Yuk Ketahui Penyebab dan Arti Hipotermia

penyebab-dan-arti-arti-hipotermia
image source : wikihow

Penyebab dan arti hipotermia merupakan informasi kesehatan yang sangat bagus untuk diketahui seja dini. Sebelum hipotermia itu terjadi, Anda sudah memiliki ancang-ancang yang jelas untuk penanggulangan kelainan tersebut.

Sehingga pada saatnya hipotermia itu benar-benar terjadi, kepanikan tidak melanda. Apa itu hipotermia? Hipotermia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami penurunan suhu di tubuhnya akibat dari kedinginan.

Suhu tubuh yang tidak normaldapat mengancam jiwa, penurunan suhu tubuh tersebut juga merupakan efek dari suhu di luar tubuh yang sangat dingin.

Daftar Isi

Definisi Hipotermia

Apa itu penyakit hipotermia? Kondisi yang bisa membuat seseorang mengalami hipotermia adalah seperti kegiatan naik gunung. Sudah jelas bahwa di atas gunung suhu udara sangat dingin, dataran yang lebih tinggi ditambah dengan banyaknya pepohonan membuat tubuh shock apabila tidak terbiasa.

Terlebih bila kegiatan naik gunung tidak dilengkapi dengan peralatan yang mumpuni, seperti jaket yang tebal serta peralatan yang lainnya. Kondisi lain yang dapat membuat badan mengalami hipotermia adalah kegiatan outdoor yang tidak biasa dilakukan dan tanpa memakai pakaian yang hangat, contohnya camping di pantai.

Memakai pakaian dalam keadaan basah terlalu lama juga dapat mengakibatkan hipotermia. Oleh karenanya, segera ganti pakaian Anda apabila kehujanan. Bila badan sudah menggigil kedinginan, maka perlu adanya penanganan hipotermia lebih lanjut.

Kata kunci definisi hipotermia adalah, kondisi ketika suhu tubuh manusia menurun secara drastis. Suhu normal manusia adalah antara 35 sampai 36 derajat celcius.

Apabila suhu ubuh berada di bawah suhu normal tersebut, maka dapat dikatakan seseorang mengalami hipotermia. Kedinginan yang luar biasa sudah merupakan gejala hipotermia dan ciri-ciri hipotermia.

Faktor Pemicu Hipotermia

Lalu apa saja faktor yang dapat memacu adanya hipotermia ini? Berikut ini ulasan singkatnya.

penyebab hipotermia

#1 Faktor usia

Biasanya hiptermia sendiri aan sangat mudah menyerang bayi atau lansia. Hipotermia pada bayi disebabkan karena kemampuan bayi menyesuaikan diri dengan suhu luar masih minim.

Oleh karenanya bayi dapat mengalami hipotermia lebih besar dibandingkan orang dewasa. Sedangkan bagi lansia, kemampuan untuk menyesuaikan suhu sudah menurun.

#2 Obat tertentu

Orang yang mengkonsumsi obat tertentu seperti analgesik opiat, anti depresan dan sedatif akan lebih mudah mengalami hipotermia. Sebenarnya tubuh bisa mengalami kondisi penyakit yanglain lagi kalau mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus.

Mengkonsumsi obat-obatan secara terus menerus itu tidak baik, bukannya membuat tubuh menjadi kuat, justru tubuh malah akan mengalami ketergantungan dan mengalami penurunan kondisi. Obat-obatan yang sudah disebutkan tadi, dapat membuat tubuh gagal dalam mengatur suhu.

#3 Akibat dari penyakit tertentu

Hipotermia juga bisa merupakan rangkaian dari sebuah penyakit. Ada sebuah penyakit yang dapat mempengaruhi sistem pengatur suhu tubuh seseorang, contohnya adalah hipotiroidisme, anoreksia dan stroke. Pastikan tubuh selalu dalam kondisi yang sehat agar tidak menderita hipotemia.

#4 Penyakit tertentu yang memiliki pengaruh pada memori

Penyakit yang ada kaitannya dengan memori, misalnya alzeimer sangat berpotensi menderita hipotermia. Mengapa? Sebab kadangkala mereka tidak menyadari kalau sedang kedinginan.

Para penderita alzeimer otomatis tidak dapat menentukan apa yang harus mereka lakukan. Itu artinya tidak ada respon otomatis atas hawa dingin yang menyerang tersebut.

#5 Berada di tempa dingin terlalu lama

Selanjutnya adalah berada di tempat dingin terlalu lama. Memang benar, ini adalah salah satu faktor utama yang melatar belakangi keadaan hipotermia.

Ruangan ber ac yang terlampau dingin juga dapat mengakibatkan hipotermia. Pendaki juga sangat berpotensi menderita hipotermia bila tidak menggunakan pakaian yang benar dan hangat.

#6 Minuman keras

Mengkonsumsi minuman keras sangat dipastikan tidak baik untuk kesehatan, namun tetap saja ada orang yang mengkonsumsi minuman keras beralkohol. Akhirnya hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang tidak baik.

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat pembuluh darah melebar? Akhirnya banyak darah yang berkumpul pada permukaan kulit.

Keadaan yang semacam itu akan membuat suhu panas tubuh terangkat dan akhirnya terlepas. Bila Anda mengkonsumsi minuman berlakohol, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut sebelum kondisi parah lainnya menghampiri. Hipotermia adalah salah satu yang bisa datang.

#7 Obat-obatan terlarang

Tak hanya minuman beralkohol saja, obat-obatan terlarang juga dapat membuat seseorang berada pada kondisi hipotermia yang serius. Itulah mengapa bila seseorang sedang sakaw, ia merasakan hawa dingin menusuk tubuhnya.

cara mengatasi hipotermia

Bila dibiarkan, orang tersebut bisa meninggal. Itulah hipotermia yang dimaksud. Selain itu, obat-obatan terlarang membuat seseorang sering tidak sadar. Efeknya, orang tersebut sering pula tidak menyadari kondisi dingin yang meliputi tubuhnya.

#8 Berenang di laut

Sebetulnya suhu air laut lebih dingin daripada suhu kolam biasa. Kondisi lebih parah dapa dialami oleh seseorang yang terjatuh di dalam air laut, apabila tak langsung diselamatkan, orang tersebut dapat kehilangan nyawanya.

#9 Basah terlalu lama

Misalnya akibat kehujanan, bila pakaian tak segera diganti maka tubuh bisa saja mengalami hipotermia.

#10 Pakaian yang tidak tepat

Pakaian yang tidak tepat maksudnya adalah yang terlalu tipis sehingga membuat tubuh kedinginan dan tidak merasa benar-benar hangat.

Kenakanlah pakaian yang tebal sehingga Anda tidak merasa kedinginan yang berarti ketika berada di kondisi yang dingin.

Cara Mencegah Hipotermia

Hipotermia dapat dicegah dengan langah-langah yang tepat. Anda dapat melakukan beberapa langkah cara mencegah hipotermia di bawah ini untuk mengatasi hipotermia tersebut dan membuat tubuh normal seperti biasa.

cara mencegah hipotermia

  • Persiapakanlah pakaian yang tepat bila hendak bepergian. Misalnya saja bila hendak bepergian ke tempat yang jelas sangat dingin, maka pakaian tebal seperti jaket dan yang lainnya sudah pasti sangat butuh untuk dipersiapkan. Pakaian ganti juga bahkan sangat butuh untuk dibawa untuk berjaga-jaga apabila tubuh merasa kedinginan atau pakaian basah. Selalu bawa persiapan yang tepat untuk segala medan cuaca yang mungkin saja terjadi. Bawa selalu juga jas hujan di dalam bagasi kendaraan Anda. Apabila hendak mendaki sebuah gunung, maka persiapkan sarung tangan, topi, jaket tebal dan hangat, sepatu serta kaos kaki untuk selalu menjaga suhu tubuh Anda. Itu adalah salah satu cara menangani hipotermia.
  • Anda mungkin pernah merasa bahwa tubuh Anda akan kuat untuk menghadapi cuaca dinginyang sedang melanda. Anda salah, sebaiknya Anda tidak menunda untuk segera mengenakan pakaian hangat di tengah hawa dingin yang menyerang. Memang Anda merasa kuat, namun hal tersebut tidaklah baik. Efeknya akan Anda rasakan setelah Anda melewati cuaca dingin tersebut, tiba-tiba Anda begitu saja jatuh sakit.
  • Makanlah makanan yang memiliki kemampuan pembakaran kalori yang cepat dapat menjadi salah satu cara mengatasi hipotermia. Contohnya, Anda dapat mengkonsumsi gula jawa dan coklat agar tubuh tetap fit, tubuh pun terasa hangat akibatnya.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai hipotermia serta beberapa cara untuk mencegah kelainan tersebut. Kondisi dingin pada tubuh memang tidak boleh begitu saja diremehkan, efeknya sangat serius dan fatal apabila terlambat mendapatkan pertolongan.

Baca Juga >> Cara Menurunkn Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

Bila kondisi hipotermia sudah sangat buruk, jangan tunda untuk segera membawa penderita hipotermia ke dokter untuk medapatakan penanganan lebih baik. Semoga artikel ini dapat membawa manfaat bagi pembacanya, terima kasih.