Kenali Pengertian dan Terapi Osteoarthritis Sejak Dini

Pengertian-dan-Terapi-Osteoarthritis

Pengertian dan terapi osteoarthritis adalah hal yang wajib Anda pahami sebelum Anda mengalami osteoarthritis. Osteoarthritis adalah pengapuran sendi yang bisa menyebabkan bengkak ataupun nyeri tak tertahankan pada sendi.

Arti osteoarthritis bagi sebagian orang adalah radang sendi. Karena umumnya menyerang sendi lutut, tulang belakang dan paha.

Siapa saja bisa terkena OA (osteoarthritis). Namun, berdasarkan pengertian osteoarthritis di atas, kebanyakan osteoarthritis terjadi pada perempuan lanjut usia. Hal ini disebabkan karena menipisnya lapisan tulang paska melahirkan ditambah penuaan.

Mekanisme osteoarthritis sendiri kurang lebih seperti ini, sendi terdiri dari tulang rawan yang berperan sebagai bantal 2 tulang yang berhubungan.

Ketika menderita OA, tulang rawan itu tidak melalukan tugas semestinya. Alhasil dua tulang yang berhubungan itu menjadi bergesekan secara langsung. Karena gesekan tersebut, akan timbul rasa nyeri, bahkan bisa menjadi pembengkakan.

Penyebab Osteoarthritis pada Kebanyakan Orang

1. Usia

Tak bisa kita pungkiri, usia memang menjadi kunci kekuatan tubuh kita. Semakin banyak usia kita, ketahanan tubuh akan semakin berkurang. Penuaan menyebabkan tulang rawan dalam sendi semakin terkikis bisa sampai tahap paling memprihatinkan.

2. Trauma

Cedera baik yang disengaja maupun tidak disengaja juga bisa menjadi penyebab osteoarthritis. Terlebih cedera pada sendi yang menjadikan tulang rawan sebagai korbannya.

3. Kelebihan berat badan/obesitas

Osteoarthritis juga menyerang orang yang memiliki berat badan di atas standar. Gerakan-gerakan yang dihasilkan oleh penderita obesitas akan membuat tekanan berlebih pada sendi. Tekanan tersebut bisa memicu penipisan tulang rawan bahkan sebelum waktunya. Di sisi lain, orang dengan kelebihan berat badan, tubuhnya menghasilkan lemak yang cukup ampuh untuk membuat sendi menjadi radang.

4. Kurangnya asupan vitamin

Dengan sedikitnya kalsium yang dikonsumsi, membuat sendi mudah aus. Dan jika tidak segera di-supply kembali, risiko osteoarthritis akan semakin tinggi. Karena semua tahu, osteoarthritis penyebabnya adalah karena kurangnya asupan vitamin sendi.

Baca Juga >> Cara Untuk Menghilangkan Keloid Secara Efektif

Diagnosis Dini Osteoarthritis

Sebelum Anda menyimpulkan menderita OA, ada baiknya Anda melakukan diagnosis dini dengan dokter kepercayaan Anda. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dengan cara:

  1. Gerakan sendi. Apakah akan didapat suara retak atau tidak. Hal itu akan menjadi poin pertama dalam diagnosis OA.
  2. Sendi yang bengkak. Akan diamati dengan jeli tulang di sekitar sendi yang diduga mengalami osteoarthritis.
  3. Rasa nyeri. Kemungkinan sendi yang diduga mengalami osteoarthritis akan diberikan sentuhan secara langsung. Jika sendi itu sehat, Anda tak akan mengeluhkan rasa sakit. Dam sebaliknya, jika Anda merasa sakit, besar kemungkinan Anda menderita osteoarthritis.

Terapi Osteoarthritis

Ada beragam metode terapi yang bisa Anda lakukan demi mengurangi derajat OA Anda. Sesuai pengertian dan terapi osteoarthritis yang sudah diketahui, maka terapi yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  1. Pemberian anti nyeri. Nyeri ketika osteoarthritis kambuh akan sangat menyakitkan. Mayoritas dokter memberikan pertolongan pertama asetaminopen kepada pasiennya. Kalaupun asetaminopen sudah tidak cukup menanggulangi nyeri, dokter akan memberikan terapi lain yang masih termasuk dalam Golongan Non-Steroidal Antiinflamatory Drugs.
  2. Kompres sendi. Baik dengan air hangat ataupun air dingin dinilai cukup meredakan nyeri akibat OA.
  3. Olahraga memang disarankan untuk mayoritas terapi penyakit. Dengan olahraga, otot tubuh akan bekerja dengan cara memperkuat diri. Pembakaran lemak juga akan lebih mudah. Dan yang pasti, dengan berolahraga, tubuh akan terbiasa bergerak sehingga mengurangi rasa kaku akibat osteoarthritis.

Baca Juga >> Cara Menyembuhkan Skoliosis dengan Terapi yang Tepat dan Aman

Nah, itulah pengertian dan terapi osteoarthritis yang harus Anda pahami. Mulai sekarang, jaga kesehatan sendi Anda dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan antioksidan, vitamin C dan omega 3. Dengan mengonsumsi makanan untuk penderita osteoarthritis, akan mempercepat kesembuhan Anda. Semangat!