Tentang Penyakit Bipolar dan Cara Penangananya

penyakit-bipolar-adalah
source : Cleveland Clinic Health Essentials

Penyakit bipolar adalah salah satu penyakit yang sering disalah artikan sebagai kecacatan mental seseorang. Hal tersebut disebabkan karena penyakit ini biasanmya ditandai dengan gejolak emosi yang berlebihan sehingga terlihat sebagai salah satu kecacatan mental.

Namun pada kenyatataanya bipolar merupakan gangguan mental yang disebabkan karena faktor biologis yang berada pada luar kendali penderitanya. Adapun beberapa faktor risiko bipolar adalah genetik dan kelainan otak.

Mengenal Penyakit Bipolar

Mungkin saat ini banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya bipolar itu apa? Gangguan ini disebut sebagai bipolar karena setiap penderitanya akan memiliki dua kutub emosi yang berbeda.

Kepribadian yang pertama adalah mania dimana fase atau episode kebahagiaan ekstrem serta kebahagiaan yang meledak-ledak. Sementara sangat berbeda dengan sisi yang lainya dimana ia akan merasakan emosi yang bekebalikan.

Semakin lama penderita akan mengalami fase yang begitu sedih, sendu dan tidak bersemangat.

Lalu apa yang membedakan bipolar dengan perubahan suasana hati? Yang membedakan antara keduanya terlihat dari intensitasnya.

Penderita penyakit bipolar akan menunjukkan dua fase mania dan juga depresi yang parah sehingga mereka akan kehilangan kendali atas emosinya.

Baca juga >> Apa Itu CKD Dan Gejalanya

Ciri-Ciri Penderita Bipolar Disorder

Banyak orang yang mengabaikan ciri-ciri orang bipolar ataupun hanya menganggap sebagai salah satu tanda stress. Padahal sebenarnya penyakit bipolar tidak sesederhana depresi ataupun stress.

Jika tidak diatasi dengan benar, gejala tersebut dapat mengakibatkan komplikasi yang berbahaya. Oleh karenanya anda perlu mempelajari ciri bipolar dengan baik.

ciri-ciri-penyakit-bipolar
source :Monsenso

Tahap Episode mania

Fase ini biasanya terjadi selama beberapa jam,  hari, bahkan hingga beberapa minggu untuk menunjukkan perilaku yang tidak terkendali. Bahkan  dalam beberapa kasus, penderita tidak mampu menjalani aktivitas seperti biasa hingga harus mendapatkan perawatan di Rumah sakit.

Biasanya penderita yang mengalami fase ini tidak bisa diam harus bergerk terus meskipun hanya mondar-mandir saja. Penderita juga akan merasakan kebahagiaan yang meluap-luap dan lebih waspada pada lingkungan sekitarnya seperti barang yang terjatuh hingga sentuhan dari orang lain. Oleh karenanya, anda harus bersiaga sebagai cara menghadapi oranng  bipolar agar tidak mengganggu mereka atau mengusiknya.

Selain itu, penderita bipolar biasanya juga akan berbicara dengan sangat cepat dan susah dipahami. Mereka juga cenderung bertingkah sembrono seperti belanja gila-glaan, bertengkar dengan semua orang bahkan berhubungan seks dengan orang asing.

Apalagi mereka juga tidak bisa tidur dan tidak merasakan kantuk pada pagi hari. Yang pasti penderita gangguan bipolar adalah mereka yang tidak dapat mbedakan mana yang nyata dan mana yang hanya ada dalam halusi serta pikiranya.

Fase episode depresi

Selanjutnya anda juga perlu megetahui ciri bipolar pada fase depresi untuk mempermudah cara mengatasi bipolar. Kebalikan dari ciri penyakit bipolar adalah fase mania, penderita akan menunjukkan kesedihan atau keputusasaan tidak wajar.

Penderita pada fase ini akan menghindarkan diri dari lingkungan bahkan orang terdekat. Terlebih mereka juga akan kehilangan minat pada berbagai kegiatan yang sebeumnya sangat ia nikmati.

Penderita bipolar juga akan kehilangan energi secara drastis bahkan sangat lemah untuk sekedar meninggalkan tempat tidur. Ciri bipolar yang selanjutnya adalah gangguan daya ingat, konsentrasi dan nalar dan sangat terobsesi dengan kematin sehingga sangat ringan untuk sekedar bunuh diri.

Parahnya, penyakit ini juga menyebabkan penderita merasa tidak berguna dan dibenci oleh banyak orang. Dengan begitu bipolar adalah salah satu gangguan mental yang harus anda perhatikan dengan penuh.

Baca Juga >> Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Paling Efektif

Nah beberapa hal diatas merupakan ciri yang menjelaska bahwa penyakit bipolar adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan. Degan mengetahui ciri tersebut, anda bisa mengantisipasi berbagai hal untuk diketahui secara dini agar penyakit ini dapat diatasi lebih cepat dan lebih mudah.