Cara Untuk Menghilangkan Keloid Secara Efektif

Cara-Untuk-Menghilangkan-Keloid
image: wikihow

Cara menghilangkan keloid dengan cepat dan efektif bisa dilakukan sendiri. Memang tidak semua luka dapat sembuh sepenuhnya, ada juga luka yang menimbulkan bekas pernamen dan sulit untuk dihilangkan.

Keloid termasuk bekas luka yang tidak bisa hilang. Namun, Keloid bukanlah suatu penyakit, tetapi Keloid ini tidak ada cara alami untuk menghilangkannya. Karena itu banyak yang membiarkannya begitu saja. Namun sebenarnya

Luka Yang Akan Menimbulkan Keloid

Tidak semua luka akan menjadi Keloid. Luka yang akan beresiko terjadinya Keloid antara lain:

  1. Jerawat
  2. Luka bakar
  3. Bekas cacar
  4. Lubang tindikan
  5. Luka goresan benda tajam
  6. Bekas jahitan luka akibat kecelakaan atau operasi
  7. Bekas suntikan vaksin

Baca Juga >> Cara Mengatasi Konstipasi Pada Ibu Hamil

Cara Menghilangkan Keloid

Keloid pada dasarnya tidak mengakibatkan dampak buruk apapun, namun terkadang hal yang mengganggu munculnya keloid gatal disekitar bekas luka. Tetapi dalam hal penampilan keberadaan kelod cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya dengan mengunjungi dokter kulit, kecantikan atau bedah plastik.

Di bawah ini adalah langkah yang digunakan para dokter untuk cara menghilangkan keloid yang sudah lama :

1. Metode suntikan cortison

Cara menyembuhkan keloid yang paling murah adalah dengan suntikan cortisone. Dengan suntikan cortisone secara rutin, dapat membuat keloid mengecil secara perlahan hingga hilang sama sekali. Suntikan ini mempunyai kelemahan yaitu bekas luka tetap mencolok sebab kulit yang telah disuntik akan terlihat kasar.

2. Laser

Saat ini lase menjadi primadona dalam dunia kecantikan. Bahkan laser juga dapat dijadikan cara menghilangkan keloid dengan cepat, serta dapat memilimalisir keloid gatal sekalipun. Hasil dari cara mengobati keloid dengan laser cukup memuaskan. Hal ini sebanding dengan tarif biaya untuk laser.

3. Crytotherapy

Cara menyembuhkan keloid dengan crytotherapy cukup aman dan mudah. Cari dilakukan dengan menggunkan cairan nitrogen yang akan meratakan keloid. Sayangnya crytotherapy terdapat kekurangan, yaitu meskipun bekas luka menghilang tetapi bekas luka akan berubah menjadi gelap.

4. Interferon

Interferon adalah cara menyembuhkan keloid terbaru. Cara ini masih dalam tahap penelitian. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa teknik suntikan interferon ini dapat mengurangi ukuran keloid. Karena teknik ini belum bisa terbukti dengan nyata, suntikan interferon dikombinasi dengan penggunaan imiquimod tropikal.

Imiquimod tropikal adalah sejenis salep penghilang keloid dari produk aldara. Salep ini dapat merangsang kulit yang nantinya dapat menghasilkan interferon.

5. Menggunakan salep

Saat berkonsultasi dengan dokter tentang cara menghilangkan keloid, akan diberikan beberapa pilihan antara terapi atau obat. Jika pasien tidak bersedia untuk terapy, akan diberi resep yang akan menghilangkqn keloid. Biasanya obat untuk keloid berbentuk salep.

Tetapi ada beberapa salep yang diperjual belikan dengan bebas dan tidak. Untuk salep yang diperjualbelikan secara bebas, biasanya sering dijumpai di berbagai macam apotek. Sedangkan salep yang tidak diperjualbelikan adalah salep khusus yang penggunaannya harus berada dalam pengawasan dokter.

Bagi yang malas pergi ke dokter untuk mengobati keloid, dapat membeli obat untuk keloid. Para apoteker yang mengetaruhi berbagai macam obat, secara sigap akan langsung mengetahui jenis salep keloid yang manjur. Bahkan apoteker juga dapat mengetahui cara mengobati keloid yang gatal.

Baca Juga >> Cara Mengobati Lipoma Dengan Bahan Dapur

Semoga cara menghilangkan keloid dengan cepat dan tepat dapat bermanfaat. Cara diatas bisa dijadikan referensi bagi yang mempunyai keloid dan ingin menghilangkannya.

Tujuan dari menghilangkan keloid selain untuk mengembalikan bentuk kulit seperti semula, juga dapat membuat lebih percaya diri. Cara menghilangkan keloid dengan tepat juga harus disertai dengan menjaga kesehatan kulit.