Penyebab Jantung Berdebar Yang Sering Dialami

Penyebab-Jantung-Berdebar
image: hellosehat.com

Kenapa jantung berdebar dengan kuat dan cepat. Ternyata kondisi seperti itu adalah kondisi umum yang dialami oleh tubuh. Jika debarannya terjadi dalam hitungan beberapa menit maka anda tak perlu khawatir.

Cukup lakukan olah pernapasan dan menenangkan diri saja. Namun jika debaran jatung itu berlangsung lama dan sering muncul maka anda perlu melakukan pengecekan ke dokter untuk mengetahui detail dari debaran jantung itu.

Sebetulnya tidak semua jantung berdebar debar badan lemas adalah pertanda sebuah penyakit. Bisa jadi itu hanya reaksi alamiah dari jantung ketika menerima asupan zat tertentu pada tubuh atau juga akibat dari latihan fisik yang terlalu berat.

Oleh karena itu ketika anda mengalami jantung berdebar-debar maka anda harus memperhatikan dengan seksama kondisi tubuh anda. Apakah debaran ini karena faktor alamiah dari jantung atau karena pertanda sakit lainnya.

Penyebab Jantung Berdebar

Ada beberapa hal penyebab jantung berdebar. Berikut adalah penyebab jantung berdebar:

  1. Panic attack
  2. Demam
  3. Kecemasan yang berlebihan
  4. Nikotin dan kafein
  5. Kelelahan
  6. Gangguan irama jantung
  7. Hipertiroid

Jika jantung berdebar kepala pusing badan lemas yang anda rasakan, maka anda perlu ke dokter untuk melakukan pengecekan karena itu merupakan tanda bahwa ada kelainan pada jantung anda.

Jantung yang sering berdebar merupakan indikasi bahwa ada masalah di dalam tubuh anda yang perlu segera diobati.

Baca Juga >> Waspada Dan Kenalilah Penularan Hepatitis C Yang Bisa Terjadi

Cara Mengatasi Jantung Berdebar

Saat mengalami jantung berdebar-debar maka tindakan awal yang bisa dilakukan adalah meminum air putih hingga debaran jantung melambat dan akhirnya normal kembali.

Dengan mengkonsumsi air putih ternyata mampu mengurangi tekanan yang terjadi pada jantung sehingga membuat ritme jantung bergerak normal kembali.

Selain itu bisa juga melakukan posisi tiduran sambil mengangkat kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi dari kepala dan jantung. Hal ini berfungsi agar aliran darah dan oksigen bisa mengalir ke jantung secara lebih cepat dan memperlambat debaran jantung.

Mengingat salah satu penyebab jantung berdebar adalah rasa cemas dan panik yang berlebihan maka solusi yang tepat untuk menanggulanginya adalah dengan pengelolaan stress yang baik.

Stress terjadi pada setiap manusia dimuka bumi ini namun tidak semua manusia terkena penyakit akibat stress yang dideritanya. Hal ini dikarenakan sebagian orang mampu mengelola stress mereka dengan baik.

Pola pikir mereka membuat setiap permasalahan tidak perlu menjadikan mereka stress. Selalu beranggapan bahwa setiap masalah ada jalan keluarnya, tentu membuat sebagian orang ini berfikir melingkar ketika menghadapi masalah. Melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang.

Penyebab

Yang tak kalah penting walaupun terlihat sebagai hal yang kecil adalah konsumsi asupan nutrisi bagi tubuh kita. Makanan dan minuman apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita.

Terkadang penyakit yang timbul dalam tubuh kita justru disebabkan oleh makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan bahasa lain adalah kita sendiri yang memasukkan racun itu ke dalam tubuh kita.

Oleh sebab itu jika punya riwayat jantung berdebar perlu diperhatikan sebelum jantung berdebar dengan cepat makanan atau minuman apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh kita.

Biasanya penyebab jantung berdebar adalah kopi dan turunannya yang mengandung kafein, rokok dan turunannya yang mengandung nikotin, narkoba dan makanan-makanan lain penyebab penyumbatan pada jantung.

Baca Juga >> Apakah Penyakit Hipertiroid Bisa Sembuh Total?

Jadi pertanyaan kenapa jantung berdebar sudah bisa anda jawabkan. Sekarang tinggal bagaimana mengatur pola hidup dan asupan makanan sehat untuk jantung berdebar anda.