Rekomendasi Minuman dan Makanan dengan Protein Tinggi

makanan-dengan-protein-tinggi

Makanan dengan protein tinggi tidaklah sulit untuk didapatkan, yang paling sederhana ada di telur dan daging. Apa itu protein? Protein adalah zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh guna fungsi dan perkembangannya.

Manfaat protein antara lain adalah untuk membantu menurunkan berat badan dan juga meningkatkan massa otot. Orang yang berolahraga di gym mengatur badannya agar terbentuk dengan cara banyak mengkonsumsi makanan mengandung protein dan meminimalisir karbohidrat.

Protein juga sangat penting untuk fungsi DNA, metabolisme tubuh, menanggapi rangsangan dan lain sebagainya. Protein ini sendiri dapat dikatakan sama pentingnya dengan kandungan vitamin dan mineral lainnya.

Ada banyak sekali sumber protein tinggi  yang berasal dari makanan mengandung protein tinggi. Anda penasaran apa saja yang mengandung protein? Simak artikel berikut ini.

Makanan Sumber Protein

# Telur

Telur adalah sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Selain daripada protein, ada kandungan vitamin, mineral lemak sehat dan juga antioksidan dalam telur. Fungsinya adalah untuk melindungi mata dan menutrisi otak.

Konsumsi terhadap putih telur lebih baik karena mengandung protein yang murni tanpa lemak. Dalam satu butir telur terdapat kandungan 6 gram protein dan 78 kalori.

# Kacang almond

Kacang almond ini merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Jenis Kacang ini sangat populer dan memiliki harga yang lebih tinggi dibanding dengan kacang lainnya.

Ada pula dalam sebuah kacang terkandung serat, vitamin E, magnesium dan mangan. Kandungan protein dalam kacang almond adalah sebanyak 6 gram dalam 1 ons.

# Dada ayam

Ayam terutama pada bagian dada memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bagian dada tersebut juga sangat mudah untuk dimasak, dengan proses masak yang benar maka kandungannya akan utuh.

Kandungan protein yang terdapat dalam 1 dada ayam tanpa kulit adalah 53 gram dan 284 gram kalori.

# Gandum

Gandum ini juga termasuk ke dalam makanan yang sehat sekali, kandungan serat, magnesium, vitamin B1, mangan dan berbagai macam nutrisi lainnya ada dalam gandum. Dalam Gandum mentah mengandung 13 gram protein dan 303 kalori.

# Keju cottage

Keju yang satu ini cenderung rendah lemak dan kalori. Namun keju cottage merupakan makanan dengan protein tinggi. Selain daripada protein, keju ini juga mengandung kalsium, fosfor, selenium, kalsium, vitamin B12 dan lain-lain.

Dalam secangkir keju cottage, terkandung 27 gram protein dan juga 194 kalori.

# Tuna

Tuna adalah salah satu ikan protein tinggi, kandungan kalori dan lemaknya sangat rendah sehingga sebagian besar tubuhnya terkandung protein. Dalam satu ons tuna mengandung 30 gram protein.

Baca Juga >> Penjelasan Tentang Inseminasi Buatan Pada Manusia

Minuman Berprotein Tinggi

minuman-dengan-protein-tinggi

# Yoghurt

Yoghurt memiliki rasa yang asam namun lezat, teksturnya lembut dan memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Minuman Yoghurt dengan berat 170 gram memiliki kandungan protein sebanyak 17 gram dan 100 gram kalori.

# Susu

Selanjutnya ada susu, susu adalah minuman yang bergizi tinggi. Apalagi susu murni yang masih segar. Selain protein, ada banyak sekali kandungan dalam segelas susu, ada fosfor, kalsium dan lain-lain.

Secangkir susu dengan kandungan lemak 1% menyimpan 8 gram protein dan 103 gram kalori.

Baca Juga >> Makanan yang Banyak Mengandung Karbohidrat

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan dengan protein tinggi. Selain daripada yang sudah disebutkan tadi, ada pula berbagai macam buah yang mengandung protein tinggi dan juga sayuran berprotein tinggi. Selalu konsumsilah makanan bergizi tinggi!