Makanan yang Banyak Mengandung Karbohidrat

Makanan-yang-banyak-mengandung-karbohidrat

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat rupanya bukan hanya nasi saja. Kebanyakan dari kita kalau ditanya mengenai sumber karbohidrat maka dengan pasti akan menjawab nasi.

Hal itu memang benar, namun tahukah Anda bahwa ternyata selain nasi ada banyak sekali jenis makanan yang mengandung karbohidrat baik itu buah, sayur maupun lain-lain.

Buah yang Mengandung Karbohirat

A. Semangka

Semangka adalah salah satu jenis makanan yang mengandung karbohidrat sebanyak 8 gram dalam tiap 100 gramnya. Itulah sebabnya memakan banyak semangka akan membuat Anda kenyang.

Selain dari kandungan airnya yang banyak, semangka juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Mengkonsumsi semangka juga baik sebab memiliki kandungan vitamin c yang tinggi.

B. Melon

Buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dari semangka, yakni 8,6 gram dalam tiap 100 gramnya. Melon juga mengandung gula alami yang baik untuk kebugaran tubuh.

C. Jeruk

Karbohidrat yang tergantung dalam 100 gram jeruk adalah sebesar 12 gram, cukup tinggi. Bahkan selain daripada karbohidrat kandungan vitamin dan mineralnya juga sangat tinggi, khususnya untuk vitamin C sendiri.

jeruk juga mengandung fruktosa, glukosa, asam sitrat dan sukrosa. Mengkonsumsi jeruk yang banyak baik untuk tubuh.

D. Berry

Berry ini ada banyak jenisnya, ada blueberry, strawberry dan mulberry. Dalam 100 gramnya bisa mencapai 14 hingga 21 gram karbohidrat sederhana.

Berry juga dikatakan mampu menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Pigmen dan vitamin yang tinggi dalam berry sangat baik untuk tubuh.

E. Apel

Dalam satu buah apel, dikatakan bahwa kandungan karbohidratnya adalah sebanyak 23 gram dan bergantung dari ukuran apel itu sendiri. Itulah mengapa banyak yang menyarankan apel sebagai makanan makan malam.

Apalagi bagi yang sedang diet, mengkonsumsi apel tentunya tidak akan membuat badan gemuk. Sebab kandungan karbohidrat pada nasi cukup tinggi. Apel memberikan efek rasa kenyang yang cukup lama.

F. Mangga

Mangga ini sangat efektif sekali untuk meningkatkan stamina dan energi pada tubuh seseorang. Kandungan karbohidrat yang ada dalam 100 gram mangga adalah sebesar 17 gram. Buah yang segar dan manis sangat lezat dinikmati pada cuaca yang panas.

G. Nanas

Mengkonsumsi nanas cukup baik bagi kesehatan Anda, mengkonsumsi nanas mampu memenuhi hampir 5% dari kebutuhan harian karbohirat dalam tubuh.

Namun, ada mitos yang mengatakan kalau mengkonsumsi nanas muda dapat menyebabkan keguguran bagi ibu hamil. Nanas merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, Anda dapat mencobanya.

Baca Juga >> Proses Bayi Tabung Beserta Gambarnya Lengkap

Sayuran yang Mengandung Karbohidrat

jenis-makanan-yang-mengandung-karbohidrat

A. Kentang

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada dalam berbagai macam masakan. Apabila mengkonsumsi kentang, maka akan ada efek kenyang seketika.

Dalam 100 gram kentang rebus mengandung karbohidrat sebanyak 21 gram. Selain daripada makanan yang banyak mengandung karbohidrat, kentang juga memiliki kalium, zat besi, lemak dan berbagai vitamin lainnya.

B. Ubi

Ubi juga sering dijadikan sebagai bahan masakan, dalam 8 ons ubi mengandung 55 gram karbohidrat. Sayur ini juga dapat membantu pencernaan Anda, kandungan serat yang cukup tinggi dalam ubi adalah penyebabnya.

Selain karbohidrat, masih banyak lagi kandungan vitamin dalam ubi. Ubi ini merupakan makanan sumber karbohidrat yang baik.

C. Jagung

Jagung muda biasa dijadikan sebagai sayur, dalam 100 gramnya terdapat karbohidrat sebesar 25 gram. Sayur Jagung sendiri dapat menjadi alternatif pengganti nasi, rasa manis yang ada dalam jagung dapat menjadi pengganti bumbu penyedap rasa. Jagung juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Baca Juga >> Penjelasan Tentang Inseminasi Buatan Pada Manusia

Masih banyak lagi makanan yang banyak mengandung karbohidrat di sekitar Anda.