Berikut Cara Menyembuhkan Sembelit Dengan Cepat

Cara-Menyembuhkan-Sembelit-Dengan-Cepat
source : HealthXchange.sg

Cara menyembuhkan sembelit dengan cepat. Kebanyakan orang pasti sudah pernah mengalami keadaan sembelit atau susah buang air besar (BAB). Dan kondisi seperti ini sangatlah membuat tidak nyaman, baik itu secara fisik maupun psikologis.

Seseorang dengan sembelit cenderung mengalami tingkat emosi yang lebih tinggi serta keadaan sakit yang tak tertahankan.

Sembelit Adalah

Sembelit atau dalam bahasa kedokteran disebut konstipasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam mengeluarkan feses mereka.

Kebiasaan membuang air besar selalu dilakukan setiap hari. Namun ada beberapa orang yang melakukannya setiap dua kali sehari.

Dan seseorang akan dikatakan sedang mengalami penyakit sembelit apabila ia tidak buang air besar kurang dari tiga kali sehari.

Meskipun terbilang penyakit umum, namun hal ini tidak boleh dihiraukan. Karena apabila tidak sembuh dalam tiga minggu berturut-turut atau lebih, berarti Anda telah mengalami penyakit sembelit kronis.

Gejala Sembelit

Gejala seseorang yang terkena sembelit, ditunjukkan dengan:

#1 Perut terasa penuh – Mereka yang tengah mengalami sembelit akan merasa bahwa perut mereka penuh terisi. Bukan karena kembung oleh air atau angin, melainkan makanan yang ada dalam perut.

#2 Susah mengeluarkan feses – Feses dari seorang yang sembelit akan susah dikeluarkan. Dan apabila akan dikeluarkan, butuh tenaga yang lebih seperti mengejan.

#3 Bentuk feses kering dan mengeras – Seseorang yang sedang sembelit, feses mereka akan berbentuk lebih keras dari pada feses orang normal. Hal ini dikarenakan feses tersebut sudah lama berada dalam usus besar atau kekurangan cairan.

#4 BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu – Normalnya seseorang buang air besar ialah satu hari sekali, namun ada juga yang dua kali sehari. Dan apabila ia kurang dari tiga kali dalam seminggu, maka dipastikan bahwa ia sedang mengalami sembelit.

#5 Merasa ada sisa dalam dubur meskipun feses sudah dikeluarkan – Ketika sudah mengeluarkan feses, mereka masih merasa bahwa di dalam usus besar masih ada sisa yang belum keluar. Dan bagi mereka yang tidak puas, biasa mengeluarkan feses tersebut dengan bantuan jari mereka.

Baca Juga >> Cara Menghilangkan Kolesterol Secara Alami

Sebab Sembelit

Sembelit disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain:

sembelit disebabkan oleh
source : TheHealthSite.com

1. Kurangnya Konsumsi Air

Secara umum, sembelit atau konstipasi disebabkan oleh konsumsi air yang tidak cukup. Kebutuhan air setiap manusia berbeda-beda.

Namun secara umum, manusia membutuhkan asupan air minimal 1,5 hingga 2 liter per hari atau sekitar 8 sampai 10 gelar dalam sehari.

Selain untuk menghindari dehidrasi dan penyakit lain, air juga berfungsi agar saat penyerapan di dalam usus besar, feses tidak cepat mengeras. Oleh sebab itu bila seseorang kurang minum air, maka ia mudah terkena sembelit.

2. Kurangnya konsumsi serat

Makanan penyebab penyakit sembelit ialah makanan yang tidak banyak kandungan seratnya. Serat merupakan suatu zat yang tidak mudah untuk dicerna.

Dengan mengonsumsi cukup serat, penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak akan berlangsung lebih cepat. Terutama saat makanan sampai di usus besar.

Ketika makanan yang kita makan tinggi akan serat, maka usus besar tidak akan cepat-cepat melakukan penyerapan. Akibatnya feses yang keluar nanti tidak akan mengering dan mengeras.

3. Stres

Keadaan stres yang dialami seseorang dapat mengganggu kondisi tubuhnya, seperti hormon dan lain-lain. Hormon yang berpengaruh yaitu hormon progesteron atau hormon seks.

Hormon ini akan membuat susah sembelit pada saat menstruasi dan masa kehamilan.

4. Hamil

Penyebab sembelit pada ibu hamil dikarenakan oleh beberapa hal, seperti rahim yang semakin membesar, suplemen zat besi yang tidak diserap dengan baik, dll.

Semua kondisi tersebut akan mempengaruhi aktivitas kerja sistem pencernaan dan akibatnya akan membuat susah buang air besar.

5. Penyempitan usus

Bagi seseorang yang memiliki usus yang sempit atau kondisi yang mengakibatkan usus mereka menyempit, maka penyakit sembelit akan lebih sering mendatangi mereka.

6. Kanker usus besar

Seseorang yang memiliki penyakit kanker usus besar, akan membuat kinerja dari usus besar menjadi terganggu.

Sebagaimana fungsi dari usus besar ialah untuk menyerap nutrisi makanan yang sudah sampai di usus besar. Apabila fungsi tersebut terganggu. Misalnya menyebabkan usus besar bergerak lebih cepat, maka feses akan cepat mengering atau mengeras. Akibatnya ialah akan terjadi sembelit atau konstipasi.

Cara Mengatasi Sembelit Dengan Cepat

Berikut cara mengatasi perut sembelit yang mudah Anda lakukan, antara lain:

sembelit atau konstipasi disebabkan oleh

1. Minum segelas air hangat ditambah perasan jeruk setiap pagi

Salah satu cara alami mengatasi sembelit ialah dengan meminum segelas air hangat ditambah perasan air jeruk di pagi hari. Perlu diketahui bahwa dengan meminumnya akan membuat konstraksi dalam perut yang membuat kita akan mengeluarkan feses di pagi hari.

Hal ini berkaitan dengan kandungan jeruk serta air hangat yang dapat mengencerkan feses serta konstraksi perut.

2. Konsumsi air lebih banyak

Fungsi air selain untuk melancarkan saluran darah, juga berfungsi untuk memberikan asupan air di dalam usus besar. Sehingga feses yang tadinya mengeras dapat terbantu oleh air yang kita minum dengan cukup tersebut.

Dan apabila kita malah tidak memperhatikan asupan air, maka bisa jadi feses kita tambah mengeras. Akibatnya, akan lebih sakit lagi saat akan dikeluarkan. Selain itu, dengan mengonsumsi air yang teratur dan cukup adalah salah satu cara mencegah sembelit datang.

3. Mengonsumsi makanan berserat tinggi

Untuk mengatasi anak sembelit kita bisa memberikannya asupan makanan yang mengandung serat yang lebih banyak. Karena cara ini sangat mudah untuk diberikan kepada anak.

Yaitu dengan memberikannya buah kesukaan yang mengandung banyak serat. Seperti pisang, alpukat, mangga, dll. Serat yang ada dalam tubuh akan membantu memperlambat proses pencernaan.

Sehingga penyerapan nutrisi yang dilakukan baik itu di lambung maupun usus tidak terlalu cepat. Oleh sebab itu, feses dapat keluar dengan lebih nyaman.

4. Menggunakan obat sembelit

Salah satu cara tercepat lainnya ialah dengan menggunakan obat yang sesuai resep dokter atau bertanya di apotek terdekat. Obat yang digunakan bisa berupa obat minum atau obat fisik yang dimasukkan langsung ke dalam dubur.

Untuk menggunakan obat tersebut, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu kepada dokter. Atau perawat yang sudah terkenal keahliannya dalam mengatasi masalah penyakit.

Itulah penyebab sembelit dan cara mengatasinya yang bisa Anda praktekan di rumah. Apabila Anda mencari cara mengatasi sembelit saat hamil dan cara mengatasi sembelit pada balita, bisa menggunakan cara di atas.

Baca Juga >> Tips Baru! Cara Mengatasi BAB Keras Saat Hamil

Karena cara yang telah saya sebutkan tersebut alami dan mudah serta tidak memberikan efek-efek yang tidak di harapkan. Dan perlu Anda ketahui bahwa meskipun penyakit konstipasi umum dialami oleh semua orang. Baik itu balita hingga orang tua, namun jangan pernah dihiraukan.

Karena jika penyakit sembelit yang berlangsung lama dapat mengakibatkan penyakit sembelit kronis, tentu hal ini akan lebih berbahaya.