Penjelasan Tentang Inseminasi Buatan Pada Manusia

Apa-yang-dimaksud-inseminasi
image : suarakita org

Inseminsi buatan pada manusia bisa menjadi solusi untuk pasangan sumi istri yang sulit memiliki keturunan. Selain bayi tabung yang bisa menggunakan teknologi adalah inseminasi. Susahnya keturunan ini bisa disebabkan oleh ketidaksuburan suami istri.

Dengan bantuan teknologi yang semakin canggih akhirnya muncullah inseminasi. Apa yang dimaksud inseminasi mungkin akan muncul di benak pasangan suami istri. Biasanya yang terkenal bayi tabung.

Arti Inseminasi merupaka suatu program kehamilan yang dilakukan dengan cara memasukkan sel sperma menggunakan kateter ke posisi sel telur yang paling dekat.

Hal ini memang dilakukan secara medis, tapi tetap ada syarat agar Insemasi berhasil. Untuk itu dibutuhkan berbagai pesiapan sebelum menjalankan inseminasi. Lebih detailnya akan di jelaskan pada sub judul selanjutnya.

Untuk anda yang sudah memahami pengertian Inseminasi mungkin bisa menjadi lebih yakin lagi. Apalagi untuk suami istri yang susah lama menginginkan buah hati.

Program Inseminasi buatan pada manusia ini juga tidak dapat dilakukan oleh semua pasangan suami istri. Jika memang memenuhi syarat kemungkinan besar inseminasi bisa dilakukan dan berhasil. Hal ini juga berkaitan degan biaya yang akan di gunakan.

Pesiapan Inseminasi Agar Berhasil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebelum psangan suami istri memutuskan untuk melakukan Inseminsi buatan pada manusia harus melakukan beberapa persiapan. Berikut inilah berbagai pesiapan yag harus dilakukan.

Inseminsi-buatan-pada-manusia
image : amazine co

# Melakukan pemeriksaan medis.

pesiapan Iseminasi agar berhasil harus melakukan pemeriksaan medis pasangan suami istri. Untuk wanita yang terkena penyakit kista, endometriosis dan PSCOS akan mendapatkan perawatan khusus. Baru setelah penyakitnya hilang dan sel telur siap dibuahi akan dilakukan inseminasi.

# Insmeinasi menggunakan obat kesuburan.

Adanya obat kesuburan ini akan mndororng folikel pada ovarium untuk mendapatkan sel telur yang siap untuk dibuahi. Untuk wanita yang masih mengalami masalah pada sel telur akan di beri suntikan hCG.

# Konsumsi buah sehat

Tingkat Keberhasilan Insemninasi juga dipengaruhi oleh kesehatan pasangan suami istri. Jika keduanya sehat tentunya akan mendukung kesehatan sel telur dan juga sperma. Buah yang baik dikonsumsi yaitu apel, jeruk, tomat, kiwi dan buah lainnya.

# Konsumis asam folat

Syarat Inseminasi Berhasil yaitu mengkonsumsi asam folat. Adanya asam folat ini akan mendukung kesehatan saat masa hamil. Hal ini dilakukan jika insmeinasi telah berhasil. Selain itu konsumsi asam folat juga dilakukan oleh suami agar mendaptkan janin yang sehat dan tida cacat.

Baca Juga >> Penyebab Penyakit Autoimun Secara Detail

Bedanya Bayi Tabung Dan Inseminasi

Sama-sama tujuannya tapi berbeda prosesnya, itulah gambaran dari bayi tabung dan juga inseminasi buatan. Untuk lebih jelasnya mengenai Perbedaan Inseminasi Dan Bayi Tabung bisa anda simak pada pargraf selanjutnya.

Program bayi tabung dengan cara megambil sel telur dan sel sperma dan dilakukan pembuahan di luar tubuh. Biasanya dilakukan di cawan petri.

Setelah pembuahan berhasil dan menjadi embrio barulah dimasukkan dalam rahim ibu agar lebih berkembang sempurna. Prosesnya lebih kompleks dibandingkan dengan inseminasi.

Sedangkan pada inseminasi yaitu pemilihan sel sperma yang bagus unuk di masukkan dalam sel telur dengan kateter. Setelah itu menunggu dua minggu untuk di periksakan kembali apakah insemninasi berhasil atau tidak.

Untuk program bayi tabung diajurkan pada wanita yang memiliki tuba fallopi tersumbat, pria dengan sperma rendah, da usia produksi yang sudah lanjut.

Inseminsi buatan pada manusia jika dibandingkan dengan bayi tabung tentulah memiliki kelebihan dan juga kelemahan masing-masing.

Baca Juga >> Proses Bayi Tabung Beserta Gambarnya Lengkap

Menurut data medis yang dilakukan oleh Amerika Serikat menunjukkan bahwa program bayi tabung lebih berhasil dibandingkan dengan program inseminasi buatan. Tapi, biaya yang di perlukan juga cukup mahal.

Untuk memutuskan menggunakan program bayi tabung atau inseminasi bisa di konsultasikan dengan dokter ahli kandugan yang sudah berpengalaman.