Daftar Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

makanan-rendah-kalori-yang-mengenyangkan

Makanan adalah sumber kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh, tanpa makanan maka tubuh akan menjadi lemas dan lunglai. Namun banyak makan juga akan membuat tubuh menjadi gemuk. Solusinya adalah makanan rendah kalori yang mengenyangkan.

Asupan gizi harus selalu masuk ke dalam tubuh setiap hari, kekurangan gizi bisa membuat tubuh menjadi lemas dan berujung pada penyakit.

Makanan yang Berkalori Rendah

1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan rendah kalori. Selain memiliki kandungan protein dan gizi yang tinggi, rupanya telur juga rendah kalori.

Telur memiliki kandungan 9 asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh. Asam amino ini sangat penting untuk tubuh, sebab sebagai pemicu pelepasan dalam usus.

Akibatnya rasa lapar akan tertekan dan menyebabkan kenyang lebih lama. Pengolahan telur dapat diolah dengan cara merebus dan menggoreng.

Namun bila ingin menggoreng, maka gunakanlah minyak zaitun agar kandungannya tetap utuh, selain itu tetap menjadi menu makanan rendah kalori.

Mengkonsumsi telur lebih baik daripada mengkonsumsi roti. Telur ini juga baik dijadikan sebagai menu sarapan.

2. Kentang

Kentang sendiri sedari dulu sudah dijadikan sebagai makanan pengganti, sebab kentang adalah makanan kalori rendah. Konsumsi kentang juga tidak akan membuat badan menjadi gemuk. Sebab kandungan kalori yang ada di dalam kentang cukup rendah.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam kentang antara lain adalah vitamin A, B Kompleks, C, niasin, tiamin, zat besi, asam folat dan lain-lain.

Ada pula zat flavonoid yang merupakan senyawa anti kanker. Olahan kentang dapat digabungkan dengan berbagai macam masakan. Kentang adalah sayuran rendah kalori.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan minuman rendah kalori, yoghurt sendiri adalah hasil olahan susu yang difermentasikan, berkat dari proses fermentasi ini kandungan protein di dalam yoghurt menjadi tinggi. Bahkan kandungan protein di dalam yoghurt 2 kali lipat lebih tinggi daripada susu.

Yoghurt juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu. Konsumsi yoghurt secara rutin dapat melancarkan pencernaan dan membuat badan menjadi segar. Anda dapat mencoba meminum minuman yang lezat ini ketika sedang kehausan.

4. Kacang merah

Kacang merah merupakan jenis kacang yang belakangan ini populer, banyak yang menyukai kacang-kacangan ini ternyata. Konsumsi kacang merah dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Kacang merah yang merupakan makanan berkalori rendah juga dapat melancarkan pencernaan sebab kandungan seratnya yang tinggi. Kacang merah memiliki kandungan vitamin antara lain vitamin A, B6, kalsium, magnesium, protein, natrium, lemak, zat besi dan karbohidrat.

Umunya kacang merah digunakan sebagai bahan pelengkap untuk es, sup dan macam-macam minuman lainnya. Mengkonsumsi sup kacang merah berarti mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori rendah.

Baca Juga >> Makanan yang Banyak Mengandung Karbohidrat

Buah yang Rendah Kalori

buah-yang-rendah-kalori

1. Apel

Apel dikenal sebagai makanan alternatif untuk yang sedang menjalani diet, di dalam sebuah apel ada kandungan pektin. Pektin sendiri mampu memperlambat proses pencernaan di dalam perut, hasilnya perut menjadi kenyang lebih lama.

Apel ini masuk dalam daftar makanan rendah kalori yang mengenyangkan sebab kandungan karbohidrat di dalam apel mampu menyuplai kebutuhan tubuh dan jumlah kalorinya juga sedikit.

2. Berry

Berry ini ada banyak jenisnya, ada blueberry, strawberry dan mulberry. Dalam 100 gramnya bisa mencapai 14 hingga 21 gram karbohidrat sederhana.

Berry juga dikatakan mampu menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Pigmen dan vitamin yang tinggi dalam berry sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga >> Rekomendasi Minuman dan Makanan dengan Protein Tinggi

Selain berry dan apel, pepaya juga memiliki kandungan kalori yang rendah. Itu tadi adalah macam-macam makanan rendah kalori yang mengenyangkan yang dapat Anda coba untuk dimakan. Kalau Anda sedang menjalankan program diet, maka makanan yang sudah disebutkan tadi bisa menjadi daftar rekomendasi.