Jari Tangan Sering Kebas? Berikut Adalah Cara Mengatasinya

jari-tangan-sering-kebas

Apakah Anda pernah merasa  jari tangan sering kebas? Apakah penyebab jari tangan tiba-tiba menjadi kebas demikian? Tidak perlu khawatir, berikut adalah cara mengatasi kebas pada jari atau anggota tubuh Anda lainnya.

Apa Itu Kebas?

Kebas artinya adalah bagian tubuh yang tiba-tiba mati rasa. Kebas bisa menyebabkan kesemutan seolah-olah apabila ada seseorang menyentuh jemari Anda, Anda seperti disentuh dengan jarum.

Terkadang, ujung jari kebas sensasinya seperti terasa sedikit terbakar. Selain itu, kebas jari tangan bisa mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengangkat benda. Anda mungkin merasa canggung dan seolah-olah Anda kehilangan kekuatan di tangan Anda.

Rasa kebas kadang-kadang bisa mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan tugas sehari-hari. Apapun gejalanya, maka apabila tangan terasa kebas, Anda harus bisa mengatasinya.

Penyebab Kebas Pada Tangan

Saraf di tubuh Anda bertanggung jawab untuk mentransmisikan pesan ke dan dari otak Anda. Jika saraf dikompres, rusak, atau teriritasi, maka kebas bisa terjadi. Contoh kondisi yang diketahui menyebabkan kebas antara lain:

kebas artinya

#1 Carpal Tunnel Syndrome

Kondisi ini terjadi ketika saraf yang memberi rasa pada tangan Anda menjadi terjepit atau terhambat. Kondisi ini sering menyebabkan kebas di indeks dan jari tengah serta jempol.

#2 Saraf terjepit

Hal ini terjadi ketika saraf yang membuat leher Anda menjadi meradang atau terkompresi. Kondisi ini bisa menyebabkan kebas yang mirip dengan carpal tunnel syndrome atau dikenal dengan saraf terjepit.

#3 Diabetes

Kondisi yang disebut diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf pada kaki dan juga tangan. Kaki biasanya yang pertama memiliki gejala kebas.

#4 Penyakit Raynaud

Kondisi ini menyebabkan arteri kecil di jari-jari Anda mengalami kejang, atau terbuka dan menutup dengan sangat cepat, hal ini bisa menyebabkan kebas.

#5 Radang sendi

Gangguan autoimun yang menyebabkan pembengkakan dan nyeri pada persendian. Kondisi itu juga bisa menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan pembakaran di tangan.

#6 Saraf terkilir

Sindroma terowongan karpal mempengaruhi saraf median di lengan, namun kejang saraf ulnaris mempengaruhi saraf ulnaris yang membentang di sisi jari kelingking. Hal ini paling sering menyebabkan kebas di kelingking dan jari manis.

Baca Juga >> Pahamilah Penyebab Tb Kelenjar Dan Penanganannya

Penyebab lain dari kebas pada jari adalah :

  1. Penggunaan alkohol
  2. Amyloidosis
  3. Kista ganglion
  4. Sindrom guillain-barré
  5. HIV
  6. Aids
  7. Penyakit lyme
  8. Multiple sclerosis
  9. Efek samping obat-obatan, seperti obat kemoterapi
  10. Sindrom sjogren
  11. Pukulan
  12. Sipilis
  13. Vaskulitis
  14. Kekurangan vitamin b-12
  15. Penyakit kusta
  16. Patah tulang pergelangan tangan atau tangan

Beberapa penyebab yang terkait dengan jari kebas juga  disebabkan oleh cedera yang berlebihan. Hal ini terjadi saat seseorang melakukan gerakan dan aktivitas berulang yang dapat mengganggu atau merusak saraf dan menyebabkan mati rasa atau kebas.

Cara untuk menghindari cedera gerakan berulang meliputi:

  1. Behenti menggunakan alat, atau perangkat lain yang bisa mengakibatkan kebas jari berulang
  2. Istirahat dari aktivitas Anda setiap 30 menit sampai satu jam
  3. Lakukan peregangan otot untuk mengurangi ketegangan
  4. Membeli perangkat ergonomis atau pendukung, seperti penjepit pergelangan tangan atau pergelangan tangan.

Cara Mengatasi Tangan Kebas

Terkadang, tangan kebas dan kesemutan bisa menjadi gejala yang darurat dan perlu ditangani secara medis. Terlebih jika tangan kebas saat hamil atau seseorang mengalami stroke.

penyebab kebas pada tangan

Stroke yaitu saat bekuan darah atau perdarahan mempengaruhi otak, jika Anda memiliki gejala seperti berikut, segera untuk mendapatkan bantuan medis:

  1. Kebingungan
  2. Sulit bernafas
  3. Pusing
  4. Tangan atau jari mati rasa
  5. Sakit kepala yang parah
  6. Sulit berbicara
  7. Kelemahan atau kelumpuhan mendadak

Jika gejala Anda mulai terjadi secara teratur dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, atau menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan  maka segera temui dokter.

Dokter akan mulai mendiagnosis kebas pda tubuh Anda dengan mengambil riwayat medis dan memeriksa lengan, tangan, dan jari Anda.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan untuk menemui dokter spesialis, seperti dokter ortopedi yang mengkhususkan diri dalam merawat tangan atau ahli saraf, yang dapat menguji fungsi saraf Anda.

Pemeriksaan dokter umum lainnya saat seseorang mengalami mati rasa adalah pemindaian MRI. Pemindaian ini membantu dokter untuk melihat area dimana tulang mungkin tergelincir keluar dari tempatnya seperti :

  1. Leher
  2. Bahu
  3. Senjata
  4. Pergelangan tangan
  5. Jari

Tulang yang terlepas tidak dapat menyebabkan kompresi pada saraf Anda. Tes darah juga dapat membantu dokter mendiagnosa kondisi yang menyebabkan mati rasa jari, seperti rheumatoid arthritis atau defisiensi vitamin B-12.

Cara menghilangkan kebas pada tangan lainnya adalah memakai penjepit atau belat. Ini akan membantu Anda menjaga siku atau pergelangan tangan Anda dalam posisi yang baik, sehingga saraf cenderung tidak dikompres.

Istirahatkan tangan dan pergelangan tangan Anda, cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi peradangan saat berada di rumah.

Anda juga bisa mengompreskan es ke daerah yang terkena ekbas. Latihan untuk meregangkan tangan dan pergelangan tangan juga bisa mengurangi ketidaknyamanan akibat gejala kibas. Contoh latihan ini meliputi:

  1. Lakukan peregangan jari-jari Anda selebar mungkin dan tahan posisi sekitar 10 detik.
  2. Memindahkan tangan Anda searah jarum jam sekitar 10 kali. Balik arah untuk mengurangi ketegangan otot.
  3. Putar bahu Anda ke belakang lima kali dan kemudian maju lima kali

Ulangi latihan di atas sepanjang hari untuk mengurangi ketegangan pada otot Anda. Rasa kebas biasanya bisa diobati jika tidak disertai dengan gejala darurat. Istirahat dapat membantu mengurangi cedera yang berlebihan.

Seorang dokter juga dapat merekomendasikan perawatan medis yang lebih spesifik tergantung pada penyebab mendasar kondisi Anda. Inilah mengapa penting untuk tidak mengabaikan gejala Anda.

Jika tidak ada hal di atas yang meringankan masalahnya, buatlah janji dengan ahli akupunktur lokal untuk perawatan. Anda juga dapat mengatur jadwal untuk menemui terapis fisik yang melatih Anda untuk  menciptakan sedikit tekanan pada saraf.

Upaya terakhir adalah injeksi steroid, atau operasi jika ditunjuk oleh praktisi perawatan kesehatan yang terpercaya.

Ambil produk antiinflamasi untuk mengurangi tekanan pada saraf. Beberapa zat yang dapat membantu untuk menyembuhkan kerusakan saraf adalah magnesium fosfat. Zat ini sekaligus membantu nutrisi saraf dan menyeimbangkan sistem saraf.

Memilih obat dengan salah satu elemen di atas memerlukan resep dari dokter agar sesuai anjuran. Kunyit juga dapat ditambahkan ke makanan selama memasak karena terbukti mampu menghilangkan rasa kebas di tangan.

Hindari aktivitas yang mengganggu gejala kebs yang Anda alami. Cobalah untuk mengistirahatkan tangan Anda setidaknya selama dua minggu di mana Anda tidak mengulangi gerakan yang menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga >> Pengertian Dan Tanda Tanda Penyakit TBC

Demikian ulasan mengenai jari tangan sering kebas? Berikut adalah cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.