Tentang Patofisiologi Efusi Pleura dan Cara Mencegahnya

Patofisiologi-Efusi-Pleura
source : mediskus

Patofisiologi Efusi Pleura merupakan suatu cairan yang berada di rongga pleura dengan volume tetap karena terdapat keseimbangan antara produksi pleura parietalis dengan obsorbsinya pleura viseralis.

Kondisi ini bertahan karena bertahannya keseimbangan keduanya. Efusi pleura terjadi karena ketidaknormalan dua organ tersebut yang menyebabkan menumpuknya cairan pada rongga pleura di dinding dada manusia.

Pengertian Efusi Pleura

Apakah anda mengetahui tentang pengertian Efusi Pleura? Efusi Pleura merupakan kondisi dimana paru-paru seseorang ditumpuki cairan-cairan. Biasanya, cairan ini terletak pada lapisan pembungkus paru-paru.

Lapisan ini terdiri dari dua lapisan, parietal dalam dan luar. Kedua lapisan ini menmpel pada dinding dada manusia.

Apa Itu Efusi Pleura

Kurangnya pegetahuan masyarakat mengenai efusi pleura menimbulkan banyak pertanyaan mengenai apa itu efusi pleura? Sebenarnya, efusi pleura merupakan sebuah cairan yang berlebih di bagian rongga pleura.

Hal ini mengakibatkan ruangan di paru kita dipenuhi cairan tersebut. Tentu saja, hal ini mengakibatkan seseorang sulit untuk bernafas karena gangguan tersebut.

Apakah Efusi Pleura Menular

Di Indonesia, penyebab utama dari efusi pleura adalah virus tuberculosis atau TBC. Sebagaimana sifat virus yang tidak bisa hidup sendiri, TBC membutuhkan inangnya untuk tumbuh dan berkembang.

Maka, tak jarang Efusi Pleura menular kepada individu yang memiliki kekebalan imun yang rendah atau buruk.

Penyakit Efusi Pleura

Penyakit efusi pleura bisa terjadi kepada siapa saja dengan usia yang bervariasi. Tua dan muda tidak menutup kemungkinan rentan terkena penyakit efusi pleura.

Daya tahan tubuh atau imun tubuh sangat berperan aktif dalam pencegahan penyakit ini.

Baca Juga >> Mengenal Penyakit Sistem Endokrin

Pengobatan Efusi Pleura

Pengobatan Efusi Pleura harus segera dilakukan saat penderitanya mengetahui penyakit yang diidapnya. Sangat disayangkan jika menunda untuk melakukan pengobatan efusi pleura.

Ini akan membawa kondisi anda menjadi fatal. Biasanya para dokter akan menyarankan penderita untuk mengeluarkan cairan tersebut melalui selang medis.

Apakah-Efusi-Pleura-Menular
source : blogspot

Selang ini akan diletakan pada rongga pleura melalui prosedur operasi untuk mengeluarkan cairannya. Penggunaan selang ini dianjurkan untuk penderita dalam tahap ringan.

Semua prosedur tentu dilakukan oleh dokter ahli, bukan seorang amatiran. Selain selang, cairan pada pleura bisa dilakukan dengan menempuh pleurodesis.

Setelah mengeluarkan cairan dengan selang, pleurodesis akan ditempuh guna mencegah cairan tersebut menumpuk kembali. Pleurodesis dilakukan dengan menyuntikan obat tertentu ke dalam tubuh si penderita.

Pencegahan Efusi Pleura

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa efusi pleura di Indonesia banyak disebabkan oleh virus TBC, penting untuk mengetahui pencegahan Efusi Pleura itu sendiri.

Menjaga kekebalan tubuh dengan pola makan dan pola hidup yang baik merupakan cara ampuh dalam mencegah penyakit yang mempersulit manusia bernapas ini.

Tidak mengonsumsi rokok dan alcohol juga penting dalam memelihara kekebalan tubuh sehingga baik virus maupun bakteri tidak akan bisa menembus tubuh kita.

Pathway Efusi Pleura

Berikut merupakan Pathway Efusi Pleura:

  1. Infeksi-peradangan permukaan pleura-permiabilitas vascular-efusi pleura
  2. penghambatan drainase limfatik-tekanan kapiler paru meningkat-tekanan hidrostatik-transudasi-efusi pleura
  3. tekanan osmotic koloid plasma-transudasi cairan intravaskuler-edema-cavum pleura-efusi pleura

Ketika sudah terkena efusi pleura, ketiga pathway diatas akan mengalami penumpukan cairan pada rongga pleura akan terjadi dan mengakibatkan ekspansi paru-paru menurun. Hal ini tentu akan sangat menghambat kehidupan sehari-hari.

Pengidap penyakit ini akan merasakan pola nafas yang tidak efektif, sesak napas, nyeri dada yang kemudian mengganggu pola tidur. Begitupun dengan nafsu makan, penderita penyakit efusi pleura akan menurun dan menggangu tubuh dalam memenuhi nutrisi tubuh.

Baca Juga >> Kenali Ciri Ciri Down Syndrom Sejak Dini Dan Cara Pengobatannya

Tidak heran jika pengidap penyakit patofisiologi Efusi Pleura akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Jika tidak ditangani dengan tepat dan cepat, tubuh akan kekurangan nutrisi dan menggangu kinerjanya tentu hal ini bisa menjadi faktor kematian.