Pengertian CHF Dan Penyebabnya

Pengertian-CHF Dan-Penyebabnya
Source : Ausmed .com

Memahami pengertian CHF dan apa saja penyebabnya harus dipahami bagi siapa saja yang memiliki masalah dengan jantungnya. CHF adalah salah satu penyakuit jantung yang perlu diwaspadai.

Kira-kira apa itu CHF dan bagaimana tanda-tanda dari penyakit ini? Berikut adalah ulasannya.

Apa Itu CHF?

CHF adalah Gagal jantung kongestif (CHF). Kepanjangan  CHF berasal dari bahasa Inggris yaitu congestive heart failure. Ya, dari definisi CHF ini maka bisa diartikan bahwa CHF merupakan salah satu dari sekian jenis penyakit jantung. CHF adalah kondisi di mana fungsi jantung sebagai pompa tidak memadai untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Jika banyak mengidap penyakit, maka sangat dikhawatirkan dapat mengganggu efisiensi pemompaan jantung untuk menyebabkan penyakit CHF.

Gejala gagal jantung kongestif bervariasi, tetapi dapat meliputi:

  1. Kelelahan,
  2. Kapasitas latihan berkurang,
  3. Sesak nafas, dan
  4. Pembengkakan (edema).

Diagnosis gagal jantung kongestif didasarkan pada pengetahuan tentang riwayat medis individu, pemeriksaan fisik yang teliti, dan tes laboratorium yang dipilih.

Pengobatan gagal jantung kongestif dapat mencakup modifikasi gaya hidup, mengatasi faktor-faktor yang berpotensi reversibel, obat-obatan, transplantasi jantung, dan terapi mekanis.

Pengertian CHF menggambarkan ketidakmampuan atau kegagalan jantung untuk secara memadai memenuhi kebutuhan organ dan jaringan untuk oksigen dan nutrisi.

Penurunan output jantung, jumlah darah yang dipompa oleh jantung, tidak cukup untuk mengalirkan kembali darah ke jantung dari tubuh dan paru-paru. Hal itulah yang menyebabkan cairan bocor dari pembuluh darah kapiler. Tanda  dan gejala CHF adalah sesak napas, lemah, dan bengkak.

Baca Juga >> Cara Mengobati Bells Palsy Agar Sembuh Total

Klasifikasi CHF

apa-itu-chf
source : YouTube

Berikut adalah klasifikasi CHF :

Kelas I

Orang yang aktivitas fisiknya tidak terbatas. Aktivitas fisik yang biasa tidak menyebabkan kelelahan yang tidak semestinya, jantung berdebar-debar, kesulitan bernapas, atau nyeri dada.

Kelas II

Orang yang memiliki batasan pada aktivitas fisik. Mereka merasa nyaman saat istirahat, tetapi aktivitas fisik yang biasa menyebabkan kelelahan, jantung berdebar-debar, kesulitan bernapas, atau nyeri dada.

Kelas III

Orang yang memiliki batasan yang jelas pada aktivitas fisik. Mereka merasa nyaman saat istirahat, tetapi aktivitas fisik yang kurang umum menyebabkan kelelahan, jantung berdebar-debar, kesulitan bernapas, atau nyeri dada.

Kelas IV

Orang yang tidak dapat melakukan aktivitas fisik apa pun tanpa ketidaknyamanan. Gejala mungkin hadir bahkan saat istirahat. Jika ada aktivitas fisik yang dilakukan, rasa ketidaknyamanan akan meningkat.

Penyebab CHF

  1. Penyakit arteri koroner
  2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  3. Penyalahgunaan alkohol lama
  4. Gangguan gangguan katup jantung
  5. Penyebab yang tidak diketahui (idiopatik), seperti setelah pemulihan dari miokarditis
  6. Penyebab yang kurang umum termasuk infeksi virus dari kekakuan otot jantung, gangguan tiroid, gangguan irama jantung, dan banyak lainnya.

Nah, hal yang  harus dicatat  pada pasien dengan penyakit jantung adalah hindari minum obat tertentu. Salah meminum obat dapat menyebabkan perkembangan atau memburuknya gagal jantung kongestif dengan kata lain komplikasi CHF. Hal ini terutama berlaku untuk obat-obatan yang dapat menyebabkan retensi natrium atau mempengaruhi kekuatan otot jantung.

Contoh obat-obatan tersebut adalah obat anti-inflamasi nonsteroid yang umum digunakan (NSAID), yang meliputi ibuprofen (Motrin dan lainnya) dan naproxen (Aleve dan lain-lain).

Kemudian steroid tertentu, beberapa obat untuk diabetes tipe 2, misalnya, rosiglitazone (Avandia) atau pioglitazone (Actos), dan beberapa calcium channel blockers (CCBs). Hindari obat-obat tersebut agar tidak menyebabkan gejala yang lebih buruk lagi.

Baca Juga >> Penyebab Penyakit Typus Dan Ciri-ciri Gejalanya

Demikian ulasan mengenai pengertian CHF dan penyebab CHF. Semoga bisa bermanfaat.