Penyebab Penyakit Typus Dan Ciri-ciri Gejalanya

Penyebab-Penyakit-Typus
source : idntimes

Janganlah mudah kelelahan dan memforsir kegiata terlalu berlebih karena itu adalah salah satu penyebab penyakit typus. Penyakit ini tidak boleh disepelekan, karena bisa kambuh sewaktu-waktu.

Lalu selain terlalu lelah apa saja penyebab dan ciri-ciri penyakit typus? Bagi anda yang belum mengenalnya, berikut ulasan mengenai penyebab, gejala dan cara

Penyebab Penyakit Typus

Penyakit typus adalah penyakit yang disebabkan oleh Salmonella enterica serotype Typhi bakteri. Bakteri jenis ini biasanya berada di dalam air atau makanan yang dibawa oleh seseorang yang tidak sehat dan kemudian menyebar ke orang lain.

Demam typus mudah menular dalam minuman atau makanan yang berbakteri. Setelah menelan makanan atau air yang terkontaminasi, bakteri Salmonella menyerang usus kecil dan memasuki aliran darah sementara.

Bakteri dibawa oleh sel darah putih ke hati, limpa, dan sumsum tulang. Kemudian bakteri  berkembang biak di sel-sel organ-organ ini dan masuk kembali ke aliran darah. Bakteri menyerang kantong empedu, sistem empedu, dan jaringan limfatik usus.

Di situ, bakteri berkembang biak dalam jumlah yang tinggi. Maka dari itu  typus menular dengan mudahnya apabila seseorang memiliki daya tahan tubuh yang tidak kuat. Berikut adalah penyebab mengapa gejala typus bisa menyerang seorang manusia.

  1. Demam typus disebabkan oleh Salmonella enterica serotype Typhi bakteri.
  2. Demam typus terjadi sebab mengkonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi.
  3. Diagnosis demam typus dibuat ketika bakteri Salmonella dideteksi dengan tinja, urin, atau kultur darah.

Baca Juga >> Daftar Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

Gejala Penyakit Typus

ciri-ciri-penyakit-typus
source : uzone

Ciri-ciri gejala typus di antaranya adalah:

  1. Nafsu makan yang buruk
  2. Sakit kepala
  3. Perasaan sakit dan nyeri
  4. Demam
  5. Mudah lelah
  6. Lesu
  7. Diare

Ciri-ciri typus umumnya menyebabkan nyeri di perut dan demam menjadi. Gejala demam typus adalah nafsu makan yang buruk, sakit kepala, sakit dan nyeri yang umum, demam, dan kelesuan.

Sekitar 10% orang mengalami gejala berulang setelah merasa lebih baik selama satu hingga dua minggu pengobatan. Penyebab penyakit typus  lebih sering terjadi pada individu yang suka diobati dengan antibiotik.

Bagaimana Typus Bisa Diobati?

Lalu bagaimana melakukan pengobatan typus jika Anda atau keluarga Anda terkena penyakit ini? Ya, demam typus bisa diobati dengan antibiotik yang mampu membunuh bakteri Salmonella.

Cara mengobati typus adalah dengan terapi antibiotik yang tepat, biasanya ada perbaikan dalam satu hingga dua hari dan pemulihan dalam tujuh hingga 10 hari. Adapun beberapa antibiotik yang efektif untuk pengobatan demam typus adalah Chloramphenicol. Chloramphenicol adalah obat pilihan yang bisa menyembuhkan typus selama bertahun-tahun.

Kemudian adalagi obat antibiotik yang lain seperti Ciprofloxacin (Cipro). Cipro ini selain efektif untuk mengobati typus juga bisa untuk mengobati infeksi saluran kemih, i saluran pernafasan, kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi.

Kemudian adapula Ceftriaxone (Rocephin), obat injeksi intramuskular yang merupakan alternatif bagi pasien yang sedang hamil. Terakhir ada Ampisilin (Omnipen, Polycillin, Principen) dan trimethoprimsulfamethoxazole (Bactrim, Septra). Beberapa obat tersebut sering digunakan untuk mengobati penyakit typus.

Namun pengobatan yang tepat adalah segera dilakukan dalam beberapa hari pertama jika positif terkena typus. Penyakit akan mulai hilang sekitar 2 hari, dan kondisi pasien secara nyata akan membaik dalam 4-5 hari. Penundaan dalam perawatan hanya akan meningkatkan kemungkinan komplikasi dan waktu pemulihan.

Baca Juga >>Cara Mengobati Bells Palsy Agar Sembuh Total

Demikian ulasan mengenai penyebab penyakit typus  dan ciri-ciri penyakit typus. Semoga dengan adanya ulasan mengenai penyebab dan ciri-ciri penyakit typus bisa membuat Anda lebi berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh.