Kenali Cara Mudah Mengobati Wasir Secara Efektif

cara-mudah-mengobati-wasir
source : WikiHow

Cara mudah mengobati wasir bisa anda simak dalam ulasan kali ini meliputi pengertian, tanda-tandanya serta penjelasan lainnya yang belum anda ketahui. Secara umum wasir adalah penyakit yang sering dialami oleh masyarakat.

Namun bila penyakit tersebut tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan rasa sakit, maka masyarakat lebih memilih untuk tidak mengatakannya kepada siapapun.

Beda halnya bila sakit tersebut menghasilkan gejala yang berupa nyeri dan lain sebagainya. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan wasir.

Daftar Isi

Pengertian Wasir

Wasir atau ambeien atau dalam bahasa medis dikenal dengan hemoroid merupakan pembengkakan yang terjadi daerah bokong yaitu di dalam anus atau rektum.

Pembengkakan tersebut berisi pembuluh darah yang dapat membesar bila penyakit tersbeut semakin parah. Pembuluh darah yang membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat disebut sebagai hemoroid internal.

Sedangkan pembeluh yang membengkak di luar anus (di dekat lubang anus) dan terasa nyeri disebut sebagai hemoroid eksternal.

cara mengobati wasir secara alami
source : WikiHow

Tanda-tanda Wasir

Secara umum, wasir adalah penyakit yang ringan dan jarang menimbulkan gejala. Berikut ciri-ciri penyakit wasir yang biasa terjadi:

  • Adanya benjolan yang tergantung di luar anus. Biasanya seseorang yang terkena wasir, akan mendorong benjolan tersebut kembali ke dalam setiap selesai buang air besar.
  • Pembengkakan pada bejolan dan sekitarnya serta teranya nyeri dan kemerahan bila wasirnya sudah parah.
  • Terasa gatal-gatal di sekitar anus. Rasa gatal ini disebabkan oleh adanya bakteri disekitar anus, karena saat membersihkan diri saat buang air besar tidak bersih. Hal ini dipengaruhi oleh benjolan yang menghalangi saat anus akan dibersihkan.
  • Terdapat lendir setiap selesai buang air besar.
  • Diikuti dengan pendarahan yang berwaran merah terang setelah buang air besar. Dan untuk ciri wasir yang satu ini menandakan bahwa sakit wasir sudah sangat parah.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Bayi

Penyebab Wasir

Bahaya wasir ini masih belum diketahui lebih jelas penyebabnya. Namun, penyakit ini dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah yang berada di sekitar anus atau rektum.

Dan peningkatan tekanan darah tersbeut dipicu oleh terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi merupakan penyebab utama kenapa seseorang harus mengejan saat buang air besar. Berikut beberapa hal yang menjadi risiko terkena hemoroid:

#1 Riwayat penyakit

Seseorang yang memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid, maka ia memiliki risiko lebih besar terkena wasir dari pada yang tidak punya.

#2 Obesitas

Kelebihan berat badan cenderung memiliki kebiasaan makan yang berlebihan dan memiliki kesulitan untuk melakukan buang air besar atau konstipasi.

Akibat inilah, seorang yang obesitas memiliki risiko terkena wasir. Selain itu, karena beban tubuh yang berat juga dapat membuat tekanan darah di sekitar anus meningkat.

#3 Usia

Bagi seorang yang sudah berumur, tubuh mereka sudah mulai melemah dan tidak sekuat dulu waktu masih muda. Hal ini yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah, akibatnya tekanan di sekitar anus menjadi lebih tinggi.

#4 Aktivitas mengangkat benda

Saat seseorang mengangkat sebuah benda yang berat, tubuh bagian bawah akan memiliki bebab yang lebih berat. Hal ini juga yang menjadi faktor risiko seseorang terkena wasir.

#5 Kondisi hamil

Seseorang yang hamil, memiliki beban ganda yaitu dirinya dan bayi yang dikandungnya. Apalagi seorang ibu hamil yang bertambah gemuk karena konsumsi makanan yang lebih efek dari hamil. Dengan bertambahnya beban tubuh, maka tubuh bagian bawah juga akan memiliki beban yang lebih besar.

#6 Sering duduk dalam waktu lama

Duduk juga dapat meingkatkan tekanan darah di daerah anus meningkat. Hal ini dikarenakan, saat kita sedang duduk, semua beban badan akan ditopang oleh dubur. Dan apabila kita terlalu lama duduk, maka bisa memicu terjadinya penyakit wasir.

#7 Batuk

Batuk yang parah yang mengakibatkan Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengeluarkan ketidak nyamanan di tenggorokan juga dapat memicu risiko wasir.

#8 Sering melakukan hubungan seks melalui anus

Mereka yang sering melakukan hubungan seks melalui anus dapat meningkatkan risiko terkena wasir lebih besar. Bagaimana tidak? Aktivitas seks jenis ini akan menekan anus dan membuat tekanan pada pembuluh darah di daerah anus menjadi lebih tinggi.

Cara Mengobati Wasir

Anda yang memiliki penyakit ini tidak perlu khawatir, karena wasir bisa sembuh. Cara mengempeskan benjolan wasir selain dengan jalan operasi juga bisa secara alami.

cara menyembuhkan wasir secara alami
source : wikihow

Cara mengobati wasir secara alami dapat dilakukan dengan melakukan gaya hidup sehat, sebagai berikut:

1. Konsumsi air putih secara teratur

Air putih adalah sumber kehidupan yang memiliki fungsi sangat banyak bagi kesehatan manusia. Dengan mengonsumsi air secara teratur, kesehatan manusia dapat berlangsung secara stabil serta terhindar dari penyakit-penyakit kronik maupun penyakit lainnya.

Normalnya, dalam sehari manusia membutuhkan asupan air sekitar 1,5 hingga 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari. Bila Anda mengonsumsi air dengan teratur, maka tubuh Anda akan berfungsi secara maksimal, begitu juga untuk menyembuhkan semua kerusakan tubuh seperti wasir.

2. Menambah asupan serat

Cara mengecilkan benjolan wasir secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat berfungsi untuk memperlambah sistem pencernaan.

Dengan asupan ini, Anda akan terhindar dari konstipasi. Dan bila Anda tidak mengalami konstipasi, maka tekanan darah pada pembuluh darah di area anus akan berkurang. Akibatnya, benjolan wasir menjadi mengecil.

3. Olahraga secara teratur

Hidup sehat selain dengan mengonsumsi makanan bernutrisi juga diseimbangkan dengan olahraga yang teratur, minimal 3 kali dalam seminggu.

Aktivitas ini dapat melatih organ tubuh untuk berfungsi dengan sehat. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat dan melakukan proses perbaikan untuk menunjang kesehatan tubuh Anda, seperti menyembuhkan penyakit wasir.

4. Tidak menunda untuk buang air besar

Bila Anda memiliki penyakit wasir, maka hindari menunda-nunda buang air besar. Karena hal ini dapat memperparah wasir Anda. Hal ini juga merupakan cara menyembuhkan wasir secara alami.

Bila Anda berusaha untuk tidak menunda buang air besar serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi dan minum air yang teratur, wasir Anda dapat sembuh tanpa operasi.

5. Konsumsi Buah-buahan pereda wasir

Salah satu pengobatan wasir tanpa operasi yang bisa dilakukan ialah dengan mengonsumsi tumbuhan, seperti Daun ungu, kulit manggis, lidah buaya, daun sirsak, tanaman enceng gondok, Bunga pagoda, dll.

6. Menghindari obat-obatan penyebab konstipasi

Obat-obatan yang dimaksud ialah obat-obatan yang dapat menyebabkan konstipasi atau susah buang air besar, seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Bila Anda mengonsumsi obat jenis ini, maka Anda akan mengalami konstipasi dan membuat tekanan darah di area anus meningkat. Akibatnya, wasir Anda akan tambah parah.

Pantangan Wasir

Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita wasir. Karena makanan ini dapat memperparah penyakit wasir, antara lain: makanan kurang serat, makanan pedas, makanan bersoda, dan lain sebagainya.

Selain makanan, ada beberap aktivitas yang juga harus dihindari, yaitu aktivitas berat, banyak mengeda, dan seks melalui anal.

Baca Juga >> Pengobatan dan Penyebab Kanker Tiroid

Semoga dengan informasi di atas dapat menambah ilmu kesehatan terutama ilmu tentang wasir, baik itu pengertian, penyebab, maupun cara mengobatinya.