Cara Menyembuhkan Maag Kronis

Cara-Menyembuhkan-Maag-Kronis
Source : WikiHow

Cara menyembuhkan maag kronis, judul artikel seperti ini cukup banyak di search orang yang sedang mengalami penyakit maag kronis. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan sebuah informasi tentang cara menyembuhkan maag kronis.

Penyakit maag yang dalam dunia kedokteran disebut dengan DISPEPSIA, penyakit ini cukup banyak di derita oleh kebanyakan orang terutama orang yang berkebiasaan hidup tidak sehat.

Penyakit ini terdapat pada lambung dimana kondisi ini terjadi karena adannya radang pada dinding lambung yang lama kelamaan menjadi pengikisan dinding lambung dan biasa disebut dengan tukak lambung.

Pengikisan dinding lambung ini memberikan rasa perih pada lambung atau rasa panas dari leher hingga bagian tengah perut.

Sebelum mencari cara mengatasi maag kronis sebaiknya adalah menentukan ciri-ciri maag kronis tersebut untuk mencari cara yang tepat sebagai metode penyembuhan. Agar ciri-ciri penyakit maag kronis dapat segera pulih dan sembuh.

Gejala-Gejala Sakit Maag Kronis

Untuk bisa memahami tanda-tanda maag kronis, di artikel ini penulis memberikan penjelasan tentang beberapa gejala sakit maag kronis. Beberapa gejalanya adalah ebagai berikut:

  1. Bagian perut terasa sakit, atau di bagian ulu hati.
  2. Sendawa yang terus menerus.
  3. Merasa mual-mual dan ingin muntah.
  4. Terlalu banyak sendawa terutama saat lapar.
  5. Lidah seperti dilapisi lendir dan nafas berbau bususk.
  6. Nafsu makan menurun.
  7. Wajah terlihat pucat.
  8. Mengeluarkan keringat dingin.
  9. Terasa pusing.
  10. Nyeri di perut sebah di bagian atas perut.
  11. Rasanya seperti terbakar atau panas yang tidak nyaman yang terdapat pada epigastrium.
  12. Terasa sudah kenyang meskipun baru makan sedikit.

Jika anda mengalami hal-hal seperti di atas, maka anda harus waspada dan segeralah mencari cara untuk melakukan tindak pengobatan yang tepat agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Cara Mengatasi Sakit Maag Kronis

Untuk menghindari hal-hal tersebut lebih parah, disini penulis akan berikan salah satu metode untuk menyembuhkan maag kronis salah satunya adalah melalui pengobatan herbal. Salah satu pengobatan maag kronis dengan jalan pengobatan herbal adalah sebagai berikut.

Cara yang pertama adalah menggunakan daun jambu biji sebagai bahan obat herbal. Bahan-bahannya sebagai berikut:

  • 9 lembar daun jambu biji.
  • 1,5 liter air.

Ambil 9 lembar daun jambu biji tersebut, lalu rebus dan aduk dengan 1,5 liter air sampai mendidih. Kemudian air rebusan itu anda minum 3 kali sehari. Jika anda konsisten dan secara teratur meminum air rebusan tersebut setiap hari, maka sakit maag tersebut akan berangsur hilang.

Cara yang kedua adalah menggunakan biji papaya dan daun papaya. Langkah langkah dan bahan-bahan adalah sebagai berikut:

Bahan-bahan:

  • 5 gram daun papaya.
  • 10 gram daun seruni putih.
  • 10 gram daun pegangan.
  • 5 gram kencur.
  • 5 gram sembung
  • Air matang.

Bersihkan semua bahan dengan air. Lalu haluskan dengan cara ditumbuk lalu tambahkan air matang kemudian minum saat sakit lambung menyerang.

Jika anda tidak ingin menggunakan bahan-bahan herbal di atas, penulis juga akan memberikan beberapa alternatif  buah yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati sakit maag kronis.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sakit Perut Pada Anak Dengan Mudah

Buah Untuk Sakit Maag Kronis

Di artikel ini penulis memberikan beberapa informasi tentang buah-uahan yang dapat membantu mengobati sakit maag kronis, buah-buah tersebut antara lain:

Buah-Untuk-Sakit-Maag-Kronis

1. Pepaya

Pepaya mengandung papain atau enzim propeolitik, zat tersebut dapat meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu karena kandungan asam asetat dan asam askorbatnya yang juga berfungsi sebagai obat penyakit maag.

2. Kelapa

Air kelapa mengandung banyak enzim bioaktif alami seperti katalase, dehidrogenase, asam fosfatase, diastase, peroxidase, dan RNA polimerase. Semua enzim yang terkandung dalam air kelapa ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Air kelapa merupakan salah satu obat alami yang benar-benar efektif untuk mengendalikan intensitas refluks asam yang bisa memicu penyakit maag. Minum air kelapa secara rutin dapat mencegah masalah maag dan penyakit pencernaan lainnya.

3. Mangga

Ternyata buah yang sangat tidak asing oleh masyarakat Indonesia karena banyak di budidayakan di kebun atau pekarangan pribadi ini selain mempunyai rasa yang enak dan manis. Mangga juga merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan juga kaya akan anti oksidan serta anti inflamasi/peradangan alami.

Mengonsumsi buah mangga dapat menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam berlebih.

4. Pisang

Buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus yang disebabkan oleh teksturnya yang lembut.

Selain itu, Pisang juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan ph di dalam lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah.

5. Semangka

Buah yang menyegarkan karena mengandung banyak air ini juga banyak mengandung citrulline asam amino, yaitu suau zat yang membantu tubuh dalam menciptakan amonia. Anomia berguna untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh kita.

Penulis juga akan memberikan penjelasan tentang bahaya dari penyakit maag akut, penyakit ini memang tidak boleh diremehkan karena selain memberikan rasa sakit yang menyiksa juga memberikan resiko kematian yang cukup tinggi terhadap pengidapnya. Oleh karena itu perlu untuk menangani penyakit ini dengan benar.

Baca Juga >> Cara Mengatasi Masuk Angin Duduk Secara Efektif

Beberapa akibat maag kronis seperti kematian dan beberapa komplikasi seperti:

Tumor Lambung

Luka didalam lambung yang terdapat pada dinding lambung dan apabila segera tidak ditangani maka akan berubah menjadi tumor. Dan salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah operasi.

Kangker

Sel tumor yang terbentuk lambat laun bisa berubah lagi menjadi sel kangker berbahaya. Bukan hanya kangker lambung, tetapi juga kangker esofagus atau kerongkongan.

Penyempitan esofagus

Akibat maag kronis selanjutnya adalah terjadinya penyempitan pada esophagus. Naiknya asam lambung kekerongkongan akan menimbulkan jaringan parut di kerongkongan dan jika terjadi terus menerus maka kerongkongan akan mengalami penyempitan.

Misalkan anda mengalami masalah dengan lambung atau mengidap maag akut, di artikel ini penulis juga memberikan beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dimakan dan menjadi pantangan maag kronis. Makanan yang menjadi pantangan maag kronis adalah sebagai berikut:

Makanan olahan

Contoh dari masakan olahan seperti: mie, pasta, mayonnaise, keju, dll

  • Sayuran mentah
  • Cabai
  • Makanan berlemak
  • Olahan Makanan yang mengandung gas
  • Makanan yang yang dapat memicu keluarnya asam lambung.

Contohnya adalah: wine, beer, cocktail, dan minuman alcohol lainnya.

Berapa Lama Maag Kronis Bisa Sembuh?

Untuk menjawab pertanyaan ini, masih belum bisa dipastikan untuk pulih dengan cepat atau tidak, karena kesembuhan orang juga tergantung dari orang itu sendiri.

Artikel Lainya:

Sekian dari penulis yang telah menyusun artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Terimaksih.