Cara Mengobati Timbilen Dalam Semalam

cara-mengobati-timbilen-dalam-semalam
source : WikiHow

Cara Mengobati Timbilen Dalam Semalam bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun tetap saja anda harus mengetahui dahulu penyebab timbilan dan cara mengatasinya secara alami. Pasti malu rasanya jika bangun tidur terdapat bengkak di mata dan menyulitkan untuk melihat.

Pembengkakan pada mata pada umumnya disebut dengan timbilen. Nah, buat Anda yang sedang mengalami timbilen, berikut adalah penjelasanya dan semoga anda paham cara mengatasinya.

Penyebab Mata Timbilan

Hordeolum adalah nama ilmiah dari sakit timbilan. Adanya  infeksi atau pembengkakan kelenjar di tepi kelopak mata bagian atas dan bagian bawah inilah yang membuat mata timbilan. Pembengkakan kelenjar ini disebabkan oleh bakteri, biasanya oleh bakteri Staphylococcal (Staphylococcus aureus).

Timbilan bisa timbul pada satu atau lebih kelopak mata. Kelopak mata yang terkena timbilan meliputi kelenjar Meibom, kelenjar Zeis dan Moll.

Berdasarkan tempat tersebut, timbilan terbagi menjadi 2 jenis:

  1. Timbilan internal, terjadi pada kelenjar Meibom. Dalam benjolan timbilan internal ini mengarah ke konjungtiva (lapisan kelopak mata bagian dalam).
  2. Timbilan externa, terjadi di kelenjar getah bening Zeis dan Moll. Benjolan terlihat dari luar kulit luar kelopak mata (palpebra).

Gejala Mata Timbilan

Tanda timbilan sangat mudah dikenali yakni dengan adanya benjolan di kelopak mata. Sesekali terlihat bintik-bintik keputihan atau kekuningan disertai pembengkakan kelopak mata. Pada timbilan internal, benjolan akan tampak lebih jelas dengan kelopak mata.

Keluhan sering dirasakan oleh orang-orang timbilan yang menopang kelopak mata, nyeri dan rasa sakit saat melihat ke bawah. Terkadang mata berair dan peka terhadap cahaya. Timbilan bisa membentuk abses di kelopak mata dan patah dengan mengeluarkan nanah.

Gejala timbilan meliputi:

  1. Sakit dan bengkak
  2. Meningkatkan produksi air mata
  3. Kerak yang terbentuk di sekitar kelopak mata
  4. Nyeri
  5. Gatal

Baca Juga >> Cara Mengobati Kista Secara Tradisional

Cara Menyembuhkan Mata Timbilan

Secara umum timbilan bisa sembuh sendiri dalam 1-2 minggu. Tapi tidak jarang memerlukan perawatan khusus seperti obat topikal dengan salep antibiotik atau obat tetes mata yang dikombinasi dengan antibiotik oral.

Namun ada cara menghilangkan mata timbilan dalam semalam yakni dengan cara berikut ini :

 1. Kompres hangat selama sekitar 10-15 menit, 4 kali sehari.

Timbilan adalah benjolan merah, semacam jerawat, yang terbentuk di tepi luar kelopak mata. Kelopak mata Anda memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata.

Kulit mati, kotoran, atau penumpukan minyak bisa menyumbat atau memblok lubang kecil ini.

Bila kelenjar tersumbat, bakteri bisa tumbuh di dalam dan menyebabkan stadia berkembang. Itulah penyebab mata timbilen.

Cara mengobati timbilen di mata yang pertama adalah dengan mengkompres hangat bagian mata yang timbiln. Kompres adalah cara paling efektif untuk merawat mata.

Kehangatan membantu melarutkan nanah dan minyak sehingga timbilan bisa mengering secara alami.

Cara menghilangkan timbil di mata adalah dengan membasahi lap yang bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas.

Kompres dengan kain yang lembab tapi tidak menetes kemudian letakkan perlahan di atas mata Anda selama sekitar 5 sampai 10 menit. Jangan meremas atau mencoba menusuk timbilan. Anda bisa melakukan ini 3 sampai 4 kali setiap hari.

2. Bersihkan kelopak mata Anda dengan sabun dan air ringan

Cara mengobati mata timbilan yang kedua adalah dengan membersihkan kelopak mata dengan sabun. Pilihlah sabun bayi dan campurkan dengan sedikit air hangat.

penyebab-mata-timbilan
source : WikiHow

Gunakan untuk menyeka kelopak mata dengan menggunakan kapas atau lap bersih. Anda bisa melakukan ini setiap hari sampai timbilan hilang.

3. Gunakan kantung teh hangat

Jika tidak bisa menggunakan kompres kain hangat, Anda bisa menggunakan teh celup hangat sebagai cara menghilangkan timbilan di mata.

Teh hitam bekerja paling baik karena bisa membantu untuk mengurangi pembengkakan dan memiliki beberapa sifat antibakteri.

Rebuslah air dan letakkan teh celup di cangkirnya seolah-olah Anda sedang membuat teh untuk diminum. Biarkan teh menjadi dingin sekitar satu menit kemudian letakkan di atas matamu, lalu kompres di matamu sekitar 5 sampai 10 menit. Gunakan teh celup terpisah untuk setiap mata yang sakit.

4. Hindari penggunaan riasan lensa kontak

Hindari menggunakan riasan jika memiliki timbilan. Makeup bisa mengiritasi mata bahkan bisa menunda proses penyembuhan. Anda juga bisa mentransfer bakteri ke makeup dan menyebarkannya ke mata Anda yang lain.

Cucilah sikat yang bisa digunakan kembali secara teratur. Buang produk mata yang berumur lebih dari tiga bulan.

Jika Anda memakai lensa kontak, sementara gunakan saja kacamata sampai timbilan Anda sembuh. Bakteri dari timbilan bisa masuk ke kontak dan menyebarkan infeksi.

5. Gunakan salep antibiotik

Anda bisa membeli salep store over-the-counter di apotek untuk  mengobati timbilan. Untuk menggunakan salep ini, tarik tutup mata yang terkena dan oleskan sekitar seperempat inci salep di dalam kelopak mata.

Hindari menggunakan steroid topikal untuk timbilan Anda. Obat ini dapat menyebabkan efek samping. Pastikan bahwa setiap produk yang Anda gunakan dibuat untuk digunakan di mata.

6. Pijat daerah timbilan

Anda bisa memijat area timbilan dengan tisu. Pijat daerah yang terkena timbilan dengan lembut dan tangan yang bersih. Jaga  kebersihan area dan hindari menyentuh mata Anda. Berhenti memijat jika terasa sakit.

7. Dapatkan perawatan medis dari dokter Anda

Dokter Anda mungkin juga meresepkan krim antibiotik untuk infeksi. Untuk peradangan, dokter mungkin memberi Anda suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan.

Terkadang timbilan perlu diobati secara profesional, terutama jika bersifat internal atau mempengaruhi penglihatan Anda.

Gunakan Antibiotik topikal (salep, tetes mata), misalnya:

  1. Gentamycin
  2. Neomycin,
  3. Polimyxin B
  4. Chloramphenicol
  5. Dibekacin
  6. Asam fucidic

Bisa juga menggunakan antibiotik oral misalnya:

  1. Ampisilin
  2. Amoksisilin
  3. Eritromisin
  4. Doxycyclin

Antibiotik oral digunakan jika timbilan tidak menunjukkan perbaikan dengan antibiotik topikal. Obat ini diberikan selama 7-10 hari. Penggunaan dan pilihan antibiotik oral hanya berdasarkan rekomendasi dokter berdasarkan hasil uji.

Dosis antibiotik pada anak ditentukan oleh berat badan menurut masing-masing jenis antibiotik dan tingkat keparahan timbilan. Obat simtomatik (untuk mengurangi keluhan) dapat diberikan untuk mengurangi rasa sakit, misalnya: asetaminofen, asam mefenamat, ibuprofen, dan sejenisnya.

Demi proses penyembuhan

  1. Hindari-ucek menggosok atau menekan timbilan.
  2. Jangan menekan timbilan. Biarkan timbilan pecah dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan kain kasa steril saat mengeluarkan nanah atau cairan dari timbilan.
  3. Tutup mata saat membersihkan timbilan.
  4. Untuk sementara menghentikan penggunaan make-up mata.
  5. Lepas lensa kontak (lensa kontak) selama masa perawatan.
  6. Jauhkan wajah dan cuci tangan sebelum menyentuh wajah ke timbilan agar tidak mudah diulang.
  7. Usapkan kelopak mata dengan lembut menggunakan washlap hangat untuk membersihkan ekskresi kelenjar lemak.
  8. Jaga peralatan make-up mata untuk menghindari kontaminasi oleh kuman.
  9. Gunakan kacamata jika bepergian di daerah berdebu.

Baca Juga:

Demikian ulasan mengenai cara mengobati timbilen dalam semalam. Semoga bermanfaat.