. Radang tenggorokan biasanya juga disertai dengan beberapa gejala yang akan menganggu tubuh kita.

Biasanya seseorang yang terkena sakit tenggoroan akan merasakan sakit kepala sehingga membutuhkan istirahat yang cukup. Selain itu kelenjar akan sedikit membesar pada bagian leher dan amandel juga ikut membesar yang disebabkan karena adanya radang.

Dengan adanya beberapa pembengkakan tersebut juga akan menyebabkan nyeri otot dan batuk berdahak ataupun batuk kering. Biasanya sakit tenggorokan juga merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit pilek.

Dengan beberapa gejala tersebut, anda bisa mengantisipasi dan menindak lanjuti setiap gejala sakit tenggorokan yang terjadi anda.

Bakteri Dan Virus Penyebab Terjadnya Infeksi Pada Tenggorokan

Bakteri dan virus memiliki banyak jenis dan dapat menimbulkan berbagai penyakit pula. Adapun beberapa virus dan bakteri paling yang dapat menyebabkan  kenapa sakit tenggorokan adalah Parainfluenza virus.

Selain itu ada virus influenza tipe A dan juga tipe B yang biasanya akan menyebabkab flu dan pilek. Selain beberapa virus tersebut, terdapat pula virus epstein bar yang menjadi penyebabab demam kelenjar.

Beberapa virus dan bakteri tersebut dapat menjadi pennyebab tenggorokan sakit menelan dan masalah tenggorokan lianya. Nah virus-virus tersebut dapat anda kalahkan dengan cara mengatasi sakit tenggorokan secara alami atauun dengan melakukan pola hidup sehat.

Baca Juga >> Apakah Kanker Nasofaring Bisa Sembuh?

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

solusi-mengatasi-sakit-tenggorokan
source : WikiHow

Sebenarnya sakit tenggorokan yang banyak dialami oleh masyarakat ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu tiga hingga empat hari tanpa mengkonsumsi obat-obatan sekalipun.

Namun meskipun tergolong dalam penyakit ringan, hal tersbeut juga dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Melihat hal tersebut, berikut adalah obat sakit tenggorokan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan peradangan atau sakit tenggorokan.

#1 Air garam

Garam yang biasanya anda gunkan untuk memasak ini nyatanya sangat ampuh untuk cara menghilangkan sakit tenggorokan. Hal tersebut disebabkan karena garam memiliki sifat antiseptik  yang mampu membunuh bakteri atau virus yang menyebabkan radang tenggorokan.

Garam juga memiliki fugsi untuk melarutkan lendir yang bisasnya terdapat pada bagian tenggorokan. Anda bisa mengunakan cara alami mengobati sakit tenggorokan dengan berkumur atau bahkan meminumnya.

Ambillah air putih dengan suhu normal kemudian larutan satu hingga dua sendok garam dan gunakan untuk berkumur. Namun jika disertai dahak, anda bisa menggunakanya dengan cara diminum.

#2 Bawang putih

Siapa sangkat ternyata ada beberapa bumbu daur yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan sakit tenggorokan secara alami. Bumbu dapur selajutnya dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih terbukti memiliki kandungan senyawa alicin yang mampu membunuh bakteri dan megurangi sakit pada peradangan.

Untuk cara menyembuhkan sakit tenggorokan dengan menggunakan bawang putih. Anda bisa mengunyah bawang putih hingga halus kemudian berkumurlah dengan menggunakan air putih pada suhu normal. Untuk menghilangkan bau bawang yang kurang enak, anda bisa menetralkan dengan menggunakan madu.

#3 Lemon dan madu

Jika anda bertanya sakit tenggorokan obatnya apa? Maka Madu sendir memang sudah memiliki manfaat yang luar biasa untuk meredakan peradangan.

Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa mencampurkan dengan buah lemon yang kaya akan vitamin C untuk meningatkan sistem kekebalan tubuh.

Adapun untuk mengkonsumsinya, anda bisa memeras satu buah lemon segar kemudian dicampurkan bersamaan dengan madu kemudian minum camouran tersebut secara teratur.

#4 Sup ayam

Siapa bilang obat selalu identik dengan pahit dan tidak enak? Karena nyatanya sup ayam bisa anda jadikan sebagai obat untuk menghilangnkan rasa sakit tenggorokan.

Selain karena rasanya yang enak, sup ayam juga mengandung kuah hangat yang dapat mengurangi rasa nyeri peradangan.

Namun jika biasanya dalam mengkonsumsi sup ayam anda mengggukan ekstra sambal, usahakan dalam menikmati makanan ini untuk tidak dengan rasa pedas karena hal tersebut justru akan menambah peradangan.

#5 Wedhang jahe

Jahe juga merupakan salah satu jamu tradisional yang dapat memberikan rasa hangat ketika dinikmati.

Jahe memiliki kandungan senyawa zingiberin yang mampu melancarkan sirkulasi darah dan juga menghilangkan racun sehingga bermanfaat untuk menghilangkan sakit pada peradangan.

Anda bisa merancang minuman untuk sakit tenggrokan dengan jahe sesuai dengan selera anda.

Baca Juga >> Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak

#6 Minyak kayu putih

Anda bisa melakukan pengobatan sakit tenggorokan dengan menggunakan terapi steaming. Cara pengobatan ini cukup populer di Jepang dengan memanfaatkan uap guna melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, cara tersebut juga bisa meringankan sakit kepala, penghilang stres dan yang pasti mampu mengurangi peradangan pada tenggorokan.

Untuk melakukan cara pegobatan radang tenggorokan dengan menggunakan minyak kayu putih, anda bisa menyiapkan satu baskom air panas kemudian teteskan minyak kayu putih didalamnya.

Untuk melakkukan pengobatan, anda cukup menghirup aroma hangat yang keluar dari panas tersebut dan lakukan berulang-ulang hingga merasa lebih baik.

#7 Perbanyak istirahat dan kurangi aktifitas fisik

Sebenarnya sakit ternggorokan tersebut akan sembuh sendiri beriringan dengan membaiknya sistem kekebalan pada tubuh penderita.

Dimana salah satu  cara untuk menumbuhkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan memperbanyak waktu istirahat dan mengurangi aktifitas fisik yang cenderung berat.

Sering kali ketika seseorang melakkan aktifitas melebihi dari kemamuan fisiknya, akan berengaruh buruk terhadap seseorang tersebut.

#8 Perbanyak konsumsi air putih

Istirahat saja tidak akan cukup untuk mengembalikan daya kekebalan tubuh sehingga dibutuhkan asupan air putih yang banyak untuk meningkatkan ion tubuh.

Biasanya para ahli akan merekomendasikan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak dua hingga tiga liter setiap harinya.

Kapan Saat Yang Tepat Anda Harus Menemui Dokter?

Meskipun biasanya sakit ini akan sembuh dalam kurun waktu tiga hingga empat hari. Dan juga ada beberapa cara alami untuk menghilangkan sakit pada peradangan tersebut. Tetap saja anda harus memeriksakan ke dokter ketika sakit yang anda alami sudah melewati batas wajar.

Jika sakit tenggorokan yang anda tidak membaik selama lebih dari dua hari maka sudah saatnya anda membawa periksa ke dokter.

Selain itu jika sakit tenggorokan yang anda alami disertai dengan demam berhari-hari dan tidak mampu diredakan dengan berbagai obat maka anda juga harus segera membawa ke dokter untuk menghinari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi jika sakit tenggorokan yang sudah disertai dengan batuk yang mengeluarkan darah.  Oleh karenanya usahakan selama dalam waktu pengobatan untuk tidak banyak berteriak, makan manis, berminyak, dan obat kimia jenis apapun.

Baca Juga >> Cara Mengatasi Penyakit Tipes Secara Alami

Nah beberapa cara tersebut adalah informasi yang dapat kami berikan tentang solusi mengatasi sakit tenggorokan yang sering terjadi pada manusia. Jangan lupa untuk membiasakan pola hidup sehat agar tubuh tetap sehat dan dapat melakukan berbagai aktifitas.