Macam-Macam Penyakit Kifosis Dan Pengobatannya

Penyakit Kifosis Dan Pengobatannya
foto: Perpusku.com

Kifosis merupakan salah satu penyakit kelainan tulang pada punggung atau tulang belakang. Penyebab dan pengertian kifosis ini hampir sama dengan osteoporosis, namun ciri kifosis berbeda dengan osteoporosis.

Penderita yang mengalami penyakit kifosis, pada tulang punggungnya akan melengkung melebihi batas normal.

Macam-macam Kifosis

Ada beberapa faktor penyebab dari penyakit kifosis. Untuk mengenali seseorang yang mempunyai gejala kifosis biasanya terlihat pada usia remaja. Faktor utama seorang remaja mengalami penyakit kifosis adalah postur tubuh yang buru, baik saat berdiri maupun duduk.

Selain itu juga terdapat faktor lain penyebab kifosis yaitu adanya penyakit lain yang diderita yang dapat mempengaruhi bentuk tulang belakan. Penyakit itu adalah penyakit keturunan atau faktor genetik, kanker atau tumor dan radang sendi.

Hal ini dikarenakan kebiasaan buruk yang sering kali disepelekan oleh para remaja. Oleh karena itu penyuluhan tentang apa itu kifosis sebaiknya disosialisasikan sejak dini.

Penyakit kifosis terbagi menjadi beberapa step, antara lain :

1. Kifosis postural

Kifosis postural adalah awal dari penyebab munculnya penyakit kifosis. Kelainanan tulang belakang pada anak – anak atau remaja yang aneh dan berbeda dari postur tulasyaraf, k normal lainnya akan memicu terjadinya kifosis.

Hal yang menjadi pemicu utama kifosis postural adalah membawa tas punggung yang sangat berat dalam waktu yang cukup lama.

2. Kifosis scheuerman

Pemicu dari kifosis ini adalah kelainan tulang belakang kifosis postural. Ciri – ciri kifosis ini sudah cukul terlihat dengan tulang belakang yang terlihat seperti membentuk segitiga.

Pada tahap ini adalah tahap yang sangat tepat untuk segera ditangani sebelum bertambah parah.

3. Kifosis kongenital

Penyakit kifosis kongenital adalah penyakit kelainan tulang gagalnya proses pembentukan tulang belakang. Pada tahap kifosis ini, pengobatannya cukup sulit.

Karena tulang belakang sudah terlanjur membengkuk dan sulit untuk dikembalikan pada kondisi normal.

Baca Juga >> Mengenal Antibiotik dan Ciri-ciri ISK Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Kifosis

Penyebab dan pengertian kifosis yang merupakan penyakit kelainan tulang yang seharusnya mendapat perhatian khusus.

Jika sudah terlanjur terkena penyakit ini, pengobatan kifosis akan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus dilakukan secara rutin.

Saat postur tulang belakang terlihat agak tidak norma dan sedikit berbeda, sebaiknya langsung diatasi. Cara mengatasi kifosis dapat dilakukan dengan pengobatan medis dan non medis.

Untuk pengobatan medis dengan mongkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D,dan ditambah dengan obat mengurangi rasa nyeri pada tulang.

Sedangakan pengobatan non medisnya adalah dengan melakukan beberapa terapi tulang. Terapi yang cukup efektif adalah yoga, fisioterapi dan chiropractic. Ada jalan pintas untuk pengobatan penyakit kifosis, yaitu dengan operasi.

Pengobatan kifosis sebaiknya tidak hanya dilakukan secara medis maupun non medis, tetapi juga dibiasakan supaya posisi duduk dan berdiri yang normal. Serta tidak sering membawa barang yang berat.

Sebaiknya dilakukan upaya pencegahan penyakit kifosis dengan cara membiasakan diri dengan postur yang tegak. Serta tidak terlalu memaksakan diri membawa atau menjinjing barang yang cukup berat.

Lalu rajin olahraga dan melakukan berbagai macam aktifitas fisik. Mengkonsumsi susu dan makanan sehat  terutama yang mengandung vitamin D. Yang paling terpenting adalah diet sehat.

Penyakit tulang bukanlah suatu penyakit yang mudah disembuhkan. Meskipun kifosis bukan penyakit mematikan, namun kelainan tulang belakang kifosis akan berpengaruh pada sistem syaraf dan organ lainnya. Hal ini menyebabkan keterbatasan untuk beraktifitas.

Baca Juga >> Apakah Aritmia Jantung Bisa Sembuh?

Itulah penyebab dan pengertian kifosis. Semoga bermanfaat supaya menyadari akan kebiasan – kebisaan yang akan mengakibatkan fatal pada kondisi tulang.