Pengobatan dan Penyebab Kanker Tiroid

pengobatan-dan-penyebab-kanker-tiroid
source : alzheimersisepuede.com

Gaya hidup, kebiasaan merokok, dan lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah kanker tiroid. Kali ini, akan diulas mengenai pengobatan dan penyebab kanker tiroid yang merupakan kanker yang cukup sering terjadi di masyarakat.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Letak kelenjar ini berada pada bagian depan leher. Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu.

Peran kelenjar tiroid adalah untuk mengatur sistem metabolisme tubuh. Pengendalian kelenjar ini dilakukan oleh otak yaitu di kelenjar hipofisis (pituitary) dan hipotalamus.

Kelenjar tiroid memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tugas dari kelenjar tiroid antara lain untuk mengatur kecepatan tubuh dan membakar energi. Selain itu, kelenjar tiroid juga berfungsi untuk membuat protein dan mengatur irritabilitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Terdapat dua hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Hormon tersebut adalah hormon tiroksin dan hormon triodothyronine. Hormon-hormon tersebutlah yang menjalankan fungsi dari kelenjar tiroid.

Apa itu Penyakit Tiroid?

Tiroid, mungkin asing terdengar bagi telinga orang awam. Pertanyaan seperti apa itu penyakit tiroid?, pasti sering terdengar di telinga petugas kesehatan. Padahal penyakit tiroid ini dapat menyerang siapa pun tidak kenal usia.

Tiroid dapat mengalami sakit apabila kadar hormon yang dihasilkan lebih tinggi atau terlalu rendah. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar utama yang berada di otak atau kelenjar tiroid rusak karena radiasi.

Selain itu, konsumsi litium yang berlebihan serta tingginya kadar iodin dalam tubuh juga dapat menyebabkan penyakit tiroid.

Ada berbagai macam penyakit yang dapat terjadi di kelenjar tiroid. Penyakit pertama adalah hipotiroidisme. Penyakit ini adalah penyakit yang ditimbulkan karena hormone tiroksin yang dihasilkan tiroid sangat rendah. Akibatnya, tubuh mengalami defisiensi.

cara mengobati tiroid
source 1voz.com.ec

Kedua adalah hipertiroidisme dimana kadar hormone tiroid dalam tubuh melebihi batas normal. Penderita biasanya merasa berdebar-debar, cepat berkeringan, gelisah, dan kehilangan berat badan.

Penyakit lain yang biasa terjadi pada masyarakat adalah penyakit gondok. Penyakit ini ditandai dengan adanya benjolan pada leher, sulit menelan, perubahan suara, serta sulit bernapas dan menelan.

Selain gondok, benjolan pada leher, juga dapat dikarenakan adanya tumor jinak atau kista yang disebut nodul tiroid. Penyakit ini jarang sekali menimbulkan gejala, sehingga hanya dapat dikerahui apabila dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Penyakit tiroid yang paling ditakuti pada masa sekarang adalah kanker kelenjar tiroid. Dalam 20 tahun terakhir, kanker tiroid disinyalir sebagai kejadian tumor ganas yang paling cepat berkembang. Tingkat pertumbuhan rata-ratanya sekitar 6,2%.

Apa itu kanker tiroid? Kanker tiroid adalah adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada kelenjar tiroid. Pertumbuhan sel-sel tersebut dapat disebabkan oleh radiasi, konsumsi makanan yang tidak tepat, dan adanya kelainan genetik.

Meskipun demikian, kanker tiroid merupakan kanker yang jarang terjadi. Kondisi ini umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut.

Menurut sebuah penelitian, wanita memiliki risiko terkena kanker tiroid yang lebih besar dari pada laki-laki. Meskipun belum diketahui penyebab pastinya, hal tersebut kemudian dikaitkan dengan perubahan hormon reproduksi pada wanita.

Baca Juga >> Berikut Cara Menyembuhkan Sembelit Dengan Cepat

Gejala Penyakit Tiroid

Pada tahapan awal terjadinya kanker, biasanya tidak timbul gjala khusus. Gejala penyakit tiroid biasanya muncul ketika kanker telah memasuki tahapan lanjutan. Salah satu gejala yang muncul adalah adanya pembesaran kelenjar tiroid.

Gejala awal yang dapat diperhatikan adalah kerontokan rambut secara tiba-tiba. Rontoknya rambut tersebut dapat terjadi karena hormone tiroid yang tidak berfungsi dengan baik.

apakah kanker tiroid bisa sembuh
source : mdlatino.com

Ciri-ciri kanker tiroid lainnya antara lain sakit tenggorokan, sulit menelan serta suara serak dan tidak membaik dalam beberapa minggu. Gejala lainnya yaitu sakit di bagian leher, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Rasa sakit pada leher dapat timbul karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

Ciri-ciri tiroid yang sakit lainnya adalah penurunan berat badan secara drastis, rambut rontok, kedinginan atau kepanasan, dan  gangguan percernaan. Siklus menstruasi juga terganggu bahkan dapat menyebabkan rasa sakit apabila terjadi hipotiroid.

Apabila muncul benjolan di leher, tidak berarti disebabkan oleh kanker tiroid. Pembengkakan di leher juga dapat disebabkan oleh hipertiroidisme atau hipotiroidisme. Penyakit tersebut biasa disebut sebagai penyakit gondok.

Pengobatan Kanker Tiroid

Dewasa kini, cara mengobati tiroid yang terkena kanker mulai dikembangkan baik secara modern mau pun tradisional. Meskipun demikian, masih banyak orang yang menyangsikan apakah penyakit tiroid bisa disembuhkan.

Salah satu cara mengobati tiroid secara tradisional adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Kandungan senyawa yang cukup komplit dalam daun sirsak dapat membantu pembunuhan sel-sel kanker. Senyawa tersebut seperti asam amino, acetogenins, vitamin c, zat besi, dan lain sebagainya.

Prmbuatan herbal dengan daun sirsak juga cukup mudah. Cukup rebus 4-5 lembar daun sirsak pada 400 ml air hingga mendidih. Air daun sirsak tersebut dapat dikonsumsi 2 kali dalam sehari.

Untuk mengobati kanker tiroid, harus diketahui stadium dan jenis kanker yang diderita. Jenis kanker tiroid yang dapat muncul antara lain karsinoma papiler, folikuler, dan moduler. Kanker tiroid karsinoma moduler adalah yang paling mudah sembuh.

ciri ciri kanker tiroid

Pengobatan kanker tiroid karsinoma moduler dapat dilakukan dengan pengangkatan kelenjar tiroid. Kombinasi dengan radiasi mungkin diperlukan untuk mencegah sel kanker hidup kembali.

Cara lain yang digunakan untuk mengobati kanker tiroid adalah dengan terapi pengganti hormon. Gangguan kelenjar tiroid membuat tubuh tidak bisa menghasilkan hormon untuk metabolism. Untuk mengganti hormon tersebut, penderita kanker tiroid harus mengonsumsi tablet pengganti hormone seumur hidupnya.

Kadar kalsium dalam darah juga harus selalu diperhatikan. Operasi pengangkatan kelenjar tiroid biasanya memberi pengaruh pada kelenjar paratiorid. Kelenjar paratiroid adalah kelenjar yang memiliki fungsi sebagai pengatur kadar kalsium dalam tubuh.

Radiasi dengan menggunakan iodium radioakti juga dapat merupakan salah satu cara untuk mengobati kanker kelenjar tiroid. Terapi ini dilakukan untuk membunuh sel-sel kanker yang masih ada pada kelenjar tiroid agar tidak muncul kembali.

Terapi radiasi biasanya dilakukan pada pengobatan lanjutan. Lama pemberian radiasi tergantung pada jenis kanker dan perkembangan kanker di dalam tubuh penderita.

Cara yang paling sering digunakan adalah kemoterapi. Terapi ini dilakukan dengan memberikan obbat-obat yang sangat kuat untuk membunuh sel kanker. Pengobatan dengan kemoterapi ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kanker yang sudah menyebar kebagian tubuh lainnya.

Kanker tiroid harus segera ditangani karena selain mengancam hidup penderita, kanker tiroid yang tidak diobati juga dapat menimbulkan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Apakah kanker tiroid bisa sembuh atau tidak, tergantung dari seberapa besar usaha untuk mengobati kanker tiroid tersebut.

Baca Juga >> Cara Mengobati Sariawan Pada Anak Bayi

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker tiroid. Kenali gejala dan periksakan ke dokter apabila mengalami gejala-gejala seperti yang disampaikan di atas.