Mengenal Penyakit Sistem Endokrin

Penyakit-Sistem-Endokrin

Penyakit sistem endokrin merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya kelenjar endokrin dalam tubuh seseorang. Sistem endokrin sendiri merupakan salah satu jaringan yang menghasilkan suatu hormon.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai sistem endokrin, berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

Anatomi Sistem Endokrin

Anatomi sistem endokrin merupakan sistem dalam tubuh yang terdiri dari beberapa kelenjar yang kemudian kelenjar tersebut memproduksi dan menghasilkan suatu hormone.

Hormone tersebut akan di transformasikan melalui aliran darah ke seluruh tubuh.

Pengertian Endokrin

Banyak yang masih bingung tentang apa itu endokrin? Maka dari itu, Sebelum lebih jauh membahas mengenai penyakit sistem endokrin, penulis akan membahas mengenai pengertian endokrin.

Endokrin merupakan suatu kelenjar dalam tubuh yang memiliki tugas tertentu. Tugas-tugas kelenjar endokrin akan dibantu oleh suatu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar itu sendiri.

Fungsi Kelenjar Endokrin

Setelah mengetahui pengertian dari endokrin, dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi kelenjar endokrin adalah untuk menghasilkan hormon tertentu dalam tubuh.

Hormon inilah yang pada akhirnya akan mengatur berbagai proses tubuh. Mulai dari pengaturan untuk nafsu makan, pernapasan, keseimbangan cairan, feminisasi dan virilisasi.

Baca Juga >> Mengenal Arti Dispepsia Fungsional Dan Cara Pengobatan

Hormon Endokrin

Di dalam tubuh manusia, setidaknya terdapat tujuh kelenjar endokrin yang sangat penting dalam proses kinerja tubuh. Kelenjar endokrin ini kemudian akan menghasilkan hormon endokrin yang mengendalikan fungsi organ secara menyeluruh.

gambar-sistem-endokrin
source : merangkum com

Hipofisis merupakan kelenjar utama yang menghasilkan hormon endokrin dengan fungsinya yaitu mempengaruhi kelenjar endokrin lainnya. Kelenjar ini terbagi menjadi tiga bagian, antara lain bagian anterior, bagian tengah dan bagian posterior.

Kelenjar yang kedua adalah kelenjar tiroid atau kelenjar gondok. Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid akan membantu kinerja tubuh dalam mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar lainnya yaitu paratiroid yang juga akan menghasilkan parathormon. Ini akan membantu dalam mengatur kandungan  fosfor dan kalsium dalam darah.

Selanjutnya, Kelenjar adrenalin (anak ginjal), pankreas, ovarium, dan kelenjar testis. Masing-masing dari kelenjar ini akan memproduksi hormone penting dalam tubuh. Seperti kelenjar adrenalin yang akan menghasilkan hormon-hormon penting dalm ginjal. Begitupun dengan kelenjar lainnya.

Penyakit Pada Sistem Endokrin

Beberapa macam penyakit pada sistem endokrin yang sering muncul dan dialami penderitanya, diantaranya adalah dibetes mellitus. Penyebab Penyakit ini terjadi karena tidak bekerjanya pankreas dalam menghasilkan insulin.

Penyakit umum lainnya yang terjadi pada sistem endokrin adalah penyakit akromegali. Penyakit akromegali merupakan kondisi dimana berlebihnya hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh suatu kelenjar yang bernama pituitari.

Kondisi ini memungkinkan penderitanya mengalami pertumbuhan yang tidak normal pada tubuh tertentu seperti kaki dan tangan.

Seperti halnya diabetes dan akrtomegali, penyakit addison juga terjadi karena adanya gangguan pada endokrin. Hal ini ditandai saat terjadinya penurunan produksi pada kelenjar adrenal.

Pengidap penyakit addison akan mengalami depresi, diare, kelelahan, sakit kepala, hiperpigmentasi pada kulit, dan hipogikimia.

Penyakit Addison juga akan mempengaruhi napsu makan penderitanya menjadi menurun dan membuat tekanan darah menjadi rendah. Tak jarang, penderita addison akan melewati periode menstruasi.

Baca Juga >> Berapa Jumlah Eritrosit Normal?

Penyakit Endokrin

Penyakit pada sistem endoktrin akan menimbulkan penyakit endokrin lainnya yang lebih parah dan menjadi lebih kompleks jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Berikut merupakan penyakit endokrin yang harus diperhatikan, diantaranya adalah insomnia atau kondisi dimana tubuh kesulitan untuk tidur, penyakit endokrin lainnya yang memasuki tahap komplikasi adalah koma pada hipotirodisme, penyakit jantung, rusaknya saraf-saraf dalam tubuh dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih detail, lihat gambar sistem endokrin. Semoga artikel ini bermanfaat.