Tentang Penyakit Menular dan Cara Pencegahanya

penyakit-menular-adalah
Source : WikiHow

Penyakit menular adalah jenis penyakit yang  menular dari  satu orang ke orang yang lain. Proses penularan ini dapat terjadi melalui kontak antara orang yang terkena penyakit ataupun melalui media. Namun penyakit menular ini juga dapat terjadi tanpa melalui perantara.

Adapun sifat dari penyakit menular ini adalah akut, berdurasi pendek, dan juga disebabkan oleh bakteri patogen.

Jenis Penyakit Menular dan Pencegahanya

1. Diare

Penyakit diare disebabkan karena virus. Untuk mencegah penularan penyakit ini dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik ketika sebelum dan sesudah makan.

2. Malaria

Kita ketahui bersama bahwa penyakit ini dapat disebabkan karena gigitan nyamuk.Dengan begitu, secara otomatis penularan penyakit ini juga dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk.

Untuk cara pencegahan penyakit menular ini anda bisa menjaga kebersihan dan mengguanakn lotion anti nyamuk.

3. Kolera

Penyakit menular adalah dapat ditularkan melalui berbagai bakteri seperti penyakit kolera. Untuk menghindarinya anda bisa tinggal didaerah suspek kolera dan menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman sisa penderita kolera.

4. Tipes

Penyakit yang satu ini sangta umum diderita oleh orang di Indonesia. Agen menjadi penyebab penyakit menular ini adalah bakteri salmonella Thypi.

Untuk menghindarinya, anda bisa menjaga kebersihan lingkungan dan juga kebersihan makanan yang anda konsumsi.

Baca Juga >> Cara Mengobati Mimisan Pada Anak Paling Efektif

5. Cacar

Macam penyakit menular selanjutnya adalah Cacar disebabkan oleh  virus varicella zoster. Untuk mencegah penularan penyakit tersbeut anda bisa melakukan vaksinasi cacar serta menghindari kontak langsung dengan penderita cacar.

6. Batuk

cara-mencegah-penyakit-menular
source : dokter id

Penyakit ini sangat umum menjangkit semua manusia. Penyebaran vrus ini dapat disebarkan melalui udara. untuk pencegahanya anda bisa memerbanyak mengkonsumsi vitamin C untuk mempertebal daya tahan tubuh anda.

7. Penyakit menular seksual

PMS ataupun penyakt menular seksual adalah sau dari sekian bnuak penyakit menular yang harus ana waspadai. Untuk cara mencegah penyakit menular ini anda cukup menjaga  pola hidup sehat, tidak berganti-gant pasangan dan juga menghindari kontak cairan dengan penderita penyakit tersebut.

8. Hepatitis

Penyakit kuning atau hepatitis juga menjadi penyakit yang mudah menular. Untuk cara  mencegah penyakit menular ini anda bisa menghindari kontak la gsung dengan penderita.

Selain itu anda juga harus memastikan bahwa makanan dan minuman anda telah dimasak dengan baik dan kematangan sempurna. Anda juga mewaspadai saat melakukan tranfusi dengan pasien lain.

9. Penyakit influenza

Penyakiut flu ini juga disebabkan karena virus influenza. Virus ini merupakan salah satu yang mengalami waktu bermutasi sehingga perlu bagi anda untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Jika  sistem kekebalan anda sedang buruk, maka virus tersebut lebih mudah untuk menjangkit sesorang.

Cara Mencegah Penyeakit Menular

Mengingat manusia merupakan makhluk sosial, maka selalu berhuungan dan membutuhkan mnusia lain. Oleh karenanya penularan penyakit juga dapat terjadi dengan sangat  cepat baik melalui perantara maupun tanpa perantara.

Nah untuk cara menghindarinya anda bisamenjaga kesehatan baik badan, lingkungan ataupun berbagai jenis makanan yang anda konsumsi.

Dengan membiasakan hidup sehat, bakteri dan virus penyebab penyakit akan menjauh dari anda. selain itu anda juga harus mengerti perbedaan penyakit menular dan tidak menular.

Selain itu anda juga bisa menghindari penularan peyakit dengan banyak mengkonsumsi vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh ada. Dengan kekebalan tubuh yaang kuat, virus dan penyakit tidak mampu menembus pertahanan anda.

Baca Juga >> Tentang Penyakit Bipolar dan Cara Penangananya

Nah beberapa penyakit diatas adalah penyakit yang umum terjadi melalui penularan. Sebenarnya masih banyak penyakit menular lain yang harus anda waspadai seperti muntaber, kaki gajah, cacingan dan lain sebaginya.

Oleh karenanya sangat penting bagi anda untuk menjaga hidup sehat serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Penyakit menular adalah penyakit ringan yang tetap harus nda waspadai jika terjadi dalam waktu berkala.