Cara Menyembuhkan Skoliosis dengan Terapi yang Tepat dan Aman

Cara-Menyembuhkan-Skoliosis
image: www.harnas.co

Cara menyembuhkan skoliosis bisa Anda lakukan sendiri ataupun dengan bantuan tenaga kesehatan. Untuk pengertiannya sendiri, skoliosis merupakan penyakit tulang yang menyerang tulang belakang.

Akibatnya, tulang belakang akan membengkok ke samping secara abnormal. Skoliosis juga merupakan salah satu dari tiga kelainan tulang belakang seperti lordosis dan kifosis.

Skoliosis ringan bisa terjadi pada remaja di bawah usia 20 tahun. Kendati begitu, tak jarang orang dewasa juga bisa terkena kelainan tulang ini.

Faktor Terjadinya Skoliosis

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya skoliosis. Antara lain:

  1. Skoliosis idiopatik. Skoliosis jenis ini merupakan penyebab skoliosis dengan persentase paling besar. Tanpa dipengaruhi usia ataupun sikap tubuh, Anda bisa saja terkena kelainan ini. Karena di sini, yang memegang peranan penting adalah keluarga. Atau dengan kata lain, skoliosis turunan.
  2. Skoliosis kongenital. Nama lain skoliosis ini adalah skoliosis bawaan. Maksudnya, skoliosis ini bisa saja menimpa Anda atau orang lain yang ketika di dalam kandungan terjadi kelainan pertumbuhan tulang belakang.
  3. Skoliosis degeneratif. Sesuai namanya, skoliosis jenis ini biasanya menimpa Anda uang berusia dewasa karena pertambahan usia sehingga kepadatan tulang mulai melemah. Skoliosis jenis ini erat kaitannya dengan osteoporosis dan penyakit parkinson.

Baca Juga >> Cara Mengatasi Konstipasi Pada Ibu Hamil

Diagnosis Dini Skoliosis

Ketika Anda mulai merasakan adanya sesuatu yang tidak beres pada diri Anda, terutama tulang belakang Anda, penting untuk melakukan diagnosis dini. Di beberapa kasus, skoliosis bisa mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan bernapas atau nyeri di sekitar dada. Hal itu karena adanya ketimpangan antara sisi kanan dan sisi kiri badan.

Ciri-ciri skoliosis bisa Anda amati sendiri ketika Anda merasa jika bahu Anda mulai terasa timpang atau tinggi sebelah. Atau kalau tidak, Anda merasa jika kaki Anda mulai berbeda panjangnya. Dari ciri-ciri di atas, boleh jadi Anda terkena skoliosis atau tidak.

Jika Anda mulai merasakan gejala skoliosis, ada baiknya melakukan pemeriksaan menyeluruh pada dokter yang terpercaya. Nanti, akan dilaksanakan pemeriksaan yang cukup kompleks terkait tulang punggung, bahu atau pinggul Anda.

Anda juga bisa meminta pemeriksaan X-ray untuk diagnosa pasti. Kalaupun nantinya dinilai skoliosis yang cukup kompleks dan parah, Anda bisa disarankan untuk pemeriksaan CT Scan atau MRI.

Mulailah Terapi Skoliosis

Untuk terapinya sendiri, skoliosis akan dibedakan tergantung pada usia, jenis kelamin, derajat keparahan, dan pola lengkungan. Umumnya, terapi skoliosis adalah sebagai berikut:

  1. Terapi ini akan memakan waktu cukup lama berkisar tiga sampai enam bulan tergantung pada usia penderita. Kalau hanya pada anak-anak, terapi ini sangat berguna dan termasuk efektif. Anda jelas tahu sendiri jika tulang anak-anak masih akan mengalami pertumbuhan.
  2. Alat bantu. Alat bantu berbentuk penyangga ini mayoritas diberikan kepada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Cara ini dinilai termasuk cara menyembuhkan skoliosis dengan aman.
  3. Terapi Oral. Pengobatan skoliosis dengan obat golongan analgesik digunakan pada skoliosis parah. Bisa juga diberi lewat injeksi walau tidak akan bertahan lama.
  4. Olahraga dan fisioterapi. Jika Anda tidak ingin berakhir dengan zat kimia, Anda bisa mencoba terapi skoliosis sendiri dengan berolahraga. Ditambah pemilihan ahli fisioterapi yang tepat, tulang Anda akan cepat kembali lentur sehingga mudah untuk kembali normal.
  5. Yang terakhir, cara mengatasi skoliosis adalah biasakan selalu duduk dengan posisi yang benar. Posisi tidur yang baik untuk penderita skoliosis adalah dengan menyesuaikan berdasarkan bentuk skoliosis Anda. Bisa ditambahkan ganjal handuk atau bantal jika merasa kesulitan dan nyeri.

Baca Juga >> Cara Untuk Menghilangkan Keloid Secara Efektif

Uraian di atas adalah cara menyembuhkan skoliosis dengan terapi yang tepat dan aman. Begitu banyak pilihan yang bisa Anda ambil. Ada satu syarat mutlak berhasilnya terapi tersebut. Niat dan semangat. Percayalah, skoliosis bisa sembuh.